Selamat Ulang Tahun!

Deretan Bukti Sahih, Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah Euro

"Cristiano Ronaldo kembali memiliki peluang menorehkan sejarah di Euro 2020. Apa itu?"

Analisis | 05 June 2021, 09:44
Deretan Bukti Sahih, Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah Euro

Libero.id - Ketika Cristiano Ronaldo memimpin Portugal menghadapi Hungaria di pertandingan pembukaan Euro 2020 pada 15 Juni 2021, dia akan melakukannya seperti biasa (menorehkan sejarah).

Pemain berusia 36 tahun, yang membantu negaranya meraih gelar pada 2016, memiliki alasan kuat untuk dianggap sebagai pemain Euro terbesar sepanjang masa.

Ronaldo telah memainkan lebih banyak pertandingan daripada siapa pun dalam sejarah turnamen. Dia telah mencetak lebih banyak gol di kualifikasi daripada siapa pun. Jika dia mencetak gol sekali lagi, dia akan keluar sebagai pencetak gol terbanyak di kejuaraan bergengsi tersebut.

Jadi, bagaimana dia dibandingkan dengan pemain hebat Euro lain - dan rekor baru apa lagi yang bisa dia buat?

 
Gol

Pencetak gol terbanyak dalam sejarah Kejuaraan Eropa - Michel Platini dan Cristiano Ronaldo (sembilan gol), disusul Alan Shearer (tujuh gol) dan tujuh pemain lain (Antoine Griezmann, Ruud van Nistelrooy, Patrick Kluivert, Wayne Rooney, Thierry Henry, Zlatan Ibrahimovic, dan Nuno Gomes) menggelontorkan enam gol.

Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Kejuaraan Eropa dengan sembilan gol - dalam 21 pertandingan di empat turnamen berbeda. Dia adalah satu-satunya pemain yang mencetak gol di empat kesempatan Euro.

Dia berbagi rekor itu dengan Platini, yang mencetak sembilan gol untuk Prancis dalam lima pertandingan di Euro 1984, tetapi tidak pernah bermain di pertandingan lain. Itu adalah satu-satunya Kejuaraan Eropa yang dimainkan Les Bleus antara tahun 1960 dan 1992.

Sementara Ronaldo mencetak dua gol pada 2004, sekali pada 2008, dan masing-masing tiga kali pada 2012 dan 2016. Fakta itu membuatnya menjadi satu-satunya pemain yang mencetak tiga gol di dua turnamen Euro yang berbeda.

Semua gol CR7 datang dari dalam kotak - dan lima di antaranya adalah sundulan. Itu tetap merupakan rekor yang sulit ditandingi pemain manapun di kejuaraan tersebut.

Enam gol Ronaldo terjadi di babak penyisihan grup, dengan satu di perempat final Euro 2012 melawan Republik Ceko dan dua di semifinal - melawan Belanda pada 2004 dan Wales pada 2016.

Griezmann dari Prancis bisa melampaui Platini dan Ronaldo jika dia memiliki turnamen yang bagus. Dia tertinggal tiga gol dengan enam gol, dan semua golnya dicetak di Euro 2016 saat dia memenangkan Sepatu Emas.

Ronaldo juga merupakan pencetak gol kualifikasi Kejuaraan Eropa teratas - dengan 31 gol di atas sembilan gol finalnya. Itu adalah rekor yang relatif baru, melewati rekor 23 kali Robbie Keane pada September 2019.

 
Kesuksesan

Ronaldo akhirnya memenangkan turnamen internasional besar - sesuatu yang telah menghindari saingan lamanya Lionel Messi - ketika Portugal mengalahkan tuan rumah Prancis di final Euro 2016.

Dia pergi karena cedera pada menit ke-25, tetapi meneriakkan instruksi dari pinggir lapangan sepanjang pertandingan saat mereka menang 1-0 di perpanjangan waktu.

Dia adalah salah satu dari 44 pemain yang tampil di dua final Kejuaraan Eropa - pada 2004 dan 2016. Tidak ada yang pernah bermain di tiga final. Hanya Ronaldo dan Bastian Schweinsteiger yang bermain di tiga semifinal.

Jika dia memenangkan yang lain, itu akan membawanya bersama dengan Rainer Bonhof dari Jerman Barat (1972 dan 1980) dan 12 anggota tim Spanyol di Euro 2008 dan 2012. Atau, satu-satunya pemain yang memenangkan dua Kejuaraan Eropa.

Ronaldo memiliki jumlah kemenangan tertinggi bersama di pertandingan Euro dengan jumlah 11 - sama dengan Cesc Fabregas dan Andres Iniesta dari Spanyol - jadi akan memimpin tahun ini jika Portugal memenangkan setidaknya satu pertandingan tambahan.

 
Penampilan Terbanyak

Penampilan terbanyak di Kejuaraan Eropa - Cristiano Ronaldo (21), Bastian Schweinsteiger (18), Gianluigi Buffon (17), Andres Iniesta (16), Lilian Thuram (16), Cesc Fabregas (16), Edwin van der Sar (16).

