Duel Inggris vs Skotlandia di Mata Mourinho, Dipenuhi Sarat Kepentingan sejak 1996

"Inggris hanya perlu menghormati Skotlandia untuk menang."

Feature | 18 June 2021, 16:40
Duel Inggris vs Skotlandia di Mata Mourinho, Dipenuhi Sarat Kepentingan sejak 1996

Libero.id - Inggris akan menjamu Skotlandia di penyisihan Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley dini hari ini. Jose Mourinho menilai pertandingan itu sarat kepentingan, sama seperti saat dirinya melihat Paul Gascoigne mencetak gol Inggris ke gawang Skotlandia di Euro 1996.

“Saya ada di sana (Euro 1996) ketika Inggris melawan Skotlandia dan Gazza mencetak gol itu. Jadi, saya tahu apa arti pertandingan ini,” ujar pelatih asal Portugal itu, seperti dilansir The Sun.

Mou menambahkan momen itu merupakan pertama kalinya pelatih AS Roma itu menyaksikan keindahan Wembley. Menurutnya, Wembley adalah tempat yang mistis.

“Saya baru saja tiba di Barcelona dan mereka meminta saya untuk pergi ke Inggris selama sebulan penuh,” ungkap Mou saat bertugas sebagai pemandu bakat El Barca.

Mou menilai pertarungan Inggris-Skotlandia luar biasa, sebelum pertandingan, hingga setelah pertandingan. “Saya beruntung saat itu, tidak ada yang mengenal saya. Saya bisa bepergian dan berjalan-jalan dengan bebas dan menikmati sisi lain dari sepakbola yang sangat indah,” tuturnya.

“Ketika saya tiba, saya sangat terkejut dalam arti yang baik. Dengan semangat dan suasana rumah yang penuh di stadion yang menakjubkan ini. Jadi, saya tahu apa arti pertandingan itu, terutama bagi Skotlandia,” ungkapnya.

Mereka sangat termotivasi dan mereka memiliki semangat Braveheart (seperti judul film tentang perjuangan masyarakat Skotlandia yang diperankan aktor Mel Gibson). Tetapi, dalam sepakbola sangat-sangat jarang keajaiban terjadi.

“Ketika saya mengatakan keajaiban, yang saya maksud adalah tim yang mengatasi perbedaan besar dalam kualitas. Bisakah Skotlandia pergi ke Wembley dan menang? Ya, karena ini adalah satu pertandingan sepakbola — tetapi tidak, karena Inggris adalah tim yang jauh lebih baik dengan pemain yang jauh lebih baik,” imbuhnya.

Ketika Anda jelas memiliki tim yang lebih kuat - dan berada dalam situasi yang jauh lebih baik, membutuhkan satu poin dari dua pertandingan. Sementara Skotlandia membutuhkan empat poin melawan dua tim terbaik di grup - satu-satunya hal yang dibutuhkan Inggris adalah menghormati lawan.

Anda harus percaya bahwa mentalitas Skotlandia dapat membuat tim mereka jauh lebih baik daripada jumlah bagiannya — tetapi Inggris jauh-jauh lebih baik.

Skotlandia didasarkan pada tiga pemain terbaik mereka - Kieran Tierney, Andy Robertson, dan Scott McTominay. Dan, tanpa Tierney melawan Republik Ceko, mereka dikurangi menjadi dua pemain berkualitas.

“Saya berharap lebih dari John McGinn dan Stuart Armstrong. Mereka adalah pemain Premier League yang bagus. Skotlandia adalah tim dengan mentalitas yang baik. Tetapi, tanpa bakat nyata, terutama dalam serangan,” timpal Mou.

“Saya terkejut saat Skotlandia melawan Ceko dalam cara mereka berjuang untuk membangun permainan. Kualitasnya tidak tinggi. Berbeda saat bertemu Inggris di Wembley, semangat mereka akan berlipat ganda. Skotlandia hanya perlu memahami permainan dengan serius,” cetus mantan pelatih Manchester United tersebut.

“Saya mengenal Pelatih Skotlandia, Steve Clarke, dengan sangat baik. Ketika saya pertama kali pergi ke Chelsea, saya meminta opsi untuk mempekerjakan satu pelatih yang mengenal klub dan negaranya untuk membantu saya beradaptasi. Saya diberi beberapa nama, saya mewawancarai mereka dan memutuskan Steve,” kenangnya.

“Dia sempurna untukku. Dia tahu para pemain, tim, budaya. Dia terintegrasi dengan sangat baik dengan staf saya (Portugal) dan sangat setia kepada saya dan klub,” tuturnya.

Di mata Mou, Clarke tanpa agenda apapun kecuali membantu tim. Dia adalah orang penting dalam mantra pertama di Chelsea. “Saya tahu apa arti Skotlandia baginya. Steve sangat pandai menyembunyikan emosinya, tetapi dia adalah pria yang sangat emosional. Dia sangat merasakan sifat dan tanggung jawab pekerjaan ini,” ungkapnya.

Lima puluh tahun yang lalu hanya Pele, Eusebio, dan Bobby Charlton yang bisa melakukan tembakan seperti itu. Sekarang, bolanya sangat ringan, bolanya terbang dan hampir semua pemain bisa melakukannya.

Namun, Schick sangat brilian. Itu mungkin tujuan turnamen karena keindahannya. “Jika kualitas penguasaan Anda sangat tinggi dan Anda tidak akan kehilangan bola dengan mudah, penjaga gawang dapat bermain lebih tinggi dan Anda memiliki satu pemain tambahan,” timpalnya.

Jika seperti Prancis, Anda memiliki Raphael Varane, Presnel Kimpembe, N'Golo Kante, Adrien Rabiot, serta Hugo Lloris. Mereka tidak akan pernah kehilangan bola. Tapi, ketika kualitas pemain di bawah tekanan serta berpotensi membuat kesalahan (seperti Skotlandia), lebih baik kiper tetap berada di titik penalti.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network