Deschamps Perintahkan Mbappe Gantikan Griezmann Jadi Eksekutor Feekick

Berita | 22 June 2021, 17:27
Deschamps Perintahkan Mbappe Gantikan Griezmann Jadi Eksekutor Feekick
Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe

"Ini aneh. Tak pernah cetak gol lewat tendangan bebas, tapi diberi hak jadi penendang. Apa alasannya?"

Libero.id - Didier Deschamps mengambil keputusan mengejutkan untuk pertandingan terakhir Prancis melawan Portugal. Pelatih yang membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 tersebut memutuskan memberi Kylian Mbappe hak untuk menjadi penendang freekick menggantikan Antoine Griezmann. 

Kebijakan yang menuai tanda tanya dari banyak suporter Les Bleus. Bagaimana mungkin pemain yang tidak pernah mencetak gol dari tentangan bebas ditugaskan jadi eksekutor?

Tugas baru Mbappe lahir dari situasi tendangan bebas mulai menjadi bukti evaluasi dari hasil imbang 1-1 yang mengejutkan melawan Hungaria. Saat itu, Les Bleus bahkan nyaris kalah jika Griezmann tidak mencetak gol penyeimbang di babak kedua. 

Menurut stasiun radio yang berbasis di Prancis, RMC, perubahan itu bersifat permanen. RMC telah melaporkan bahwa Griezmann masih akan terus melakukan tendangan bebas yang dimaksudkan sebagai umpan silang (tembakan bebas tidak langsung). Sementara Mbappe menendang langsung ke gawang (tembakan bebas langsung). 

Situasi ini aneh. Pasalnya, dalam karier profesional bersama timnas senior, timnas junior, AS Monaco, maupun PSG, Mbappe belum pernah memiliki catatan berhasil menjebol jala lawan lewat tendangan bebas langsung. 

Sebaliknya, Griezmann telah menjelma menjadi penendang bebas langsung maupun tidak langsung yang jempolan. Bahkan, dia mendapatkan latihan tendangan bebas di Barcelona karena kehadiran Lionel Messi. 

Meski Griezmann juga gagal mencetak gol dari bola mati untuk negaranya, mantan pemain Real Sociedad tersebut pernah mencetak sejumlah tendangan bebas yang menarik untuk Atletico Madrid sebelum pindah ke Nou Camp pada 2019. Dan, di Barcelona, ilmu Griezmann semakin bertambah berkat La Pulga.

Karena itu, beberapa orang Prancis mempertanyakan keputusan Deschamps. Mereka bertanya, mengapa tanggung jawab Griezmann tidak diberikan kepada full back seperti Lucas Digne. Dia adalah eksekutor jempolan di Everton.

Kontributor PSG Talk, Carl-Oscar Kallstrom, menyebut masih ada beberapa pemain yang lebih pantas dari Griezmann. "Fakta bahwa Mbappe berada di tendangan bebas untuk Prancis mengatakan banyak tentang statusnya di skuad," ujar Kallstrom melalui Twitter.

"Dia bukan penembak jarak jauh yang hebat dan bukan pengambil tendangan bebas yang baik. Mereka memiliki Griezmann, Pogba, Digne, dan Benzema di dalam tim," tambah pria keturunan Swedia tersebut.

Prancis saat ini memimpin Grup F dengan empat poin setelah dua pertandingan menyusul kemenangan 1-0 mereka atas Jerman dan hasil imbang dengan Hungaria. Mereka akan menghadapi juara bertahan Portugal pada Kamis (24/6/2021) dini hari WIB.

Dengan situasi seperti itu, Jerman lebih diuntungkan karena "hanya" melawan Hungaria. Sementara Prancis dan Portugal harus bertempur hidup-mati. Ini sepertyi ulangan final Euro 2016.

(diaz alvioriki/anda)

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen