5 Rekor Lionel Messi yang Tak Mungkin Dipecahkan Cristiano Ronaldo

"Ronaldo yang sekarang berusia 36 tahun dan Messi yang berusia 33 tahun, telah mendekati akhir kariernya."

Feature | 10 June 2021, 15:53
5 Rekor Lionel Messi yang Tak Mungkin Dipecahkan Cristiano Ronaldo

Libero.id - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah mendominasi panggung sepak bola selama hampir satu setengah dekade. Persaingan abadi antara keduanya telah menjadi suguhan mutlak bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Ronaldo yang sekarang berusia 36 tahun dan Messi yang berusia 33 tahun, telah mendekati akhir kariernya dan mungkin saja kita tidak akan melihat keduanya bermain lagi di beberapa tahun mendatang.

Kendati begitu, untuk saat ini, meskipun keduanya telah melewati usia produktif, mereka terus memecahkan rekor dan mempertahankan tempat mereka di antara yang terbaik dalam dunia sepak bola. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah dua pesepakbola terhebat sepanjang masa dan banyaknya rekor yang telah dipecahkan oleh duo ini sebagai bukti kemampuan mereka yang hampir seperti ‘manusia super’.

Dilansir dari sportskeeda.com, berikut 5 rekor Lionel Messi yang mungkin tidak akan dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo,

5.Penghargaan Sepatu Emas Eropa: 6 penghargaan

Sepatu Emas Eropa diberikan kepada pemain yang mencetak jumlah gol terbanyak dalam satu musim di semua liga di seluruh benua. Ketika Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berada di masa produktifnya, keduanya saling bertukar tempat dalam perebutan Sepatu Emas.

Cristiano Ronaldo pertama kali meraih penghargaan tersebut bersama Manchester United pada musim 2007/08. CR 7  kemudian memenangkan Sepatu Emas Eropa sebanyak tiga kali, yakni di musim 2010/11, 2013/14 dan 2014/15. Saat itu, Ronaldo unggul atas La Pulga karena pria Argentina hanya memiliki tiga penghargaan.

Tapi Messi memenangkan penghargaan tersebut dalam tiga musim berturut-turut dari musim 2016/17 hingga 2018/19. La Pulga sekarang telah memenangkan enam Penghargaan Sepatu Emas Eropa, meskipun Ronaldo terus menjadi pencetak gol yang produktif, sepertinya ia tidak akan pernah menjadi pencetak gol terbanyak di Eropa lagi. Musim ini, Robert Lewandowski yang mencetak 41 gol sukses menyabet penghargaan individu bergengsi itu, dan Ronaldo hanya finis di urutan ketiga sementara Messi berada di urutan kedua. Sekarang CR 7 telah berusia 36 tahun, hampir tidak mungkin baginya untuk melanjutkan dan memenangkan tiga Sepatu Emas Eropa lagi.

4.Kemenangan Ballon d'Or Terbanyak Berturut-turut: 4 kali

Dari 2008 hingga 2019, hanya Luka Modric yang mampu mematahkan duopoli Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo atas Ballon d'Or. Setelah Cristiano Ronaldo memenangkan hadiah individu paling bergengsi dalam sepak bola dua kali berturut-turut, Lionel Messi kemudian memenangkannya empat kali berturut-turut dari 2009 hingga 2012. Ini adalah rekor yang sangat tidak mungkin dipecahkan oleh Ronaldo. Kapten Portugal itu harus memulai dari awal karena kemenangan Ballon d'Or terakhirnya terjadi pada tahun 2017. Di usianya, memenangkan empat Ballon d'Or berturut-turut adalah hal yang mustahil.

3. Jumlah gol terbanyak untuk satu klub : 672 gol

Dengan sepak bola yang telah mengalami banyak perubahan dan gagasan 'pemain satu klub' hampir tidak ada saat ini, Lionel Messi telah memainkan seluruh karirnya di Barcelona sementara Cristiano Ronaldo telah bermain untuk Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid dan Juventus.

Kedua mega bintang itu memiliki karir yang sukses dimana mereka bermain, namun La Pulga memiliki rekor unik yang hanya dirinya seorang yang punya. Yap, Messi telah mencetak 672 gol untuk Barcelona selama 17 tahun mengabdi. Messi sukses memecahkan rekor Pele dengan 643 golnya di bulan Desember 2020 lalu. Cristiano Ronaldo telah mencetak 450 gol dalam 438 pertandingan untuk Real Madrid. Ia berada di urutan ke-10 dalam daftar pemain dengan jumlah gol terbanyak untuk satu klub. Ronaldo adalah satu-satunya pemain aktif di 10 besar, tapi kini ia tidak lagi membela Los Blancos, oleh karena itu mustahil bagi Ronaldo untuk memecahkan rekor milik Lionel Messi ini.

2. Jumlah gol terbanyak dalam satu tahun kalender: 91 gol

Ada saatnya Messi membuat sepak bola tampak begitu mudah untuk dimainkan. Kapten Argentina itu terbiasa melewati pemain bertahan dan kiper lawan seperti tidak ada perlawanan. Di tahun 2012, Messi berada di puncak permainannya, dan rekor dengan jumlah gol terbanyak dalam satu tahun kalender pun tercipta. Messi yang memenangkan Ballon d'Or keempatnya pada 2012, sukses mencetak 91 gol yang luar biasa di tahun kalender itu. La Pulga memecahkan rekor Gerd Muller dengan 85 gol dalam satu tahun kalender. Sementara Ronaldo terakhir kali mencetak lebih dari 50 gol dalam satu tahun kalender adalah pada 2017 lalu dan jumlahnya terus menurun sejak itu. Mengingat bahwa ia sudah tak lagi muda, tampaknya tidak mungkin untuknya untuk melakukan hal yang sama seperti Messi pada tahun 2012 lalu.

1. Jumlah pemenang Ballon d'Or terbanyak: 6 penghargaan

Untuk Ballon d'Or, Lionel Messi bisa dikatakan lebih unggul daripada CR 7 karena ia telah mengkoleksi 6 penghargaan, sementara Ronaldo hanya memiliki 5 penghargaan. Pada tahun 2020, penghargaan yang dibuat oleh majalah France Football itu dibatalkan tetapi tidak satu pun dari keduanya yang difavoritkan untuk memenangkannya karena Robert Lewandowski yang tampil gacor bersama Bayern Muenchen memang lebih layak untuk menang.

Pada tahun 2021, sulit untuk memprediksi siapa pemenangnya. Dengan Euro dan Copa America yang akan berlangsung pada bulan Juni, masih ada kemungkinan Messi dan Ronaldo akan keluar sebagai pemenang, namun agaknya presentase kemenangan kecil. Ronaldo sudah melewati masa jayanya dan kecil kemungkinan ia akan memenangkan dua Ballon d'Or lagi. Juventus yang musim ini terseok-seok juga sedang mecnoba melakukan revitalisasi tim, jelas sangat dibutuhkan upaya luar biasa dari Bianconeri untuk memenangkan beberapa trofi utama di musim depan agar bisa membantu Ronaldo memenangkan Ballon d'Or lagi. Di sisi lain, CR 7 juga harus mengalahkan pemain seperti Robert Lewandowski, Lionel Messi, Erling Haaland, dan Kylian Mbappe dalam prosesnya.

(muflih miftahul kamal/mon)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network