Mengintip Bus Mewah Milik Manchester United, Seperti Hotel Berjalan

"Pada 2016, dihujani batu fans West Ham di Upton Park. Sempat rusak, kini dilapisi kaca antipecah."

Feature | 04 June 2021, 16:25
Mengintip Bus Mewah Milik Manchester United, Seperti Hotel Berjalan

Libero.id - Selain stadion dan fasilitas latihan yang memadai, bus juga menjadi kebutuhan tim sepakbola profesional. Manchester United contohnya. MU punya kendaraan mewah yang siap mengantar para pemain dengan nyaman ke seluruh Britania Raya hingga daratan Eropa. 

MU adalah klub dengan mobilitas tinggi. Setiap musim, mereka harus menjalani 19 pertandingan tandang di seluruh Inggris. Itu hanya di Liga Premier. Untuk mencapai stadion-stadion tersebut, dibutuhkan angkutan yang aman, nyaman, dan mewah. 

Tidak hanya di Inggris, bus juga akan dikirimkan menyeberangi Selat Inggris ketika pertandingan Liga Champions atau Liga Eropa dilaksanakan. Para pemain akan naik pesawat dan setibanya di kota tujuan dijemput dengan bus yang dikirim dari Inggris itu untuk mengantar mereka ke hotel dan stadion. 

Untuk menunjang kebutuhan itu, manajemen The Red Devils berinisiatif memesan bus khusus dengan fasilitas layaknya hotel bintang 5. Bus mewah MU berharga 400 ribu pounds (Rp8 miliar).

Di dalam busa mewah itu terdapat kursi yang sangat nyaman layaknya duduk di pesawat kelas VVIP. Untuk membuat semua penumpangnya nyaman, bus memiliki sejumlah fasilitas hiburan. Sebut saja televisi, oven, lemari es, mesin pembuat kopi, hingga peralatan masak.

Bus, yang pada 2016 dikepung pendukung West Ham United di Upton Park tersebut memiliki tinggi 3,9 meter, pajang 14,1 meter, dan lebar 2,5 meter. Dibangun dua tingkat (double decker bus), dek atas dapat menampung 29 pemain dan dek bawah menampung sembilan orang.

Para pemain duduk di kursi berlapis kain mikrofiber ekologis mewah Dinamica-suede, yang dibuat di Italia. Bisa dipastikan, setiap orang yang duduk di kursinya selama berjam-jam tidak akan pegal.

Bak pesawat pribadi, bus tersebut juga memiliki 24 monitor TV, Blaupunkt. Sebagian besar dapat ditemukan di sandaran kursi, sementara yang lain menggantung di atap. Para pemain memiliki pilihan untuk menonton Netflix, DVD, dan TV yang terhubung ke Sky. Bus juga memiliki akses internet WiFi.

Jika para pemain lapar, mereka punya banyak pilihan untuk membuat makanan. Di dek bawah, ada dapur yang dilengkapi dengan dua oven udara panas NEFF masing-masing seharga 770 pounds, microwave Panasonic senilai 630 pounds, dan mesin kopi Kenco seharga 540 pounds.

Untuk keamanan, bus mewah MU dilengkapi kaca antipecah. Fungsinya untuk mencegah benda-benda berbahaya seperti batu atau botol minuman yang melayang ketika tim melakukan pertandingan tandang. 

MU berinisiatif menggunakan kaca antipecah setalah kejadian di West Ham pada 2016. Saat itu, sebelum para pemain turun ke lapangan di Upton Park, tepatnya di Green Street, bus MU dilempari para pendukung The Hammers. Itu adalah pertandingan terakhir West Ham di Boleyn Ground sehingga fans ingin memberi "kenang-kenangan" kepada salah satu klub rival abadi mereka.

Meski kacanya sempat retak, bus The Red Devils tetap berdiri kokoh. Saat itu, dilaporkan mereka mengalami kerusakan senilai 1.200 pounds. Manajemen segera memperbaikinya dan kini bus itu terus mendampingi Paul Pogba dkk berkelana ke seluruh penjuru Eropa. 

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network