Pengakuan Pelatih Vietnam Ubah Formasi Pakem demi Kalahkan Indonesia

"Agresivitas permainan Indonesia berhasil diakali oleh pelatih Vietnam Park Hang-seo."

Berita | 08 June 2021, 17:31
Pengakuan Pelatih Vietnam Ubah Formasi Pakem demi Kalahkan Indonesia

Libero.id - Pelatih timnas Vietnam Park Hang-seo puas dengan penampilan anak asuhnya saat mereka berhasil menumbangkan Indonesia 4-0 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia, Senin malam.

Kepada VN Express, Park menyampaikan bahwa biasanya ia menggunakan formasi 3-4-3. Tapi dalam pertandingan yang dimenangkanya semalam ia menggunakan formasi 3-5-2 agar lini tengahnya lebih hidup.

“Kami bermain bagus di babak pertama namun tidak bisa mencetak gol. Di babak kedua, saya mengatakan kepada pemain untuk tidak hanya menyerang dari sayap tetapi juga dari sektor tengah. Secara umum, mereka malakukan pekerjaan dengan baik,” kata Park saat wawancara pasca-pertandingan.

Park juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para pemain. Ia menuturkan bahwa Vietnam masih memiliki dua pertandingan tersisa yang satu di antaranya harus dimenangkan untuk mengamankan timnya lolos sebagai juara grup. Park mengajak anak asuhnya untuk tidak terlena atas kemenangan meraka semalam dan fokus pada pertandingan berikutnya.

Vietnam menghadapi permainan keras dari Indonesia yang menerima enam kartu kuning, termasuk satu diantaranya diberikan kepada pelatih Shin Tae-yong. Permainan indonesia yang garang menyebabkan wasit beberapa kali harus menghentikan pertandingan karena pelanggaran yang diterima pemain Vietnam. Bahkan gelandang Nyuyen Tuan Anh harus meninggalkan lapangan lebih awal karena cedera.

Tim Naga Emas akhirnya mencetak gol pembuka yang dicetak oleh Nguyen Tien Linh, meskipun gol itu sedikit kontroversi karena pemain tersebut sebelumnya dianggap melakukan handsball. Usai lahirnya gol pertama, segalanya menjadi lebih mudah bagi Vietnam dengan tiga gol tambahan yang dicetak oleh Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phoung dan Vu Van Thanh.

Dalam wawancaranya, gelandang Quang Hai Nguyen berkomentar tentang permainan agresif dari pemain Indonesia. Hai menyadari bahwa Indonesia yang sebagian besar diisi oleh pemain muda pasti akan bermain seperti itu. Ia pun menyampaikan bahwa kemenangan telak yang diperoleh timnya semalam karena beberapa penyesuaian yang diberikan oleh pelatih Park hingga mereka dapat bermain lebih baik.

“Ini adalah kemenangan yang pantas didapatkan dan ini untuk para penggemar. Kami akan menjaga momentum di pertandingan-pertandingan berikutnya,” kepada VN Express.

Diketahui pada pertandingan sebelumnya melawan Thailand, Quang Hai sudah mendapatkan kartu kuning ditambah saat menghadapi Indonesia semalam ia juga diganjar kartu atas pelanggaranya. Alhasil Quan Hai harus absen saat Vietnam berhadapan dengan Malaysia Jumat besok. 

Selain Quan Hai, Vietnam juga harus mengistirahatkan Tuan Anh karena cidera. Tanpa dua gelandang kunci ini, Vietnam bisa saja mengalami kesulitan saat melawan Malaysia.

“Kami telah menyiapkan setidaknya dua opsi cadangan untuk satu posisi dan sekarang saatnya untuk meenggunakanya. Ketidakhadiran Quan Hai tidak berarti hal yang buruk untuk kami. Dia memang sudah memiliki masalah dengan ototnya sehingga ini waktu untuknya beristirahat,” kata Park.

Vietnam akan bermain melawan Malaysia pada 11 Juni dan UEA pada 15 Juni besok. Mereka membutuhkan empat poin dari laga tersebut untuk melaju ke babak final kualifikasi Piala Dunia mewakili grup G zona Asia.

(diaz alvioriki/mit)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network