Bagaimana Peringkatnya? 5 Calon Gelandang Serang Terbaik Euro 2020

"Mereka adalah pemain-pemain Eropa yang tampil bagus sepanjang musim 2020/2021. Ini kandidatnya."

Feature | 07 June 2021, 15:02
Bagaimana Peringkatnya? 5 Calon Gelandang Serang Terbaik Euro 2020

Libero.id - Euro 2020 tinggal menyisakan hitungan hari. Selain para penyerang, permainan sejumlah gelandang serang papan atas Eropa juga dinantikan para pendukung. Mereka adalah pemain-pemain top yang punya catatan bagus sepanjang musim 2020/2021.

Dalam sepakbola, terdapat posisi yang mengharuskan para pemainnya bekerja lebih keras. Pemain di posisi gelandang serang biasanya dituntut untuk bisa menguasai lapangan tengah. Mereka bertugas mendistribusikan bola ke depan dan kadang-kadang juga memiliki kewajiban eksekusi.

Seorang gelandang serang dituntut memiliki kecepatan dan keterampilan teknik jempolan. Pemain-pemain tersbeut harus bisa mengatur tempo permainan sekaligus membantu serangan. Tidak heran jika banyak diantara mereka yang mengemban posisi ini sering mengalami cedera.

Musim 2020/2021, terdapat beberapa gelandang serang yang memiliki peran sangat penting di klubnya masing-masing. Mereka juga akan bermain untuk negara masing-masing selama Euro 2020 digelar.

Keberadaan mereka diyakini akan membuat kompetisi sepakbola antarnegara paling bergengsi di dunia setelah Piala Dunia tersebut akan sangat menarik. Pemain-pemain tersebut akan unjuk keterampilan untuk mencoba membawa negaranya menjadi yang terbaik.

Berikut ini peringkat 5 calon gelandang serang terbaik di Euro 2020 berdasarkan performa sepanjang musim 2020/2021:


5. Hakan Calhanoglu (AC Milan/Turki)

Tampil sangat bagus musim 2020/2021 membuat Hakan Calhanoglu tidak akan kekurangan peminat darii klub-klub elite eropa jika memutuskan pergi dengan status bebas transfer di musim panas nanti. Apalagi jika dia sukses membawa Turki bersinar di Euro 2020.

Calhanoglu bergabung dengan AC Milan dari Bayer Leverkusen pada 2017 dengan nilai transfer 21 juta pounds. Penampilan awalnya meninggalkan banyak hal yang tidak diinginkan. Kurangnya konsistensitensi sempat membuat fans I Rossoneri frustrasi.

Terkenal karena kreativitasnya, Calhanoglu berjuang keras untuk meniru bentuk permainan terbaik seperti saat di Leverkusen. Akhirnya, dia berhasil menunjukkannya pada musim 2020/2021. Dia menjadi salah satu pemain terpenting Milan.

Pemain berusia 27 tahun itu telah membuat 33 penampilan di Serie A dan mencetak 4 gol. Dengan kontraknya yang berakhir pada musim panas, klub-klub seperti Arsenal dan Manchester United telah dikaitkan dengan mantan gelandang Hamburg SV tersebut.


4. Jack Grealish (Aston Villa/Inggris)

Setelah banyak dikaitkan dengan kepindahan ke MU pada musim panas lalu, cukup mengejutkan melihat Jack Grealish menandatangani kontrak baru berdurasi 5 tahun dengan Aston Villa.

Dia telah menjadi salah satu pemain terbaik di Liga Premier 2020/2021. Pemain Inggris itu tampil sensasional sepanjang musim, dengan kreativitas dan kemampuan menggiring bola yang menyebabkan masalah besar bagi pertahanan lawan.

