Keindahan dan Kemegahan Stadion Baru Everton di Muara Sungai Mersey

"Pembangunannya menelan biaya Rp 10 Triliun!"

Feature | 28 March 2021, 11:11
Keindahan dan Kemegahan Stadion Baru Everton di Muara Sungai Mersey

Libero.id - Stadion sepak bola bukan hanya rumah atau markas klub, tapi kadang-kadang juga jadi landmark atau ikon sebuah kota. Ada kebanggaan tersendiri bagi para pemain dan penggemar. Banyak klub yang mulai membangun kembali stadion mereka.

Dan salah satunya Everton yang saat ini sedang dalam proses mengembangkan stadion baru mereka yang berkapasitas 52.888 penonton, dan itu akan menelan biaya sekitar 500 juta poundsterling.

Jika sebelumnya klub yang berdiri sejak 1892 itu bermarkas di Goodison Park kini mereka telah mempersiapkan tempat akan tetapi belum ada nama baru bagi untuk rumah mereka ini.

Yang pasti stadion yang tengah dibangun ini terletak di daerah Bramley-Moore Dock kota Liverpool, dengan angka-angka yang disebut di atas, tampaknya proyek stadion ini bakal terlihat luar biasa.

Rencana The Toffees untuk pindah dan mengganti wajah stadion mereka dari biasa-biasa saja ke fasilitas modern dan canggih telah dikerjakan selama beberapa tahun terakhir.

Dan sepertinya para fans akan dapat menikmati stadion baru itu dalam waktu dekat. Pengerjaan stadion tengah dikebut dan rencananya akan dibuka untuk awal musim Liga Premier 2024/25.

Dengan begitu Goodison Park yang berbasis di Walton dan berkapasitas 39.572 hanya akan menjadi 'rumah singgah'  bagi Everton.

Akun Twitter resmi Everton memposting video animasi dari rancangan stadion 'kelas dunia' pada Jumat sore.

Menurut situs resmi klub diperkirakan bahwa pembangunan  stadion ini bakal memberikan perputaran uang besar-besaran hingga 1,3 miliar poundsterling.  Ini juga akan menciptakan lebih dari 15.000 pekerjaan dan menarik 1,4 juta wisatawan baru ke kota Liverpool.

Kegunaan Stadion di luar Sepak Bola

Sebagaimana bangunan besar modern lainnya, stadion juga bersifat multifungsi. Dalam sebuah video unggahan di akun YouTube resmi Everton, stadion baru ini bakal menjadi tuan rumah hingga empat konser pop dalam setahun, serta venue pernikahan, acara untuk pesta Natal, konferensi besar, dan lain seterusnya.

Everton juga berencana menjadikan stadion yang terletak di tepi laut ini ramah energi dengan memanfaatkan sinar matahari, angin, dan hujan untuk menciptakan energi hijau dan mengurangi konsumsi energi tradisional. Proses pembangunan diharapkan bakal rampung dalam 150 minggu ke depan.

Rencana-rencana di atas telah didukung sepenuhnya oleh Dewan Kota Liverpool. Pikirkan baik-baik tentang rencana ambisius Everton untuk proyek ini. Apakah Anda terkesan dengan itu semua? Beri tahu kami di komentar.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Everton


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network