Posisi Keempat Liga Premier Tak Jamin Kuota Liga Champions, Begini Hitungannya

"Liverpool, Leicester, West Ham siap-siap saja menerima kenyataan pahit ini."

Berita | 03 May 2021, 05:54
Posisi Keempat Liga Premier Tak Jamin Kuota Liga Champions, Begini Hitungannya

Libero.id - Perlombaan memperebutkan zona Liga Champions memang sedang memanas di Liga Premier.

Manchester United dan Manchester City memang merupakan tim yang sangat dijagokan untuk kompetisi teratas di benua Eropa, Liga Champions. Maka secara otomatis akan ada perebutan yang luar biasa untuk finis ketiga dan keempat dalam beberapa minggu pertandingan terakhir.

Leicester City saat ini memimpin dalam perebutan peringkat ketiga. Sementara Chelsea asuhan Thomas Tuchel sedang panas di belakang mereka di urutan keempat.

Perlombaan untuk posisi empat besar

West Ham United hampir menyelesaikan musim yang benar-benar luar biasa di tempat kelima sedangkan Liverpool dan Tottenham Hotspur berharap untuk menyelamatkan musim mereka.

Dan sementara, ya, secara teknis Everton juga bisa naik ke posisi Liga Champions. Namun, The Toffees tampaknya memiliki peluang berat merangsek ke empat besar di musim penuh pertama Carlo Ancelotti sebagai pelatih.

Namun, dengan perburuan gelar dan pertempuran degradasi, Anda dapat yakin bahwa pertempuran untuk empat besar akan menjadi narasi paling memikat Liga Premier tahun ini.

Skenario mimpi buruk

Tetapi perlu diketahui bahwa tim yang finis keempat mungkin tidak benar-benar lolos ke Liga Champions.

Ya, Anda membacanya dengan benar, karena keberhasilan tim-tim Inggris di Liga Champions dan Liga Eropa dapat berarti bahwa Liga Premier mencapai maksimal jatah lima tim dari UEFA.

Laporan tersebut menjelaskan bahwa UEFA hanya mengizinkan maksimal lima entri dari negara yang sama, dengan menghormati entri otomatis untuk pemenang Liga Champions dan Liga Europa.

Dengan demikian, jika Chelsea memenangkan Liga Champions dan Arsenal mengamankan kejayaan di Liga Europa dengan tidak finis di empat besar, maka tempat keempat hanya akan mendapatkan jatah di kompetisi Liga Eropa.

Itu karena Chelsea, Arsenal, dan tiga tim teratas Liga Inggris akan memenuhi kuota UEFA, menciptakan kembali situasi menyedihkan yang dialami oleh Spurs ketika mereka finis di urutan keempat pada 2011/12.

Contoh skenario

Untuk membuat segalanya lebih jelas, situasi seperti ini akan membuat Liverpool gagal melewati babak kualifikasi Liga Champions.

1. Manchester City

2. Manchester United

3. Leicester City

4. Liverpool

5. Chelsea

6. West Ham United

Pemenang Liga Europa: Arsenal

Pemenang Liga Champions: Chelsea

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network