Pemain berusia 25 tahun itu telah membuat 26 penampilan Liga Premier musim ini, mencetak enam gol, dan memberikan 10 assist. Akan menarik untuk melihat apakah Aston Villa akan dapat mempertahankan pemain terpenting mereka musim panas nanti, terutama jika Grealish bermain bagus di Euro 2020.


3. Thomas Mueller (Bayern Muenchen/Jerman)

"Raumdeuter" terus menjadi salah satu posisi sepakbola paling ortodoks di dunia. Tapi, efisiensi dan konsistensinya harus dipuji. Apalagi jika posisi yang secara harafiah berarti "penjelajah ruang" itu dimainkan Thomas Mueller di level klub maupun timnas.

Sebagai produk Akademi Bayern Muenchen, Mueller adalah salah satu penyerang (gelandang serang) terbaik generasi modern. Meski gaya permainannya bukan yang tercantik, kemampuan luar biasa sang pemain banyak menghadirkan piala untuk Bayern dan Jerman.

Mueller mampu bermain di mana saja di seluruh lini depan. Pemain berusia 31 tahun itu telah membuat 32 penampilan di Bundesliga musim ini, mencetak 11 gol dan memberikan 15 assist.

Dia akan kembali bermain untuk Der Panzer di Euro 2020 setelah sempat menyatakan mundur selepas Piala Dunia 2018. Ini akan menjadi panggung yang tepat bagi Mueller untuk membuktikan eksistensi pemain dengan posisi "Raumdeuter".
 

2. Kevin de Bruyne (Manchester City/Belgia)

Kevin de Bruyne menghabiskan 68 juta pounds ketika Manchester City membelinya dari VfL Wolfsburg pada 2015. Hampir enam musim kemudian akan adil untuk mengatakan bahwa itu adalah uang yang dihabiskan dengan baik oleh manajemen The Citizens.

Pemain berusia 29 tahun itu telah membuat 262 penampilan di semua kompetisi untuk Manchester City, mencetak 67 gol dan memberikan 105 assist. Pemain Belgia telah membuat 26 penampilan di Liga Premier musim ini, mencetak 6 gol, dan memberikan 11 assist.

Kepergian Legenda klub, David Silva, musim panas lalu menempatkan lebih banyak tanggung jawab di pundak De Bruyne dan dia merespons dengan baik beban tambahan.

Kini, para pendukung Belgia harus berdoa agar De Bruyne fit di Euro 2020. Pasalnya, dia sempat mengalami cedera saat bertabrakan dengan Antonio Ruediger di final Liga Champions melawan Chelsea. Jika De Bruyne pulih tepat waktu, Belgia akan meledak di Euro 2020.


1. Bruno Fernandes (Manchester United/Portugal)

Sulit membayangkan di mana posisi MU tanpa kedatangan dan pengaruh langsung Bruno Fernandes. Pemain berusia 26 tahun itu bergabung dengan Manchester United dari Sporting Lison pada Januari 2020 dengan nilai transfer 49,5 juta pounds. 

Pengaruhnya jelas sejak awal. Kreativitasnya, dorongan dari lini tengah, dan kemampuan kepemimpinannya telah mengubah MU asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Fernandes telah tampil di hampir setiap pertandingan sejak kedatangannya. Pemain Portugal telah membuat 80 penampilan di semua kompetisi untuk klub dan mencetak 40 gol.

Untuk musim 2020/2021, Fernandes bermain 37 kali di Liga Premier dengan menghasilkan 18 gol. Dia juga nyaris membawa The Red Devils menjuarai Liga Europa sebelum dikalahkan Villarreal secara dramatis lewat adu penalti. 

Jika Fernandes on fire, Euro 2020 akan kembali menjadi milik Portugal. Dengan Cristiano Ronaldo dan Andre Silva di skuad itu, sang juara bertahan tidak boleh dipandang sebelah mata. Jerman, Prancis, dan Hungaria yang jadi lawan Portugal harus berhati-hati kepada Fernandes. 

(muhammad alkautsar/mon)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network