Strategi 'Orang Ketiga' Marcelo Bielsa Diramal Jadi Masa Depan Sepakbola

"Pep dan Simeone mendapuknya sebagai guru. Dia tipe pelatih luhur yang mengandalkan taktik dan filosofi."

Feature | 28 March 2021, 10:08
Strategi 'Orang Ketiga' Marcelo Bielsa Diramal Jadi Masa Depan Sepakbola

Libero.id - Marcelo Bielsa menyelip di antara nama-nama pelatih modern yang masuk dalam kategori hebat. Pria Argentina ini memang tak membangun reputasinya dengan glamor: capaian trofi bergengsi dan lain sebagainya.

Bielsa juga tidak melatih klub-klub top Eropa, hanya pernah tercatat menangani klub-klub menengah, seperti Athletic Bilbao di La Liga (2011–2013), Marseille di League 1 (2014–2015), Lazio di Serie A (2016), dan Lille di League 1 lagi (2017). Terbaru, Bielsa bergabung dengan klub Liga Premier Leeds United (2018-sekarang).

Bagi Bielsa sepak bola terlalu remeh temeh jika hanya disederhanakan dengan kemenangan dan jumlah trofi. Dia tipe pelatih yang luhur; mengandalkan taktik dan filosofi.

Bielsa membuat corak sendiri, dan itu membuatnya didapuk oleh pelatih sekelas Diego Simeone dan Pep Guardiola sebagai guru, sumber menimba inspirasi.

Third Man Ala Marcelo Bielsa

Bielsa memang dikenal karena gaya permainannya yang berbasis pada penguasaan bola dan pressing ketat setelah kehilangan bola, Bielsa juga memang terkenal dengan metode yang konvensional baik dalam latihan maupun pada hari pertandingan.

Bielsa bukan orang biasa tanpa isi kepala. Dia pelatih yang cemerlang dan melawan arus. Baru-baru ini sebuah cuplikan video lama kembali diedarkan, video itu memperlihatkan Bielsa yang sedang melatih dengan menerapkan taktik yang disebut  'Third Man'  dan menurut para pundit, ini adalah taktik yang bakal laku dan ini adalah taktik 'masa depan' dalam sepak bola.

Lihat saja betapa garang dan seriusnya saat Bielsa, yang ketika itu melatih Athletic Bilbao dan itu adalah hal minimum yang diinginkan Bielsa dari para pemainnya di setiap tim yang dia latih.

Cahaya bagi Leeds United

Bielsa yang suka tantangan menerima pinangan Leeds United yang ketika itu masih bermain di divisi championship. Tak lama kemudian, Bielsa sudah jadi pahlawan untuk kota Leeds, pada musim 2019/2020 dia membawa klub semenaja itu ke pentas paling megah di Inggris.

Di Leeds United--seperti juga di klub-klub lain--Bielsa sangat teliti dalam hal analisis taktis. Dia menekankan sepak bola menyerang, yang bertenaga dan tidak cengeng--seperti yang telah kita lihat berkali-kali musim ini.

Bicara soal strategi, pertanyaan yang patut kita ajukan ialah: jadi seperti apa sesi latihan yang berlangsung di Thorp Arch alias training ground milik Leeds United

Sebuah cuplikan video tentang 'taktik Third Man' baru-baru ini ditemukan kembali (lihat video di atas) dan tentu bagi para pecinta sepak bola ini memberikan wawasan yang menarik untuk mengetahui 'resep rahasia' Bielsa.

Penerapan taktik itu bisa anda lihat dengan terang dalam kemenangan 5-0 Leeds melawan West Brom pada bulan Desember yang lewat.

Perpaduan kerja sama yang ciamik antara Stuart Dallas satu-dua dengan Jamie Shackleton dan seperti dalam sesi latihan di atas, dia melakukan umpan ke Raphinha yang terus bergerak di sisi sayap. Pemain asal Brasil itu kemudian melakukan tendangan keras, sebuah penyelesaian yang berkualitas. Gol.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 100%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network