7 Pemain Tua-Tua Keladi, Makin Tua Makin Jadi Di Euro 2020

"Mereka semua berusia di atas 35 tahun, tetapi justru makin hebat saat usia menginjak senja."

Feature | 10 June 2021, 14:32
7 Pemain Tua-Tua Keladi, Makin Tua Makin Jadi Di Euro 2020

Libero.id - Saat orang-orang bersiap menyambut Euro 2020, sebagian besar pembicaraan adalah tentang anak-anak muda yang diharapkan akan memberi warna yang meledak-ledak dalam turnamen bergengsi ini.

Ada begitu banyak pemain muda yang menarik yang siap untuk membuat reputasi bagus di panggung terbesar Eropa musim panas ini, tetapi perhatian tidak cukup diberikan kepada mereka semata. Melainkan harus dibagi juga pada mereka yang sudah tua, tapi tetap bertenaga.

Hampir setiap negara yang bersaing di turnamen musim panas ini memiliki sejumlah pemain berumur tak muda lagi yang mungkin akan menjadi turnamen besar terakhir dalam karier luar biasa mereka.

Satu-satunya pengecualian untuk itu adalah Cristiano Ronaldo, yang memiliki stamina untuk bertahan lebih lama daripada kebanyakan pemain lain dan bisa dengan senang hati bermain di level tertinggi di usia 40-an, meskipun sekarang usianya 36.

Jadi Ronaldo tidak ada dalam daftar ini. Tetapi Anda bisa menyaksikan tujuh pemain tua lainnya yang sangat mungkin akan jadi bintang bagi negara mereka masing-masing :

1. Giorgio Chiellini – 36 Tahun, Italia

Libero.id

Kredit: instagram.com/giorgiochiellini

Kapten Italia ini merupakan pemain paling berpengalaman di timnas, dengan 107 caps atas namanya. Meski sudah berusia 36 tahun, pemain andalam Juventus ini masih belum loyo.Chiellini masih dianggap sebagai bek tengah yang agresif.

Menariknya, di kompetisi Euro kali ini Italia memiliki delapan pemain berusia di, termasuk rekan bek tengah Chiellini di Juve, Leonardo Bonucci yang berusia 34 tahun.

Keduanya adalah 'pria tua' yang masih kuat di belakang Nyonya Tua, tetapi kapten Chiellini memiliki pengalaman lebih dalam kepemimpinan, ia ada untuk memastikan pasukan Roberto Mancini akan tampil dengan cara yang spartan.

2. Yuri Zhirkov – 37 Tahun, Rusia

Percaya atau tidak, sang winger masih bermain di negara asalnya Rusia, meski pada Agustus ini akan genap berusia 38 tahun. Zhirkov adalah harta berharga bagi timnas Rusia, ia telah memainkan banyak sekali pertandingan (104 caps) dan masih tetap melakukan yang terbaik.

Di usia karier menuju senja, Zhirkov tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, di level klub untuk musim 2020/21 Zhirkov tampil 20 kali untuk Zenit Saint Petersburg.


3. Goran Pandev – 37 Tahun, Makedonia Utara

Pandev melakukan debut pada tahun 2001 dan sekarang ia masih bermain untuk negaranya, dengan memiliki 119 caps jelas Pandev masih sangat dibutuhkan.

Terlepas dari pengalamannya sebagai salah satu striker yang dipertimbangkan di kancah Eropa, terutama saat memperkuat Inter Milan. Faktanya Pandev tidak pernah mampu membawa Makedonia Utara di tempat yang terhormat. Dan ini waktunya untuk membalikkan semua itu.

Rakyat Makedonia Utara tentu tak sabar melihat aksi-aksi dari kapten mereka itu, dan Pandev pasti akan melakukan yang terbaik.

4. Luka Modric – 35 Tahun, Kroasia

Libero.id

Kredit: instagram.com/lukamodric10

Gelandang Real Madrid ini adalah salah satu pemain paling menarik untuk ditonton di Euro musim panas ini, dan dia juga pemain tertua dan paling berpengalaman di negaranya dengan 138 caps pada usia 35 tahun.

Setelah melakukan debutnya di Kroasia pada tahun 2006, Modric telah membawa negaranya ke era yang sangat sukses ; finis sebagai runner-up di Piala Dunia 2018.Dimana pada tahun yang sama, Modric diganjar penghargaan FIFA Ballon D'or. Akankah Modric mengulangi hal yang sama di tahun ini?

5. Lukasz Fabianski – 36 Tahun, Polandia

Penjaga gawang West Ham memiliki lebih dari 56 caps yang saat ini dipegangnya untuk Polandia, dan mengingat penampilannya yang konsisten di level klub selama bertahun-tahun belalang, wajar belaka kalau Fabianski kembali di panggil.

Pemain veteran satu ini, berhasil mencatatkan 75 clee sheet dari 279 penampilan di Liga Premier dan 26 dari 56 untuk Polandia.

Jika dia mempertahankan kecakapannya sebagaimana di klub, maka akan sulit bagi pemain-pemain dari Slovakia, Spanyol, dan Swedia untuk membobolnya dalam fase awal di Grup E.

6. Manuel Neuer – 35 Tahun, Jerman

Penjaga gawang lainnya dalam daftar ini. Sebuah dosa melewatkan nama Manuel Neuer. Sebagai penjaga gawang, ia telah mencapai semua yang ingin dicapai, baik untuk klub dan negara.

Meskipun menjadi pemain tertua di skuat Jerman dengan usia 35 tahun, dia bukan yang paling berpengalaman dari sisi jumlah laga, dengan Mats Hummels dan Toni Kroos (keduanya 102 caps) bermain lebih banyak di pertandingan internasional daripada kiper Bayern Munich ini (100 caps).

Tapi pemain yang kini bertindak sebagai kapten Jerman ini pasti akan sangat diandalkan. Joachim Low ingin mengakhiri 15 tahun masa kepelatihannya dengan baik dan Neuer telah menjadi salah satu pemain kepercayaan. Sejak debut pada 2009, Neuer telah mencatatkan 43 clean sheet untuk negaranya dan rekor bagus itu akan diusahakan terus membaik.

7. Pepe – 38 Tahun, Portugal

Libero.id

Kredit: instagram.com/official_pepe

Pepe adalah pemain tertua di turnamen ini, usianya 38. Dan di negaranya Pepe merupakan pemain dengan caps terbanyak ketiga, 114 caps. Terlepas dari usianya, Pepe masih tampil luar biasa, buktinya ia membuat 40 penampilan di semua kompetisi untuk Porto pada musim 2020/21 yang baru saja berakhir.

Dia akan bersama Ruben Dias dari Manchester City untuk mengawal jantung pertahanan Portugal. Lewat pengalaman dan ketangguhan Pepe, para penggemar berharap itulah resep sempurna untuk mempertahankan mahkota Euro bagi Portugal.

(gigih imanadi darma/mon)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network