24 Pelatih di Euro 2020, Rekam Jejak Menakjubkan!

"Mayoritas adalah mantan pemain pro."

Feature | 07 June 2021, 19:30
24 Pelatih di Euro 2020, Rekam Jejak Menakjubkan!

Libero.id - Euro 2020 akan mempertemukan para pemain sepakbola terbaik Eropa yang mewakili negara masing-masing. Mereka juga memberikan kesempatan kepada banyak ahli strategi sepakbola terbaik untuk menunjukkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Mari kita lihat siapa yang mengisi kursi pelatih negara peserta Euro 2020, beserta dengan rekan jejak mereka.

Para Pelatih di Euro 2020

Austria - Franco Foda (Jerman)

Federasi Sepakbola Austria mengumumkan Franco Foda, pelatih asal Jerman dengan pengalaman signifikan dalam kepelatihan di liga Austria, akan menjadi pelatih tim nasional Austria pada Oktober 2017.

Belgia - Roberto Martinez (Spanyol)

Pelatih asal Spanyol ini menandatangani kontrak sebagai pelatih tim nasional Belgia. Martinez menggantikan Marc Wilmots di pos ini, hampir lima tahun yang lalu.

Kroasia - Zlatko Dalic (Kroasia)

Federasi Sepakbola Kroasia menunjuk Dalic sebagai pelatih kepala tim nasional Kroasia setelah serangkaian penampilan biasa-biasa saja di panggung besar.

Setelah tiba, Dalic mengumumkan dirinya hanya akan tetap menjadi pelatih kepala jika Kroasia lolos ke Piala Dunia 2018. Tidak hanya berhasil membawa timnya lolos ke Piala Dunia 2018, Dalic juga berhasil membawa Kroasia ke final walau disingkirkan Prancis.

Republik Ceko - Jaroslav Ilhavy (Republik Ceko)

Pada September 2018, dia menjadi pelatih kepala tim nasional Rep Ceko setelah menggantikan Karel Jarolim di posisi ini.

Denmark - Kasper Hjulmand (Denmark)

Pada Juni 2019, Federasi Sepakbola Denmark mengumumkan Hjulmand menggantikan Age Hareide sebagai pelatih kepala. Dia dipilih setelah kontrak Hareide berakhir setelah turnamen Euro 2020. Dia memegang gelar B.Sc. di bidang olahraga, yang mengkhususkan diri dalam pembinaan dari Universitas Copenhagen.

Inggris - Gareth Southgate (Inggris)

Dia pertama kali menangani tim Inggris U-21 dari 2013 hingga 2016 sebelum menjadi pelatih kepala The Three Lions pada 2016. Dalam turnamen pertamanya sebagai pelatih, Piala Dunia 2018, Southgate hanya menjadi pelatih ketiga yang mencapai semifinal Piala Dunia bersama tim Inggris.

Finlandia - Markku Kanerva (Finlandia)

Kanerva diangkat secara permanen sebagai pelatih Finlandia pada Desember 2016. Dia dikontrak berdurasi tiga tahun saat itu. Pada November 2019, Kanerva melatih tim asuhannya untuk lolos ke Euro 2020.

Prancis - Didier Deschamps (Prancis)

Sembilan tahun lalu, Deschamps ditunjuk sebagai pelatih baru Prancis. Dia membimbing timnya ke perempat final Piala Dunia 2014, final Euro 2016, dan dia memenangkan final Piala Dunia 2018.

Setelah kemenangan Prancis di Piala Dunia di Rusia, Deschamps menjadi orang ketiga yang memenangkan Piala Dunia, baik sebagai pemain maupun pelatih.

Jerman - Joachim Loew (Jerman)

Loew adalah pelatih kepala Jerman, tim yang dia pimpin meraih kemenangan di Piala Dunia 2014 di Brasil. Loew juga membawa Der Panzer menjuarai Piala Konfederasi 2017 di Rusia. Pada Maret 2021, Loew mengumumkan dirinya akan mengundurkan diri dari posisinya setelah Euro 2020.

Hungaria - Marco Rossi (Italia)

Pada Juni 2018, Federasi Sepakbola Hungaria mengumumkan merekrut Rossi sebagai pelatih baru. Dia menggantikan Legenda Belgia, Georges Leekens, di bangku cadangan skuad Hungaria.

Italia - Roberto Mancini (Italia)

Pada Mei 2018, Mancini menandatangani kontrak sebagai pelatih kepala setelah mengambil alih dari pelatih sementara, Luigi di Biagio. Pada 15 November 2019, dengan kemenangan tandang 3-0 melawan Bosnia dan Herzegovina, Mancini memecahkan rekor lama yang dipegang oleh Vittorio Pozzo. Mancini memimpin Italia meraih kemenangan kesepuluh berturut-turut, dan rekor kemenangan langsung keenam mereka.

Belanda - Frank de Boer (Belanda)

De Boer terpilih sebagai pelatih De Oranje saat ini. Mantan bek serta karier melatih bersama Ajax Amsterdam diharapkan memberikan tuah bagi Belanda melangkah lebih jauh.

Makedonia Utara - Igor Angelovski (Makedonia Utara)

Angelovski, mantan pemain liga Makedonia, Slovenia, dan Serbia, menjadi pelatih baru tim nasional Makedonia pada akhir Oktober 2015. Angelovski menjadi penerus Ljubinko Drulovic, mantan winger FC Porto.

Polandia - Paulo Sousa (Portugal)

Sousa adalah pelatih Portugal. Dia juga mantan pemain profesional yang bermain sebagai gelandang bertahan. paling sukses selama era 1990-an di Juventus. Dia adalah pelatih kepala tim nasional Polandia saat ini.

Portugal - Fernando Santos (Portugal)

Santos merupakan pelatih sepakbola Portugal dan mantan pemain yang bermain sebagai bek. Santos memenangkan edisi terakhir kejuaraan yang diadakan di Prancis.

Rusia - Stanislav Cherchesov (Rusia)

Pelatih berpaspor Rusia dan mantan pemain sepakbola internasional keturunan Ossetia. Selama aktif bermain, Cherchesov adalah mantan penjaga gawang Uni Soviet dan Rusia.

Skotlandia - Steve Clarke (Skotlandia)

Sebelum menjadi pelatih Skotlandia sejak 2019, Clarke adalah pemain yang berkarier bersama Chelsea dan Paris Saint-Germain. 

Slovakia - Stefan Tarkovi (Slovakia)

Dia saat ini adalah pelatih Slovakia. Dalam karier sebelumnya, dia mengelola tim Ilina, Tatran Presov, dan Kosice.

Spanyol - Luis Enrique (Spanyol)

Luis Enrique ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Spanyol pada Juli 2018, menggantikan mantan rekan setimnya di klub dan negara, Fernando Hierro, yang memimpin tim di Piala Dunia di Rusia.

Swedia - Janne Andersson (Swedia)

Menyusul Kekecewaan Swedia di Euro 2016, Andersson mengambil alih sebagai pelatih kepala tim nasional Swedia setelah hampir tujuh tahun dipegang Erik Hamren.

Swiss - Vladimir Petkovic (Swiss)

Sejak penunjukannya ke tim nasional pada 2014, Petkovic telah memimpin Swiss ke babak 16 besar pada Euro 2016 di Prancis dan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Turki - Senol Gunes (Turki)

Dia adalah mantan pemain, meski kurang menonjol. Prestasinya yang paling menonjol saat melatih tim nasional Turki ke tempat ketiga di Piala Dunia 2002.

Ukraina - Andriy Shevchenko (Ukraina)

Dia merupakan mantan pemain pro, mantan politisi, dan berkecimpung sebagai pelatih saat ini.

Dia bermain sebagai striker bersama Dynamo Kiev, AC Milan, Chelsea, dan tim nasional Ukraina. Pada Juli 2016, tak lama setelah eliminasi negara dari Euro 2016, Shevchenko ditunjuk sebagai pelatih kepala Ukraina.

Wales - Ryan Giggs (Wales)

Legenda Manchester United ini ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Wales pada Januari 2018. Dia menggantikan Chris Coleman, yang telah meninggalkan peran untuk mengambil posisi pelatih di Sunderland. Giggs sukses membawa Wales lolos ke Euro 2020, menyusul kemenangan 2-0 atas Hungaria dalam pertemuan terakhir mereka pada November 2019.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network