15 Stadion Terbaik di Dunia, Hanya 3 di Luar Eropa

"Santiago Bernabeu ada di peringkat ke delapan, San Siro ada di peringkat ketujuh."

Feature | 04 May 2021, 05:36
15 Stadion Terbaik di Dunia, Hanya 3 di Luar Eropa

Libero.id - Stadion digunakan sebagai tempat berlaga pertandingan sepakbola yang dibangun dengan fasilitas terbaik untuk memanjakan para penggemarnya. Di samping itu stadion juga menjadi simbol keperkasaan sebuah klub, menjadi mahkota kebanggaan sekaligus rumah terbaik bagi setiap tim yang memilikinya.

Sehingga tidak heran jika sederet stadion di dunia dibangun dengan megah, berfasilitas mewah dan sangat populer di media sosial. Sebagian dari stadion tersebut bahkan dinobatkan sebagai stadion terbaik di dunia. Sebut saja, Inggris yang dikenal sebagai rumah bagi beberapa stadion yang sangat ikonik, bahkan di antaranya masuk dalam jajaran stadion terbaik di dunia.

Wembley, Old Trafford dan Anfield merupakan potret tiga stadion di Inggris yang kaya akan sejarah, dicintai oleh banyak penggemarnya dan dibangun dengan segudang fasilitas mewah dan kemegahannya.

Tapi bagaimana jika dibandingkan dengan stadion sepak bola terbaik dari seluruh dunia? Masihkah mereka menjadi yang terbaik di dunia, atau jangan-jangan mereka tersingkir oleh kemegahan stadion sepakbola yang lainnya?

Untuk itu Compare.bet telah melakukan penelitian dan memberi peringkat 15 stadion terbaik di dunia sepakbola.

Mereka telah memberi setiap stadion dalam studi ini skor sampai 100 dalam delapan kategori.

Kategori tersebut adalah: Kapasitas, Kehadiran rata-rata, peringkat Tripadvisor, Harga tur resmi, Akses penyandang cacat, tag Instagram, Pencarian global, dan tampilan tagar TikTok.

Total di seluruh kategori kemudian dibagi delapan untuk mendapatkan skor keseluruhan.

Berikut ini adalah daftar 15 stadion teratas di dunia, menurut penelitian yang dirangkum oleh Compare.bet, berikut daftarnya:

15. Wanda Metropolitano - 22/100

14. Celtic Park - 28/100

13. Soccer City - 35/100

12. La Bombonera - 37/100

11. Stadion Tottenham Hotspur - 38/100

10. Estadio Azteca - 40/100

9. The Maracana - 48/100

8. Santiago Bernabeu - 52/100

7. San Siro - 54/100

6. Signal Iduna Park - 55/100

5. Anfield - 61/100

4. Allianz Arena - 63/100

3. Wembley - 63/100

2. Old Trafford - 69/100

1. Camp Nou - 71/100

Stadion kandang Barcelona, Camp Nou, dinobatkan sebagai stadion terbaik dunia dengan raihan poin 71 dari 100 poin keseluruhan.

Stadion tersebut menerima nilai tertinggi untuk kapasitas, tag Instagram, volume pencarian, dan tagar TikTok. Rasanya tidak berlebihan bila dunia menyanjung setinggi langit stadion yang menjadi rumah bagi tim Barcelona tersebut.

Camp Nou juga sukses bertengger di posisi teratas, bahkan sukses menggeser stadion Manchester United, Old Trafford, yang hanya duduk di posisi kedua.

Wembley juga melengkapi tempat podium daftar stadion terbaik di dunia, tepat di atas kandang Bayern Munich dan kandang Liverpool, Anfield.

Stadion baru Tottenham, yang menelan biaya sekitar 850 juta Pound atau senilai dengan Rp 16,9 Triliun menurut BBC, dan hebatnya stadion berharga setinggi langit itu ternyata tidak masuk dalam urutan 10 besar stadion terbaik di dunia, fakta yang benar-benar terdengar sangat gila, tapi itulah kenyataan.

Celtic Park adalah stadion Inggris kelima yang masuk ke delam daftar stadion terbaik di dunia. Stadion Celtic Park pun ternyata hanya menempati peringkat stadion terbaik ke-14 di dunia.

Stadion-stadion dari luar Eropa ternyata ada yang masuk ke dalam 15 besar stadion terbaik dunia, seperti Stadion Soccer City (Afrika Selatan), La Bombanera (Argentina) dan The Maracana (Brasil) masing-masing berada di peringkat ke-13, 12 dan kesembilan.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network