Rekor Cristiano Ronaldo dalam Sejarah Euro

"Masih ada rekor lain yang dapat dipecahkan CR7."

Feature | 16 June 2021, 23:18
Rekor Cristiano Ronaldo dalam Sejarah Euro

Libero.id - Portugal terus berusaha keras mempertahankan gelar Eropa mereka. Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, menjadi motor penggerak Seleccao das Quinas setelah melalui laga pertama penyisihan grup Euro 2020 dengan sempurna.

Ronaldo berhasil mencetak rekor pribadi, khususnya saat membawa Portugal melibas Hungaria di laga pembuka Grup F. Juara bertahan itu menang 3-0, di mana dua gol disumbangkan oleh pemain berjuluk CR7 tersebut.

Keberhasilan itu membawanya menorehkan catatan tersendiri di pesta sepakbola terakbar Benua Biru tersebut. Berikut adalah beberapa catatan rekor yang berhasil ditorehkan CR7:

1. Pencetak gol terbanyak dalam sejarah Euro

Ronaldo memecahkan rekor gol terbanyak yang dicetak di putaran final Euro musim panas ini. CR7 berhasil melampaui gol milik Legenda Prancis, Michael Platini, setelah mengoleksi 11 gol. Pemain berusia 36 tahun itu meninggalkan Platini dengan sembilan gol.

Sejarah tentu saja menguntungkannya mengingat Ronaldo masih aktif bermain hingga sekarang. Ronaldo menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah turnamen yang berhasil mencetak gol dalam empat turnamen Eropa berturut-turut.

Dua gol dia cetak pada 2004, kemudian diikuti oleh satu gol pada 2008. Ketajamannya dalam mencetak gol makin terasah setelah mengoleksi tiga gol pada 2012 dan 2016.

CR7 kini makin dekat dengan torehan gol terbanyak di kancah internasional. Dia kini mengoleksi 106 gol, atau terpaut tiga gol dari legenda Iran, Ali Daei. Melihat ketajamannya saat ini, CR7 tinggal menunggu waktu memecahkan rekor tersebut.

2. Penampilan terbanyak dalam sejarah Euro

Hingga dia menjuarai Euro 2018, total Ronaldo sudah mencatatkan 21 penampilan di Euro. Jumlah itu merupakan caps terbanyak dari pemain mana pun dalam sejarah turnamen. Kini, seusai menghadapi Hungaria, jumlah penampilannya makin tak terkejar.

Dia berada tepat di atas Bastian Schweinsteiger dengan 18 penampilan dan Gianluigi Buffon, yang telah bermain 17 kali di Kejuaraan Eropa.

3. Kemenangan terbanyak di Euro

Ronaldo sempat memenangkan pertandingan dengan jumlah yang sama di Euro seperti Andres Iniesta dan Cesc Fabregas sebanyak 11 kali. Jumlah itu kini terpecahkan setelah CR7 menjadi satu-satunya pemain yang meraih jumlah kemenangan terbanyak di Euro.

CR7 sudah dipastikan akan melewati catatan itu. Bahkan, striker milik Juventus itu dipercaya akan menambah koleksinya walau bertarung dengan dua rival berat lainnya, yakni Prancis dan Jerman di Grup F.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network