11 Gol Terbaik Sepanjang Sejarah yang Dicetak Penjaga Gawang

"Kiper asal Afrika Selatan berada di urutan teratas mengalahkan Alisson."

Feature | 19 May 2021, 14:53
11 Gol Terbaik Sepanjang Sejarah yang Dicetak Penjaga Gawang

Libero.id - Gol yang dicetak Alisson Becker ke gawang West Bromwich Albion begitu luar biasa, bahkan video yang melibatkan kiper asal Brasil itu masih banyak ditonton jutaan penggila sepakbola dunia.

Tidak hanya luar biasa bagi seorang penjaga gawang mencetak gol kemenangan Liverpool di menit-menit terakhir, tapi Alisson melakukannya melalui sundulan yang belum pernah dilakukan kiper manapun.

Gol itu bisa menjadi perbedaan antara Liverpool bermain Liga Europa atau Liga Champions musim depan. Yang jelas, gol Alisson memang luar biasa dilakukan seorang kiper.

Tapi, apakah gol Alisson menjadi gol terhebat yang pernah dicetak seorang penjaga gawang? Sepertinya jawaban paling realistis adalah tidak terlalu. Faktanya, menurut Planet Football, itu hanya gol terbesar ke-11 yang dicetak seorang kiper.

Mereka menghasilkan daftar gol terbaik yang dicetak oleh pemain nomor 1, apalagi terdapat beberapa gol luar biasa yang dilakukan kiper selain Alisson.

Mari kita lihat daftarnya:

11) Alisson, 2021

Dalam hal kepentingan, ini mungkin peringkat nomor 1. Gol yang dicetaknya melalui sundulan diyakini layak menjadi contoh striker manapun di dunia ini.

10) Alberto Brignoli, 2017

Tidak hanya sundulan luar biasa dari Alberto Brignoli, tapi ada kisah luar biasa di baliknya. Benevento yang baru dipromosikan telah kehilangan 14 pertandingan pertama mereka musim 2017/2018. Fakta itu memecahkan semua jenis rekor yang tidak diinginkan. Mereka pasti tak punya peluang melawan AC Milan pada pekan ke-15.

Namun, saat mereka tertinggal 2-1 di masa injury time, Brignoli datang melakukan sundulan sensasional lewat proses tendangan bebas. Gol Brignoli menyamakan kedudukan.

9) Peter Schmeichel, 2001

Peter Schmeichel menunjukkan kemampuan teknis yang luar biasa, yakni melakukan tendangan voli bersama Aston Villa saat melawan Everton. Sial bagi kiper Legenda Denmark itu, golnya tidak terlalu berarti karena Villa masih kalah di pertandingan tersebut.

8) Ali Ahamada, 2012

Ali Ahamada membuat Javier Hernandez malu. Kiper berusia 29 tahun itu melakukan sundulan sekaligus menyamakan kedudukan timnya saat itu, Toulouse, melawan Rennes.

7) Rene Higuita, 1995

Sosok yang cukup gila untuk mencoba ‘tendangan kalajengking’ melawan Inggris di Wembley. Tendangan bebasnya bersama Atletico Nacional melawan River Plate sangat aneh, meskipun dengan beberapa teknik teraneh yang pernah kami lihat.

6) Mart Poom, 2003

Lihat lompatan itu! Cristiano Ronaldo pasti akan bangga. Poom kembali ke Derby walau di pihak Sunderland. Dia mencetak gol penyeimbang di akhir pertandingan dengan salah satu sundulan terbaik yang pernah kami lihat, apalagi dari seorang penjaga gawang.

5) Jimmy Glass, 1999

Ini tidak mungkin masuk dalam lima besar gol 'terbesar' yang dicetak oleh seorang penjaga gawang, tapi hal itu membuat Carlisle bertahan di Football League. Gol yang dicetak Glass tentunya harus diperhitungkan.

4) Rogerio Ceni, 2011

Pria asal Brasil itu mencetak 132 gol sepanjang kariernya. Kami terus bertanya-tanya apakah resep Ceni dapat melakukan itu, terutama melalui keahliannya mengeksekusi bola mati.

3) Jose Luis Chilavert, 1999

Ini bukan hanya satu tujuan, tapi hat-trick. Bermain untuk Velez Sarsfield melawan Ferro Carril Oeste, pemain legendaris Paraguay itu melakukan tiga tendangan penalti dan berhasil melakukannya. Luar biasa.

2) Martin Hansen, 2015

Martin Hansen pernah menjadi anggota Liverpool, tapi melakukan gol terbaik saat kiper asal Denmark itu berseragam ADO Den Haag pada 2015. “Bagaimana mungkin itu bukan gol terhebat yang pernah dicetak oleh seorang penjaga gawang?”

1) Oscarine Masuluke, 2016

Pemenang Puskas Award dari kiper Afrika Selatan, Oscarine Masuluke. Jika bukan karena tendangan kalajengking Olivier Giroud, dia akan menang.

Tendangan salto bersama Baroka menghasilkan hasil imbang melawan Orlando Pirates. Kami yakin itu tidak akan pernah bisa dikalahkan oleh seorang penjaga gawang.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network