Ronaldo adalah salah satu dari sekelompok besar orang yang telah bermain di empat Kejuaraan Eropa. Musim panas ini, dia akan menjadi satu-satunya orang yang bermain di periode kelimanya.

Dia telah bermain dalam 21 pertandingan putaran final, tiga lebih banyak dari Schweinsteiger asal Jerman dan empat lebih banyak dari legenda Italia, Gianluigi Buffon. Ronaldo juga memimpin dalam menit bermain (1.795).

 
Di mana lagi Ronaldo memimpin?

Tembakan terbanyak di Euro sejak 1980: Cristiano Ronaldo (122), Thierry Henry (52), Zinedine Zidane (48), Dennis Bergkamp (48), Zlatan Ibrahimovic (42).

Tidak seorang pun yang pernah melihat Ronaldo bermain akan terkejut mendengar dia memimpin dalam percobaan tembakan ke gawang. Dia telah melakukan 122 upaya ke gawang di Euro. Di semua turnamen sejak 1980 - ketika rekor seperti itu pertama kali disimpan - Thierry Henry dari Prancis berada di urutan berikutnya dengan 52.

Ronaldo sekali lagi berada di puncak dengan 32, sementara Henry dan Dennis Bergkamp sama-sama memiliki 20. Gareth Bale menguntit di posisi berikutnya dengan 17 dari 26 upaya tembakan. Semuanya dilakukan pemain Wales itu di Euro 2016.

Ronaldo telah membentur tiang gawang enam kali, dua kali lebih sering dari pemain lain sejak 1980.

Dia berada di urutan kedua untuk assist dalam jangka waktu itu, yakni lima assist. Torehan itu menempatkannya sejajar dengan lima pemain lain, termasuk David Beckham dari Inggris.

Sementara assist tertinggi di Euro masih dipegang Karel Poborsky (Republik Ceko) dengan enam assist. Jadi, ini adalah rekor lain yang bisa diambil Ronaldo kali ini. Ronaldo telah mencoba 83 dribel - yang tercatat dalam turnamen sejak 1980 – menempatkannya di posisi kedua di belakang Luis Figo.

 
Apa lagi yang tersisa untuk dicapai?

Selain menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa turnamen dan pemain pertama yang tampil di lima final, Ronaldo bisa memecahkan beberapa rekor lain di Euro 2020.

Kami telah menyebutkan bahwa dia bisa bergabung dengan daftar pemain untuk memenangkan dua gelar Euro, dan menjadi pemain pertama yang tampil di final tiga kali.

Dia juga bisa menjadi orang pertama yang bermain di empat semifinal. Jika dia memiliki turnamen yang luar biasa, maka satu rekor yang pasti memotivasi dia bisa berada dalam genggamannya.

Motivasi itu adalah 103 golnya untuk Portugal. Berarti dia hanya tertinggal enam gol di belakang rekor gol yang dicetak legendaris Iran, Ali Daei, sebagai pemegang rekor gol terbanyak internasional (109 gol).

 
Momen Euro terbesar Ronaldo

Portugal 2-1 Belanda, semifinal Euro 2004

Ronaldo membawa Portugal memimpin dan kemudian memberi assist kepada Maniche untuk gol kedua.

Portugal 1-0 Republik Ceko, perempat final Euro 2012

Ronaldo mengakhiri penampilan luar biasa dengan sundulan kuat melewati Petr Cech.

Portugal 3-3 Hungaria, penyisihan grup Euro 2016

Ronaldo mencetak dua gol - dengan sundulan menyamakan kedudukan - saat Portugal bangkit dari ketinggalan untuk menghindari mereka tersingkir.

Portugal 2-0 Wales, semifinal Euro 2016

Sundulan Ronaldo lainnya membuat mereka unggul saat melawan Wales dan kemudian tendangannya dibelokkan ke gawang oleh Nani untuk memastikan kemenangan.

Portugal 1-0 Prancis, Final Euro 2016

Meskipun dia cedera di pertengahan babak pertama, Ronaldo memainkan peran besar di pinggir lapangan, meneriakkan instruksi kepada tim saat mereka mengalahkan Prancis untuk memenangkan Kejuaraan Eropa.

 
Momen terburuk Ronaldo di Euro

Yunani 1-0 Portugal, final Euro 2004

Portugal kalah di final turnamen dari Yunani yang diunggulkan. Ronaldo kehilangan peluang besar untuk menyamakan kedudukan, terutama saat melepaskan tembakan ketika melewati gawang.

Portugal 2-3 Jerman, perempat final Euro 2008

Miroslav Klose menjauh dari Ronaldo untuk memberi Jerman keunggulan 2-0 saat Portugal tersingkir di babak delapan besar.

Portugal 0-0 Spanyol (2-4 penalti), semifinal Euro 2012

Ronaldo menunggu momen mengambil penalti kelima dalam adu penalti... tetapi dia tak melakukannya karena Portugal akhirnya kalah dari tetangga mereka.

(moneig noor fitria syaharani/mon)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan