Kisah Pemain Berjuluk N'golo Kante dari Skotlandia

"Hampir tak masuk skuad Skotlandia, kini peran Gilmour justru sangat krusial"

Feature | 19 June 2021, 19:12
Kisah Pemain Berjuluk N'golo Kante dari Skotlandia

Libero.id - Dalam start pertamanya di Skotlandia, pemain muda Chelsea itu adalah "pemain terbaik di lapangan" menurut Graeme Souness, seorang pria yang tahu satu atau dua hal tentang menjadi seorang gelandang.

Gilmour yang genap berusia 20 tahun bulan ini, mungkin bahkan tidak akan masuk skuat jika Ryan Jack dan Kenny McLean tidak cedera. Tetapi ia memberikan penampilan yang menakjubkan dalam penampilan ketiganya saat Skotlandia bermain imbang dengan Inggris di pertandingan kedua Euro 2020.

Ketenangannya menghadapi bola, akurasi operan, dan keuletannya membuat para penggemar Skotlandia bersorak kepadanya. Beberapa fans mungkin merenungkan kenapa sejauh ini ia hanya memiliki kesempatan bermain melawan Belanda dan Luksemburg di laga internasional.

"Ya Tuhan, di atas sana. Tidak ada yang mengganggunya. Dia bisa memiliki caps sebanyak yang dia inginkan untuk Skotlandia." kata kapten Skotlandia Andy Robertson ketika ditanya tentang kinerja Gilmour.

Manajer Steve Clarke juga terkesan dengan penampilan Gilmour malah tadi dengan memberikan sebuah pujian.

"Kami tahu sebelum kami memasukkannya dia memang bisa bermain, Dia hanya mendapatkan momen yang tepat. Malam ini adalah momen besarnya dan dia mengambi kesempatan itu. Tentu tidak ada yang terkejut dengan itu." katanya.

Gilmour bersinar ditengah para pemain bintang Chelsea
Gilmour hanya membuat 22 penampilan tim utama untuk Chelsea, setelah bergabung dari Rangers pada tahun 2017 pada usia 16 tahun tanpa memainkan pertandingan seniornya saat itu.

Namun, saat benar-benar dimainkan ia hampir selalu tampil mengesankan. Manajer Chelsea sebelumnya Frank Lampard sangat vokal tentang kualitasnya dalam menguasai bola dan keberaniannya.

"Ketika dia bermain, Anda menyadari dia akan bermain di setiap pertandingan yang dimainkan Skotlandia mungkin untuk 10 tahun ke depan. Dia sebagus itu. Dia yang terkontrol, dan Skotlandia jauh lebih baik saat dia bermain." Kata mantan pemain sayap Skotlandia Pat Nevin di BBC Radio 5 Live.

Meskipun diganti 14 menit sebelum akhir, Gilmour menyelesaikan lebih banyak operan sukses daripada pemain Skotlandia lainnya (40), dengan tingkat keberhasilan 91%, hanya salah empat operan.

Dia juga melakukan intercept sebanyak delapan kali, lebih banyak dari pemain mana pun di lapangan. Itu adalah kinerja pemain tengah yang lengkap. Dan yang menurut Souness hal itu juga bisa dilakukan Inggris.

"Mereka membutuhkan Billy Gilmour. Mereka membutuhkan seorang maestro. Pemain terbaik di lapangan." Katanya di ITV.
Dan seolah-olah penghargaan itu belum cukup, pria kecil itu juga menjadi pemain dengan rating tertinggi yang dinilai oleh penonton BBC Sport dengan skor rata-rata 7,46.

"Saya punya ide untuk memulai latihan tetapi saya hanya diberitahu pada pertemuan terakhir sebelum datang ke pertandingan dan saya mengirim pesan teks kepada ibu dan ayah saya di bus. Saya sangat bangga untuk memulai dan datang ke sini dan melakukannya dengan sangat baik. bahkan lebih baik." kata Gilmour.

“Itu adalah penampilan hebat dari tim dan semua orang melakukan apa yang mereka butuhkan. Kami sudah bersemangat. Itu adalah pertandingan besar bagi kami dan kami tahu apa yang harus kami lakukan. Ini memberi kami kepercayaan diri untuk menghadapi pertandingan melawan Kroasia."

(diaz alvioriki/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network