Inilah Roman Yaremchuk, Calon Pengganti Zlatan Ibrahimovic di AC Milan

"Tampil bagus di Euro 2020. Cetak gol lawan Belanda dan Macedonia Utara. Kini, ditawar 3 klub Inggris dan 1 dari Italia."

Biografi | 21 June 2021, 15:44
Inilah Roman Yaremchuk, Calon Pengganti Zlatan Ibrahimovic di AC Milan

Libero.id - Menurut dua media Belgia, Sportwereld and Nieuwsblad, Direktur Teknik AC Milan, Paolo Maldini, telah menghubungi manajemen KAA Gent untuk Roman Yaremchuk. Mereka ingin meminjam dulu sebelum membeli dengan 15-16 juta euro (Rp256-273 miliar).

Roman Olehovych Yaremchuk lahir di Lviv, 27 November 1995. Berposisi sebagai penyerang dengan postur 191 cm. Itu cukup masuk akal untuk menyatakan bahwa Yaremchuk adalah pengganti Zlatan Ibrahimovic di San Siro.

Berasal dari Ukraina Barat yang berbatasan dengan Polandia, Yaremchuk adalah produk sekolah olahraga Karpaty Lviv dan Dynamo Kyiv. Pelatih pertama Yaremchuk adalah Mykola Dudarenko di Karpaty dan Oleksiy Drotsenko di Dynamo. Di dua akademi top Ukraina itu, dia menerima dasar-dasar sepakbola modern.

Pada 6 September 2008, Yaremchuk melakukan debut untuk Dynamo di kompetisi junior Ukraina. Dalam pertandingan pertamanya melawan Yunist Chernihiv dia mencetak dua gol. Musim itu Yaremchuk membuat 21 penampilan dan mencetak 10 gol.

Puas melihat penampilan di tim junior, Yaremchuk naik kelas ke tim satelit Dynamo, Dynamo-2, yang tampil di Divisi I (kasta kedua). Dia melakukan debut untuk Dynamo-2 ketika masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua melawan Desna Chernihiv pada 14 Juli 2013.

Dua tahun membela Dynamo-2, Yaremchuk dipinjamkan ke klub Liga Premier Ukraina (kasta tertinggi), Oleksandriya, pada 2016. Di klub yang berasal dari Provinsi Kirovohrad itu, karier Yaremchuk semakin melejit. Dia sempat terpilih menjadi Pemain Terbaik Bulan ini edisi Oktober 2016.

Berkat performa yang bagus, Yaremchuk langsung ditarik pulang Dynamo. Tapi, belum sempat bermain di tim utama, proposal transfer datang dari Belgia. Pada musim panas 2017, Yaremchuk menandatangani kontrak empat tahun dengan Gent di kompetisi kasta elite Belgia.

Bersama Gent, Yaremchuk melakukan debut kompetitif pada 27 Agustus 2017. Dia masuk sebagai pemain pengganti pada menit 86 untuk Mamadou Sylla dalam hasil imbang 0-0 dengan Anderlecht.

Lalu, Yaremchuk mencetak gol kompetitif pertamanya untuk klub pada 3 November 2017 dalam kemenangan 1-0 atas Standard Liège. Tapi, pada 20 Januari 2020, Yaremchuk menjalani operasi pada tendon achilles yang cedera.

Pemulihan memakan waktu 2-3 bulan dan setelah sembuh dia semakin moncer bersama Gent hingga terpilih masuk skuad Ukraina di Euro 2020.

Bertandem dengan Andriy Yarmolenko di lini depan Ukraina, Yaremchuk tampil bagus melawan Belanda. Dia mencetak gol penyema kedudukan 2-2. Sayang, Denzel Dumfries  membubarkan mimpi Ukraina lewat gol penentu kemenangan 3-2 di menit 85.

Performa Yaremchuk kembali moncer saat bertemu Macedonia. Bersama Yarmolenko, dia kembali mencetak gol. Beruntung, Macedonia hanya mampu membalas satu gol sehingga mereka menang 2-1.


Direkomendasikan langsung oleh Andriy Shevchenko

Keberadaan Andriy Shevchenko sebagai pelatih Ukraina tampaknya membuat jalan Yaremchuk membela Milan terbentang sangat luas di depan mata. Media-media Italia melaporkan, Shevchenko sendirilah yang merekomendasikan Yaremchuk kepada I Rossoneri. Kebetulan, Maldini sekarang yang bertanggung jawab di transfer window.

Laporan menyatakan, Maldini telah menghubungi orang-orang yang bertanggung jawab terhadap transfer Yaremchuk di Gent. Legenda Italia itu disebut telah mengajukan penawaran yang sedang dipertimbangkan klub.

Milan optimistis bisa meminang Yaremchuk. Alasannya, sang pemain dikabarkan memang ingin mengikuti jejak pelatihnya untuk merumput di San Siro. Apalagi, Yaremchuk sudah diskenariokan untuk menjadi pengganti Zlatan Ibrahimovic. Postur dan gaya main Yaremchuk dianggap mirip bintang Swedia itu. Bedanya hanya usia.

Namun, menurut media Belgia, Gent tidak terlalu tertarik dengan proposal Milan. Pasalnya, mereka hanya mengajukan loan selama semusim dengan opsi transfer seharga 15-20 juta euro. Padahal, Gent telah mematok harga pemilik 26 caps dan 10 gol untuk Ukraina 25 juta euro (Rp429 miliar).


Tiga klub Inggris siap membayar tunai

Selain faktor Gent, untuk mendapatkan Yaremchuk, Milan juga harus bersaing dengan tiga klub Liga Premier. Mereka adalah Newcastle United, West Ham United, dan Wolverhampton Wanderers. Beda dengan Milan, mereka siap membayar 25 juta euro tunai di musim panas ini.

Media-media sepakbola di Inggris menyatakan ketiga klub berminat mendapatkan Yaremchuk. Mereka disebut sedang mencoba mengirimkan proposal kepada agen Yaremchuk dan Gent.

Yaremchuk dianggap cocok di Newcastle karena Steve Bruce terkenal sebagai pelatih yang menyukai bermain dengan penyerang tinggi sebagai target man. Musim lalu, dia punya Andy Carroll yang berpostur 193 cm dan Joelinton (186 cm).

Alasan yang kurang lebih sama juga terjadi pada West Ham dan Wolves. Bahkan, sebelum bermain untuk Newcastle, The Hammers sempat mempekerjakan Carroll sebagai penyerang tengah yang berfungsi sebagai benteng pelindung bola bagi rekan-rekannya. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network