20 Klub Terkaya di Dunia, Barcelona Teratas

"PSG, City maupun Chelsea tidak masuk lima besar."

Feature | 14 April 2021, 08:55
20 Klub Terkaya di Dunia, Barcelona Teratas

Libero.id - Majalah bisnis kenamaan asal Amerika Serikat, Forbes telah merilis peringkat tim sepak bola paling berharga atau terkaya di dunia.

Percaya atau tidak, tim besar yang saat ini diisukan berada dalam masalah finansial, Barcelona, menempati peringkat pertama dan unggul dari rival abadinya di Spanyol, Real Madrid. Adapun tim milik Qatar Sports Investments, Paris Saint-Germain juga masuk dalam 10 besar.

Terlepas dari masalah keuangan yang dialami oleh manajemen El Barca, klub yang dikepalai oleh Joan Laporta itu menempati peringkat teratas dari daftar klub paling berharga di dunia, dengan majalah yang didirikan oleh B.C. Forbes itu menetapkan bahwa harga yang dimiliki oleh Blaugrana mencapai 4.760 juta dolar Amerika. Di belakang tim asuhan Ronald Koeman, ada Real Madrid (4.750 juta dolar Amerika), Bayern Muenchen (4.215 juta dolar Amerika), Manchester United (4.200 juta dolar Amerika) dan Liverpool (4.100 juta dolar Amerika).

Namun, yang cukup menjadi perhatian dari laporan yang dikeluarkan oleh Forbes adalah bagaimana PSG kini masuk dalam 10 besar. Tim asuhan Mauricio Pochettino itu terus mengalami pertumbuhan, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, Les Parisiens masuk dalam list 10 besar setelah naik dua posisi sehubungan dengan laporan outlet sebelumnya.

Menurut Forbes, nilai PSG telah meroket dari 1,4 miliar dolar Amerika yang dilaporkan pada 2008 menjadi 2,5 miliar dolar pada 2021, meningkat 129 persen dalam 13 tahun. Pertumbuhan PSG sendiri dimulai pada 2011 ketika klub tersebut dibeli oleh Nasser Al-Khelaifi & koleganya.

Juara Ligue 1 itu kemudian berhasul memikat superstar seperti Kylian Mbappe dan Neymar ke ibu kota Prancis dan tahun lalu mereka berhasil mencapai final Liga Champions.

Adapun salah satu perusahaan akuntasi terbesar di dunia, Deloitte menempatkan PSG di antara lima klub sepak bola paling berharga di dunia pada tahun 2020, dan di antara 10 besar waralaba paling berharga di dunia olahraga. Dalam laporan tahun 2020 mereka, konsultan penilaian merek, Brand Finance, menempatkan PSG di peringkat ketujuh dalam daftar tim sepak bola paling berharga mereka.

Namun, presiden PSG Nasser al Khelaifi menghadapi dua kendala penting dalam upayanya untuk bersaing dengan kekuatan sepak bola Eropa lainnya, karena klub tidak memiliki tanah mereka sendiri di Le Parc des Princes dan pendapatan TV di kompetisi Ligue 1 jauh lebih rendah ketimbang La Liga atau Liga Premier.

Barcelona – USD 4,76 miliar

Real Madrid – USD 4,75 miliar

Manchester United – USD 4,5 miliar

Bayern Munich – USD 4,125 miliar

Liverpool – USD 4,1 miliar

Manchester City – USD 4 miliar

Chelsea – USD 3,2 miliar

Arsenal – USD 2,8 miliar

Paris Saint-Germain – USD 2,5 miliar

Tottenham Hotspur – USD 2,3 miliar

Juventus – USD 1,95 miliar

Borussia Dortmund – USD 1,9 miliar

Atletico Madrid – USD 1 miliar

Inter Milan– USD 743 juta

Everton – USD 658 juta

AC Milan – USD 559 juta

AS Roma – USD 548 juta

West Ham United – USD 508 juta

Leicester City – USD 455 juta

Ajax – USD 413 juta

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network