Selamat Ulang Tahun!

Bagaimana Peringkatnya? 10 Klub Terbanyak Sumbang Pemain Euro 2020

"Tidak ada Barcelona. Apalagi, Madrid. Arsenal dan Milan juga bukan. Jadi, tim mana saja? Ini daftarnya."

Feature | 21 June 2021, 17:11
Bagaimana Peringkatnya? 10 Klub Terbanyak Sumbang Pemain Euro 2020

Libero.id - Euro 2020 sudah berjalan hampir dua pekan. Ada banyak pertandingan menarik tercipta. Meski keras dan menegangkan, sportivitas tercium sangat menyengat. Salah satunya karena beberapa pemain membela klub yang sama sehingga memudahkan cairnya suasana.

Selain beberapa pemain dari Liga Super China dan Major League Soccer (MLS), semua pemain peserta Euro 2020 bermain liga-liga di Eropa. Ada yang merumput di kompetisi domestik. Tapi, sangat banyak yang bermain di kompetisi luar negeri.

Dengan penampilan bagus yang ditunjukkan, kesempatan para pemain ini untuk membela negara di ajang besar sekelas Euro 2020 terbentang luas di depan mata. Saat terpilih mereka memiliki kewajiban untuk membuat klub bangga lewat aksi-aksi memikat dan prestasi.

Berikut peringkat 10 besar klub penyumbang pemain terbanyak di Euro 2020:


10. Atalanta Bergamo

Jumlah: 9

Pemain: Matteo Pessina (Italia), Rafael Toloi (Italia), Remo Freuzer (Swiss), Joakim Mehle (Denmark), Aleksei Miranchuk (Rusia), Marten de Roon (Belanda), Ruslan Malinovskyi (Ukraina), Mario Pasalic (Kroasia) , Robin Gosens (Jerman)

Awalnya hanya Atalanta hanya memiliki sembilan pemain di Euro 2020. Tapi, Matteo Pessina bergabung pada menit-menit akhir untuk menggantikan salah satu pemain Italia yang cedera sehingga membuat La Dea memiliki sembilan pemain.

Jumlah itu lebih banyak dari sang juara Serie A, Inter Milan. I Nerazzurri menyumbang delapan pemain untuk enam negara. Mereka adalah Nicolo Barella dan Alessandro Bastoni di Italia. Lalu, Romelu Lukaku (Belgia), Christian Eriksen (Denmark), Stefan de Vrij (Belanda), Ivan Perisic dan Marcelo Brozovic (Kroasia), serta Milan Skriniar (Slovakia).


9. RB Leipzig

Jumlah: 9

Pemain: Yussuf Poulsen (Denmark), Marcel Sabitzer (Austria), Konrad Laimer (Austria), Dani Olmo (Spanyol), Emil Forsberg (Swedia), Marcel Halstenberg (Jerman), Lukas Klostermann (Jerman), Peter Gulacsi (Hungaria), Willi Orban (Hongaria)

RB Leipzig sebenarnya memiliki 10 pemain di Euro 2020 yang berasal dari lima negara. Sayang, salah satu pemain Hungaria, Dominik Szoboszlai, harus absen di menit-menit terakhir karena cedera.


8. Borussia Moenchengladbach

Jumlah: 10

Pemain: Yann Sommer (Swiss), Nico Elvedi (Swiss), Denis Zakaria (Swiss), Breel Embolo (Swiss), Stefan Lainer (Austria), Valentino Lazaro (Austria), Marcus Thuram (Prancis), Matthias Ginter (Jerman), Jonas Hofmann (Jerman), Florian Neuhaus (Jerman)

Borussia Moenchengladbach ibarat tim nasional Swiss mini. Itu karena klub Bundesliga yang berbasis di Borussia Park tersebut memiliki empat anggota Die Nati di Euro 2020. Sisanya, tiga dari Jerman, dua Austria, dan satu Prancis.


7. Borussia Dortmund

Jumlah: 10.

Pemain: Manuel Akanji (Swiss), Axel Witsel (Belgia), Thomas Meunier (Belgia), Thomas Hazard (Belgia), Thomas Delaney (Denmark), Jadon Sancho (Inggris), Jude Bellingham (Inggris), Mats Hummels (Jerman), Emre Can (Jerman), Raphael Guerreiro (Portugal)

Dua bakat muda Borussia Dortmund bermain untuk Inggris di Euro 2020, dengan Jadon Sancho dan Jude Bellingham. Bahkan, nama terakhir baru berusia 17 tahun.

Pemanggilan-pemanggilan pemain ke Euro yang berjumlah cukup signifikan menunjukkan kualitas dan level Dortmund di Eropa. Apalagi, mereka hanya kalah dari Bayern Muenchen sebagai klub terbanyak Bundesliga yang menyumbangkan pemain ke kompetisi akbar Benua Biru.


6. Manchester United

Jumlah: 10

Pemain: Daniel James (Wales), Luke Shaw (Inggris), Harry Maguire, Marcus Rashford (England), Dean Henderson (Inggris), Scott McTominay (Skotlandia), David de Gea (Spanyol), Victor Lindelof (Swedia), Paul Pogba (Prancis), Bruno Fernandes (Portugal)

Ada kemungkinan kuat bahwa pemain Manchester United dapat memenangkan Euro 2020 musim panas ini dengan Prancis, Portugal, Inggris, dan Spanyol yang diwakili. Apalagi, sejauh ini negera-negara tersebut masih memiliki kesempatan melaju ke fase selanjutnya.


