Selamat Ulang Tahun!

10 Cedera Pemain Bola Terburuk, Ada Sampai 22 Kali Operasi

"Dalam sepak bola, cedera menjadi mimpi buruk pemain. Cedera bisa menghentikan performa gemilang bahkan lebih buruk lagi karier pemain."

Feature | 23 January 2020, 11:25
10 Cedera Pemain Bola Terburuk, Ada Sampai 22 Kali Operasi

Libero.id - Ketika kompetisi dalam sepak bola semakin ketat, permainan menjadi lebih fisik, membuat cedera sulit sekali terhindarkan. Sepanjang sejarah permainan sepak bola,  banyak yang telah menderita luka atau cedera yang menyayat hati. Mereka terpaksa menjalani rehabilitasi untuk kembali ke lapangan. Banyak pula cedera telah memaksa pemain keluar dari karier yang tampaknya glamor.

Salah satu pemain yang harus berhenti karena cedera yang terus terusan mendera tentu saja Marco Van Basten. Cedera lutut mengakhiri striker yang pernah menjadi pemain terbaik Eropa tersebut.

Dalam beberapa kasus, cedera sepakbola bisa disembuhkan. Ada pula yang sudah patah kaki kanan maupun kiri, tetap masih bisa berkarier yaitu mantan striker Liverpool Djibril Cisse.

Dalam catatan kali ini, kami membawa Anda menelusuri sejarah beberapa cedera sepakbola paling menyakitkan dan terburuk sepanjang masa.

10. Cedera Kieron Dyer

Sebenarnya karier Kieron Dyer tergolong bagus. Dia pernah bermain untuk Ipswich Town dan Newcastle United, sebelum pindah ke West Ham United pada 2007. Sepuluh hari setelah ia tampil pertama kali untuk West Ham, Kieron Dyer mengalami cedera yang sangat parah saat melawan Bristol Rovers dalam pertandingan Piala Liga Inggris. Cedera itu begitu parah sehingga, kaki kanannya patah di dua tempat. 17 bulan setelah operasi, cedera itu terus mengganggu kariernya. Dia kemudian melanjutkan bermain untuk Queen Park Rangers dan Middlesbrough, sebelum akhirnya pensiun. Dalam sebuah artikel tahun 2018 yang diterbitkan di sebuah tabloid, dia mengatakan pensiun adalah keputusan yang melegakan baginya.

9. Cedera Gary Mabbutt

Dipuji sebagai pemain serbabisa, Gary Mabbutt yang bermain untuk Tottenham Hotspur tertimpa salah satu cedera paling mengerikan dalam sepak bola. Cedera itu tidak melibatkan kakinya tetapi wajah. Pada November 1993, Gary Mabbutt terlibat dalam duel udara dengan striker Wimbledon, John Fashanu. Saat melompat, siku Fashanu mengarah ke wajahnya. Gary Mabbutt harus menjalani operasi selama dua jam untuk merawat rongga matanya yang rusak dan tulang pipi yang retak. Mabbutt harus memakai topeng plastik setelah pelat logam dimasukkan di bawah kulitnya.

8. Cedera Bert Trautmann

Kiper Bert Trautmann menjadi andalan Manchester City yang bermain untuk klub biru langit itu antara 1949-1964. Dia terlibat dalam cedera leher pada musim 1955/56. Dia saat itu melompat untuk menangkap bola tetapi malah bertabrakan dengan salah satu pemain Birmingham, Peter Murphy. Dia terus bermain untuk sisa pertandingan. Tetapi setelah dokter memeriksa keluhan sakit di lehernya, x-ray mengungkapkan ia telah mengalami dislokasi lima vertebra dan vertebra kedua retak menjadi dua.

7. Cedera Eduardo da Silva

Ini adalah pemandangan cedera paling mengerikan dalam sepak bola. Dikenal dengan panggilan Dudu, Eduardo da Silva mengalami cedera sangat serius pada Februari 2008 saat membela Arsenal. Saat itu tackle pemain Birmingham, Martin Taylor  mengakibatkan pergelangan kaki kiri Dudu terkilir dan fibula kirinya patah. Penampakan cedera itu sangat buruk sehingga dia harus segera dibawa ke rumah sakit. Namun, ia bisa pulih dari cedera dan terus bermain.

6. Cedera Federico Mattiello

Dia masih berusia 19 tahun pada waktu itu dengan status dipinjamkan ke Chievo dari Juventus. Dalam pertandingan melawan AS Roma, Federico Mattiello terkena tekel yang membuat kakinya berada dalam kondisi sangat buruk. Lutut Mattiello terpelintir saat kakinya bersarang di bawah kaki Radja Nainggolan. Dia mengalami patah kaki yang membutuhkan perhatian medis segera. Dia segera dibawa ke rumah sakit. Nainggolan secara pribadi meminta maaf dan menyebut peristiwa itu sebagai insiden bukan kesengajaan.

5. Cedera Petr Cech

Peter Cech terkenal sebagai penjaga gawang dengan topeng yang melindungi kepala dan wajahnya. Pelindung itu akan menjadi aksesori yang paling dikenal oleh setiap penggemar sepakbola. Pada Oktober 2006, dalam pertandingan melawan Reading, kepala Petr Cech bertabrakan melawan salah satu pemain Reading, Stephen Hunt. Cech harus menjalani operasi untuk retak tengkorak yang tertekan dan terungkap bahwa cedera hampir menghabiskan nyawanya. Dia pulih dari cedera dan terus bermain tetapi kali ini dengan pelindung

4. Cidera Luc Nilis

Nilis adalah striker yang sangat bagus, yang bermain untuk Aston Villa. Legenda sepak bola Ronaldo menyebut striker asal Belgia itu sebagai salah satu striker terbaik yang dia sukai gaya mainnya. Tapi karir yang menjanjikan itu terpotong ketika ia bertabrakan dengan kiper Ipswich Town, Richard Wright, pada September 2000. Insiden itu membuatnya mengalami dua patah tulang di tulang kering kanannya dan kemudian terdapat kabar cederanya terinfeksi dan mungkin harus diamputasi. Untungnya, itu tidak terjadi meski kariernya harus berakhir.

3. Cedera Juan Arango

Dia merupakan salah satu pemain sepak bola asal Venezuela paling berbakat. Juan Arango bermain untuk klub La liga, RCD Mallorca. Pada Mei 2005, dalam pertandingan melawan Sevilla, Juan bertabrakan melawan pemain Sevilla, Javi Bavaro di mana tulang pipinya patah, ia juga menelan lidahnya dan menjadi tidak sadar. Dia pulih untuk kembali beraksi, sebulan setelah cedera.

2. Patrick Battiston

Pesepakbola Prancis, Patrick Battiston dikenal dunia lewat sebuah insiden pada semifinal Piala Dunia 1982 Spanyol. Dalam sebuah pertarungan di udara, kiper Jerman Barat, Harald Schumacher tentu saja secara tidak sengaja memukul Battiston. Battiston jatuh ke tanah tak sadarkan diri. Pukulan itu merontokkan giginya serta mematahkan tulang belakangnya. Oksigen diberikan pada pria Prancis itu di lapangan sebagai pertolongan pertama.

1. Dave Busst

Bek Inggris David Busst harus mengakhiri kariernya secara mendadak setelah insiden menyakitkan pada April 1996 dalam pertandingan melawan Manchester United. Ketika itu David bermain untuk Coventry. Setelah bergerak maju untuk sepak pojok yang diperoleh timnya, ia bertabrakan dengan pemain Manchester United, Brian McClair dan Denis Irwin. Tabrakan itu menyebabkan tibia dan fibula yang patah di kaki  kanannya. Pertandingan ditunda selama sembilan menit dan darah harus dikeluarkan dari lapangan. Busst menjalani total 22 operasi. Dia pensiun pada tahun 1996 setelah menerima saran medis.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan