4 Aturan Euro 2020 Tentang Wabah COVID-19

"Bagaimana jika ada pemain dalam satu tim yang positif covid?"

Berita | 09 June 2021, 11:38
4 Aturan Euro 2020 Tentang Wabah COVID-19

Libero.id - Spanyol akan memulai persiapan untuk Euro 2020 tanpa kapten mereka,Sergio Busquets. Ia dinyatakan positif COVID-19. Kabar Sergio Busquets tersebut telah menjadi peringatan bagi semua yang terlibat dalam gelaran Euro 2020.

Busquets dinyatakan positif setelah berada di sekitar sesama anggota skuad Spanyol, termasuk selama sesi latihan dan saat makan di restoran.

Ada kemungkinan pemain lain di dalam kamp pelatihan mungkin memiliki virus, bahkan jika itu belum sempat dilakukan tes

Tak bisa ditampik, virus ini masih merajalela dalam kehidupan sehari-hari dan orang-orang harus tetap waspada, tetapi dalam konteks yang sedang kita bicarakan, apa aturan yang digagas oleh panitia pelaksana mengenai menjalarnya potensi wabah ini ke peserta Euro?

UEFA telah menetapkan tindakan atau segenap aturan ketat terkait kasus peserta yang menderita wabah mengerikan itu selama kompetisi berjalan. Ini dia seperangkat aturannya:

1. Untuk sekelompok pemain dari sebuah tim akan ditempatkan di karantina wajib atau isolasi diri setelah keputusan oleh otoritas nasional/lokal yang kompeten, dan pertandingan akan dimulai sesuai jadwal asalkan tim yang bersangkutan memiliki setidaknya 13 pemain yang tersedia.

2. Jika asosiasi nasional tidak dapat menurunkan susunan pemain dengan jumlah minimum pemain maka pertandingan, jika memungkinkan, akan dijadwalkan ulang dalam waktu 48 jam dari tanggal semula. UEFA juga akan memiliki kekuatan untuk menetapkan jadwal ulang pertandingan ke stadion alternatif.

3. Jika pertandingan tidak dapat dijadwal ulang, Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA akan membuat keputusan tentang masalah tersebut. UEFA akan menyatakan bahwa pertandingan yang tidak dimainkan akan dianggap sebagai kekalahan 0-3 bagi tim yang terkena dampak virus tersebut.

4. Jika ada anggota tim wasit yang ditunjuk untuk pertandingan dinyatakan positif COVID-19, UEFA dapat menunjuk ofisial pertandingan pengganti yang mungkin berkebangsaan sama dengan salah satu tim yang terlibat dalam pertandingan. Ini akan tergantung pada ketersediaan ofisial, dan tentunya juga harus melewati tes dan dinyatakan negatif.

(mochamad rahmatul haq/mon)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network