Momen Wasit Jadi Man of the Match Kemenangan Brasil atas Kolombia

"Sebelum gol tercipta, bola mengenai wasit. Lalu, bagaimana aturan yang sebenarnya"

Berita | 24 June 2021, 15:51
Momen Wasit Jadi Man of the Match Kemenangan Brasil atas Kolombia

Libero.id - Dalam pertandingan lanjutan Copa America 2021 Grup B, Kamis (24/6/2021) pagi WIB, Brasil berhasil mengamankan status sebagai pemuncak klasemen lewat kemenangan dramatis yang kontroversial atas Kolombia. Skornya, 2-1.

Kolombia sempat memimpin laga lewat gol akrobat yang dicetak Luis Diaz di menit 10 dengan memanfaatkan umpan Juan Cuadrado. Tapi, tim Samba mampu menunjukkan dominasinya dengan membalikkan keadaan lewat dua gol balasan yang dicetak Roberto Firmino (78) dan Casemiro (90+10).

Kemenangan itu memastikan Brasil melaju ke perempat final sekaligus mempertahankan rekor 100% pada turnamen antarnegara Amerika Latin tersebut. Selecao juga berhasil memperpanjang rekor kemenangan menjadi 10 pertandingan.

Masalahnya, tidak seperti kemenangan di laga-laga sebelumnya, skor 2-1 atas Los Cafeteros justru memunculkan polemik yang kurang baik bagi citra tuan rumah dan COMENBOL. Itu karena gol Firmino tercipta setelah sang wasit asal Argentina, Nestor Pitana, membelokkan arah bola.

Kolombia sangat marah dengan kejadian itu. Beberapa pemain memprotes ketika Pitana secara tidak sengaja mengintervensi pertandingan atas terciptanya gol penyeimbang Brasil.

Bola sempat mengenai wasit saat Neymar mencoba melakukan operan ke Firmino. Bola yang mebentur kemudan berbelok ke arah Lucas Paqueta sebelum akhirnya memberikannya ke Renan Lodi untuk dikirim ke kotak pinalti. Di sana, Firmino berhasil mengkonversikan menjadi gol.


Tanggapan Kolombia atas gol Firmino

Pada sesi konferensi pers selepas pertarungan, Pelatih Kolombia, Reinaldo Rueda, memberi tanggapan atas kejadian tersebut. "Dua gol yang dicetak Brasil adalah situasi yang berbeda. Saya pikir wasit menyebabkan gangguan pada para pemain," kata Rueda.

"Brasil harus keluar untuk menemukan jalan kembali ke permainan. Mereka memiliki penguasaan bola yang baik dan para pemain yang masuk memiliki pengaruh. Itu mungkin mengapa babak kedua berbeda. Tapi, kami tajam dan pada akhirnya sangat disayangkan bahwa hasilnya tidak dapat dicapai," tambah Rueda.


Reaksi di media sosial

Beberapa pengamat sepakbola juga memberikan tanggapan yang beragam atas gol Firmino. Seperti yang dikatakan oleh Juan Arango yang mengatakan keputusan wasit Pitana dinilai buruk. "Normal jika gol itu tidak dapat diterima oleh pemain-pemain Kolombia," ucap mantan pemain Venezuela tersebut.


Bagaimana aturannya saat pertandingan terganggu wasit?

Menurut aturan CONMEBOL, bola harus dianggap keluar dari permainan jika telah sepenuhnya melewati garis sentuh, baik di tanah maupun di udara. Kedua, permainan dihentikan oleh wasit. Ketiga, menyentuh anggota badan wasit, maka bola tetap berada di lapangan permainan dan tim yang terakhir menguasai bola berhak melanjutkan serangan.

Dalam semua kasus di atas, yang terjadi sebelum terciptanya gol Firmino seharusnya permainan dihentikan sejenak untuk kemudian dilanjutkan kembali dengan bola yang dijatuhkan wasit.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network