5 Transfer Tidak Terduga Pernah Dilakukan Liverpool

"Ada beberapa transfer yang terbilang aneh dan bahkan tidak masuk akal."

Feature | 19 April 2021, 02:04
5 Transfer Tidak Terduga Pernah Dilakukan Liverpool

Libero.id - Di bawah arahan Juergen Klopp, Liverpool menunjukkan bahwa mereka adalah tim besar Eropa yang cerdas dalam melihat peluang & pemain. Contohnya Mohammed Salah, Sadio Mane dan Virgil Van Dijk sebagai pembelian serta investasi yang benar-benar sukses.

Pada kasus Mo Salah, Roma sempat menaikkan harga pria Mesir, namun manajemen The Reds dengan cerdik memboyong Salah dengan harga yang tidak terlalu jauh dari yang ditawarkan, yakni 37,8 juta Poundsterling, bahkan mereka sukses mendatangkan Thiago Alcantara dengan harga 19,8 juta Poundsterling, dimana angka tersebut sangat jauh dari nilai pasar pria Spanyol tersebut.

Namun, jika mundur ke belakang, tidak selamanya transfer yang dilakukan Liverpool efektif, dimana ada beberapa transfer yang terbilang aneh dan bahkan tidak masuk akal. Dilansir dari sportskeeda, setidaknya ada 5 transfer Liverpool yang terbilang paling aneh, berikut ulasannya:


5. Charlie Adam | Blackpool | 7,5 juta Poundsterling

Liga Premier jelas tidak akan melupakan tendangan fantastis Charlie Adam dari garis tengah ke gawang Chelsea, tapi gol itu datang untuk Stoke City dan tidak pernah terjadi saat ia bermain di Anfield.

Penandatangan Adam sendiri dikarenakan peran Roy Hodgson yang saat itu menjadi manajer Liverpool, dan harus diakui hahwa masa kepemimpinan Hodgson di Liverpool adalah salah satu fase terburuk klub. Pria skotlaondia itu sendiri hanya tampil dalam 37 penampilan untuk The Reds, dan selama itu pula ia hanya sukses mencetak 2 gol & 10 assist.

Setelah bergabung dengan Liverpool pada jendela transfer musim panas 2011, Adam pergi setelah hanya satu musim di klub.

4. Stewart Downing | Aston Villa | 20 juta Poundsterling

Penandatanganan pemain jebolan akademi Middlesbrough itu dianggap sebagai rekrutan yang cukup bagus untuk tim papan tengah Liga Premier, namun untuk klub seperti Liverpool dengan ambisi Liga Champions dan sejarah yang kaya, Downing jelas tidak mampu memberikan performa yang diharapkan.

Pria inggris itu sendiri adalah pemain yang berpengalaman di Liga Premier, dengan 311 caps untuk Aston Villa. Namun selama waktunya 2 musim di Anfield, ia hanya mencetak7 gol dan 12 assist dari 91 penampilan. Penandatanganan pemain seperti Stewart Downing menjadi hal biasa di Liverpool, tetapi gaya bermainnya tidak sesuai dengan tuntutan klub top Eropa.

3. Fabio Borini | AS Roma | 11,5 juta Poundsterling

Bersama Chelsea, pria Italia itu suskes memenangkan Liga Premier dan Piala FA  pada musim 2009/10, namun tidak pernah benar-benar menjadi pemain inti klub.

Bisa dikatakan bahwa Borini adalah salah satu striker dengan rasio gol terendah di Liga Premier, terutama untuk seseorang yang bermain untuk klub top seperti Chelsea dan Liverpool, Borini hanya mencetak 16 gol dalam 111 penampilan di Liga Premier.

Pada bulan Juli 2012, Borini bergabung dengan Liverpool dan setelah tiga musim yang mengecewakan di Anfield, ia kemudian merapat ke Sunderland, dimana bersama The Black Cats, Borini terlihat lebih baik dimana ia sukses mencetak 17 gol dalam 50 penampilan lebih, yang membuatnya mendapatkan pinjaman ke AC Milan pada 2018.

Kini pemain berusia 30 tahun tersebut bermain untuk tim asal Turki, Fatih Karagumruk S.K.

2. Alberto Aquilani | AS Roma | 20 juta Poundsterling

Alberto Aquilani adalah pemain yang dibawa Liverpool untuk menggantikan Xabi Alonso setelah pria Spanyol pindah ke Real Madrid. Namun, Aquilani nyatanya merupakan pemain yang bisa dikatakan gagal.

Pemain jebolan akademi Roma itu memang tampil baik bersama I Giallorossi, namun selama 3 tahun bersama The Reds, ia hanya mencatatkan 18 penampilan di Liga Premier, dimana ia hanya mampu mencetak dua gol dan enam assist.

Pemain yang kini telah pensiun itu sempat juga beberapa kali dipinjamkan oleh Liverpool ke dua tim besar Serie A,  mulai dari Juventus kemudian diteruskan ke AC Milan pada musim berikutnya, dan baru benar-benar dilepaskan oleh Liverpool pada bulan Agustus 2012 ke Fiorentina.

1. Mario Balotelli | AC Milan | 18 juta Poundsterling

Mario Balotelli dianggap sebagai salah satu penyerang paling bertalenta di sepakbola. Tapi saat bermain untuk Liverpool, sentuhan berbakatnya menghilang begitu saja, ditambah dengan sikap serta temperamennya selalu menjadi pembawa masalah.

Sebenarnya penandatanganan 'Super Mario' tidak lepas dari kepergian Luis Suarez yang bergabung dengan Barcelona, dimana penyerang asal Uruguay itu hampir membawa Liverpool meraih gelar Liga Premier di musim 2013/14. Balotelli hanya bertahan dua musim di Liverpool sebelum ia dibebaskan secara gratis ke Nice.

Balotelli tidak dapat menunjukan performa terbaiknya seperti saat masih bermain untuk  Manchester City, karena ia hanya berhasil mencetak empat gol dan tidak ada assist dalam 28 penampilan, termasuk satu gol Liga Premier.

Kini Balotelli bermain untuk klub Seria B, AC Monza.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network