5. Dynamo Kiev

Jumlah: 11

Pemain: Horhiy Bushchan (Ukraina), Serhiy Sydorchuk (Ukraina), Mykola Shaparenko (Ukraina), Illya Zabarnyi (Ukraina), Vittor Tyshankov (Ukraina), Vitaliy Mykolenko (Ukraina), Artem Besyedin (Ukraina), oleksandr Karavayev (Ukraina), Oleksandr Tymchuk (Ukraina), Denys Popov (Ukraina), Tomasz Kedegia (Polandia)

Dynamo Kiev memiliki jumlah pemain terbanyak untuk satu tim nasional, yaitu 10. Semuanya bermain untuk Ukraina. Hanya satu pemain (yang ke-11) membela Polandia di Euro 2020.

Itu wajar karena di Ukraina, sepakbola hanya dikuasai Dynamo dan Shakhtar Donetsk. Kedua klub besar juga memiliki filosofi berbeda. Dynamo sejak lama dikenal sebagai klub yang gemar memproduksi pemain lokal. Sedangkah Shakhtar adalah tim yang rajin belanja pemain asing, khususnya Brasil.


 

4. Juventus

Jumlah: 12

Pemain: Giorgio Chiellini (Italia), Federico Chiesa (Italia), Leonardo Bonucci (Italia), Federico Bernardeschi (Italia), Merih Demiral (Turki), Aaron Ramsey (Wales), Matthijs de ligt (Belanda), Wojciech Szczesny (Polandia) , Alvaro Morata (Spanyol), Dejan Kulusevski (Swedia), Adrien Rabiot (Prancis), Cristiano Ronaldo (Portugal)

Meski baru saja kehilangan gelar juara Serie A, bukan berarti Juventus juga kehilangan status elite sebagai klub Italia penyumbang pemain terbanyak ke Euro 2020. La Vecchia Signora juga berstatus juara dan runner-up bertahan Euro karena keberadaan Cristiano Ronaldo serta Adrien Rabiot. Unik!


3. Bayern Muenchen

Jumlah: 14

Pemain: David Alaba (Austria), Robert Lewandowski (Polandia), Benjamin Pavard (Prancis), Corentin Tolisso (Prancis), Kingsley Coman (Prancis), Lucas Hernandez (Prancis), Manuel Neuer (Jerman), Joshua Kimmich (Jerman), Serge Gnabry (Jerman), Jamal Musiala (Jerman), Niklas Suele (Jerman), Leon Goretzka (Jerman), Leroy Sane (Jerman), Thomas Mueller (Jerman)

Bayern Muenchen berkontribusi pada delapan dari pasukan Jerman. Tapi, mereka juga memiliki pemain lain yang membela klub lain.

Uniknya, ini adalah Euro terakhir David Alaba sebagai punggawa FC Hollywood. Bek dan kapten Austria itu sudah memastikan pindah ke Estadio Santiago Bernabeu untuk musim 2021/2022. Alaba akan mengisi tempat yang baru saja ditinggalkan Sergio Ramos lantaran menolak perpanjangan kontrak dari Florentino Perez.


2. Manchester City

Jumlah: 14

Pemain: Kevin de Bruyne (Belgia), Nathan Ake (Belanda), Oleksandr Zinchenko (Ukraina), Kyle Walker (Inggris), John Stones (Inggris), Raheem Sterling (Inggris), Phil Foden (Inggris), Ferran Torres (Spanyol), Eric Garcia (Spanyol), Rodri (Spanyol), Aymeric Laporte (Spanyol), Ilkay Gundogan (Jerman), Ruben Dias (Portugal), Bernardo Silva (Portugal)

Normal jika Manchester City menjadi salah satu klub penyumbang pemain terbanyak di Euro 2020. Mereka adalah klub terbaik di Inggris dengan trofi Liga Premier dan Piala Liga yang baru saja didapat. The Citizens juga menjadi finalis Liga Champions terbaru.

Selain itu, kekuatan uang sang pemilik klub, Sheikh Mansour, memungkinkan Pep Guardiola membeli banyak pemain dari seluruh penjuru Eropa. Lihat saja dalam skuad Euro 2020! Mereka diwakili dari negera Eropa Timur (Oleksandr Zinchenko) hingga ujung barat (Ruben Dias, Bernardo Silva).


1. Chelsea

Jumlah: 15

Pemain: Jorginho (Italia), Emerson Palmieri (Italia), Andreas Christensen (Denmark), Mateo Kovacic (Kroasia), Mason Mount (Inggris), Ben Chilwell (Inggris), Reece James (Inggris), Billy Gilmour (Skotlandia), Cesar Azpilicueta (Spanyol), Olivier Giroud (Prancis), N'Golo Kante (Prancis), Kurt Zouma (Prancis), Antonio Ruediger (Jerman), Kai Havertz (Jerman), Timo Werner (Jerman)

Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, dan Jerman semuanya diwakili oleh Chelsea di Euro 2020, dengan spektrum luas talenta tua dan muda di seluruh tim papan atas. Kekuatan uang Roman Abramovich memungkinkan The Blues mengumpulkan pemain-pemain hebat dari banyak negara anggota Uni Eropa. 

Jadi, jangan heran jika pemain-pemain klub London Barat kembali berada di pertandingan puncak kompetisi elite antarnegara di Benua Biru tahun ini!

(andri ananto/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan