Bagaimana Peringkatnya? 5 Skuad Termahal Euro 2020

Feature | 10 June 2021, 13:20
Bagaimana Peringkatnya? 5 Skuad Termahal Euro 2020
Prancis dan Inggris

"Harga total lima tim teratas adalah Rp86,8 triliun. Itu setara anggaran Pemilu 2024 yang diusulkan KPU kepada Pemerintah dan DPR."

Libero.id - Euro 2020 bukan hanya kompetisi sepakbola yang akan menampilkan permainan berkelas. Ajang antarnegara Benua Biru tersebut juga menjadi panggung pemain-pemain berharga mahal.

Bergulir pada Juni-Juli, Euro 2020 bertepatan dengan jendela transfer musim panas. Ini berarti para pemain akan berusaha menampilkan permainan terbaik agar bisa memikat klub-klub besar untuk musim depan.

Berkaca dari kompetisi sejenis sebelumnya, bisa dipastikan harga pemain yang bersinar akan melonjak. Mereka juga akan menjadi medan perebutan beberapa klub kaya yang memiliki ambisi untuk merajai liga domestik mapun ajang internasional musim berikutnya.

Untuk Euro 2020, ada beberapa tim yang memiliki skuad berharga sangat mahal. Mereka adalah negara-negara besar yang selama ini memang dikenal memiliki banyak pemain binyang. 

Berikut ini peringkat 5 negara peserta Euro 2020 dengan nilai skuad paling mahal:


5. Portugal (872,5 juta euro)

Portugal memiliki sejumlah nama besar individu yang sangat berbakat dan komposisi skuad mereka saat ini banyak dihuni anak-anak muda potensial. Jika ditotal, harga jual seluruh pemain Portugal sesuai pasar saat ini adalah 872,5 juta euro (Rp15,1 triliun).

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, adalah pemain paling berharga di tim. Valuasi pasar transfernya mencapai 90 juta euro (Rp1,5 triliun). Kemudian, disusul penyerang Atletico Madrid, Joao Felix, dengan 80 juta euro. Ada lagi Ruben Dias (75 juta euro).

lalu, bagaimana dengan sang maskot, Cristiano Ronaldo? Pemain Juventus itu hanya dihargai 45 juta euro saat ini. Itu karena usianya sudah menginjak 36 tahun.


4. Spanyol (906 juta euro)

Setelah tersingkir menyakitkan di Piala Dunia 2014 dan tidak bisa lolos dari babak 16 besar Euro 2016 serta Piala Dunia 2018, ini waktu yang tepat bagi Spanyol untuk tegak kembali. Mereka memiliki skuad dengan harga pasar 908 juta euro (Rp15,7 triliun).

Itu membuat Spanyol memiliki salah satu skuad terkuat menuju Euro 2020. Gelandang Atletico Madrid, Marcos Llorente, menjadi pemain dengan valuasi bursa transfer tertinggi saat ini. Dia dihargai 80 juta Euro (Rp1,3 triliun).

Pemain sayap Real Sociedad, Mikel Oyarzabal; gelandang bertahan Manchester City, Rodri; serta pemain muda Barcelona, Pedri, semuanya bernilai 70 juta Euro.

Selain itu, pasukan Luis Enrique juga memiliki setidaknya 12 bintang muda yang memiliki valuasi lebih dari 40 juta euro. Lalu, ada pula Koke, Ferran Torres, dan Pau Torres yang semuanya bernilai minimal 50 juta euro.


3. Jerman (936,5 juta euro)

Die Mannschaft memiliki banyak pemain sepakbola kelas dunia, yang jika ditotal seharga 936,5 juta euro (Rp16,2 triliun). Sayangnya mereka belum mampu mengumpulkan sumber daya mereka untuk hasil yang baik.

Euro 2020 bisa menjadi turnamen bagi Jerman untuk membuat comeback gemilang. Sebab, mereka memiliki perpaduan hebat antara bakat-bakat muda dan pengalaman para pemain senior.

Gelandang Bayern Muenchen, Joshua Kimmich, menjadi pemain dengan valuasi tertinggi di tim asuhan Joachim Loew itu. Dia dihargai 90 juta euro (Rp1,5 triliun). Gelandang tengah, Leon Goretzka, berada di urutan kedua dengan valuasi 70 juta euro. Lalu, pemain sayap menyerang, Serge Gnabry, dan gelandang serang, Kai Havertz, masing-masing dihargai 70 juta euro.

Timo Werner dan Leroy Sane adalah dua berikutnya dalam daftar teratas. Mereka memiliki harga 65 juta euro dan 60 juta euro.


2. Prancis (1,03 miliar euro)

Prancis adalah salah satu favorit untuk memenangkan Euro 2020. Tim asuhan Didier Deschamps ini memiliki sebagian besar skuad yang sama saat memenangi Piala Dunia 2018 dan sebagian besar dari mereka masih berada di puncak performa. Skuad mereka bernilai total 1,03 miliar euro (Rp17,8 triliun).

Kylian Mbappe menjadi pemain dengan valuasi tertinggi di turnamen ini. Pemain berusia 22 tahun itu dihargai 160 juta euro (Rp2,7 triliun). Yang tertinggi kedua adalah bek tengah Real Madrid, Raphael Varane, yang diperkirakan akan meninggalkan Los Blancos musim panas ini.

Kingsley Coman juga dihargai 65 juta euro. Lalu, gelandang Manchester United, Paul Pogba; bintang Barcelona, Antoine Griezmann; dan bek tengah Sevilla, Jules Kounde, memiliki nilai 60 juta Euro.

N'Golo Kante, yang sedang dalam performa terbaik, dihargai 55 juta euro dan Ousmane Dembele, yang nilainya telah turun drastis selama beberapa musim terakhir, masih dihargai 50 juta euro.


1. Inggris (1,27 miliar euro)

Inggris memiliki salah satu skuad termuda di Euro 2020. Itu juga menjadi alasan utama  mengapa mereka berada di urutan teratas daftar ini. The Three Lions punya skuda dengan n ilai total 1,27 miliar euro (Rp22 triliun)

Kapten mereka dan penyerang tengah Tottenham Hotspur, Harry Kane, dihargai sangat mahal, yaitu 120 juta euro (Rp2,079 triliun). Valuasi pemain sayap Borussia Dortmund, Jadon Sancho, adalah 100 juta euro dan diikuti oleh Raheem Sterling dari Manchester City dengan 90 juta euro.

Pemain depan Manchester United, Marcus Rashford, dihargai 85 juta euro. Sementara Phil Foden memiliki harga 80 juta euro.

(gigih imanadi darma/mit)

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen