Selamat Ulang Tahun!

Peringkat 50 Bek Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

"Klan Maldini menjadi satu-satunya yang terbaik."

Feature | 27 June 2021, 18:50
Peringkat 50 Bek Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Libero.id - Posisi striker seringkali lebih dominan diperbincangkan publik ketimbang posisi lainnya. Alasannya sederhana, karena mereka lebih banyak mencetak gol. Namun, perlu diketahui sebelum seorang striker mencetak gol, mereka harus berhadapan dengan para pemain di posisi pertahanan.

Begitu banyak striker terbaik dunia gagal memaksimalkan kesempatan emasnya saat berhadapan dengan bek tangguh. Mereka seolah hendak membuktikan bahwa posisi bek layak diperbincangkan.

Jangan anggap remeh posisi bertahan, karena dunia mengetahui seni strategi terpopuler dalam sepakbola setelah menyerang adalah bertahan. Ketika upaya striker terbaik dunia digagalkan, maka disitu bersinar nama besar seorang bek kelas elite.

Harus diakui bahwa pemain yang bertugas di posisi bertahan lebih menguras konsentrasi dan kemampuan fisik lebih besar ketimbang posisi lainnya. Pasalnya, duel-duel keras perebutan bola terjadi lebih dominan di posisi pertahanan.

Tidak hanya itu, posisi pertahanan seringkali digunakan untuk membangun kembali pola permainan tim. Itulah mengapa posisi bek bukan peran mudah, karena medan tugasnya begitu berat. Namun, dari situ akar posisi tersebut terlihat begitu indah.

Salah satu superstar sepakbola kelas elite dalam posisi pertahanan adalah legenda Italia, Paolo Maldini, yang merayakan ulang tahunnya ke-53, pada 26 Juni 2021.

Maldini mendedikasikan hidup dan kariernya untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan andalnya di posisi pertahanan, sehingga tidak mengherankan jika Maldini menjadi sangat populer di masa jayanya. Sebuah tembok besar yang kokoh dan tanpa celah. Ungkapan itu sepertinya sangat cocok untuk menggambarkan betapa hebatnya dia di posisi pertahanan.

Namun, bek terbaik dalam sejarah sepakbola bukan Maldini seorang. Menjadi hal yang sangat menarik ketika Maldini disandingkan dengan sederet bek terbaik dunia lainnya. Apakah dia masih menjadi nomor satu?

Berikut 50 peringkat bek terbaik dunia sepakbola:

50. Marcelo

49. Maicon

48. Paul Breitner

47. Riccardo Ferri

46. Antonio Cabrini

45. Philipp Lahm

44. Miodrag Belodedici

43. Karl-Heinz Schnellinger

42. Jaap Stam

41. Andreas Brehme

40. Carles Puyol

39. Tarcisio Burgnich

38. Gary Neville

37. Wim Suurbier

36. Daniel Alves

35. Hans-Peter Briegel

34. Roberto Carlos

33. Paul Neal

32. Jurgen Kohler

31. Morten Olsen

30. Fabio Cannavaro

29. Roberto Rosato

28. Jamie Carragher

27. Thiago Silva

26. Carlos Alberto

25. Marius Tresor

24. Giuseppe Bergomi

23. Alan Hansen

22. Nilton Santos

21. Claudio Gentile

20. Sergio Ramos

19. Manfred Kaltz

18. Aldair

17. Lucio

16. Lilian Thuram

15. Mauro Tassotti

14. Fulvio Collovati

13. Gerard Pique

12. Alessandro Costacurta

11. Ruud Krol

10. Alessandro Nesta

Nesta adalah bek terbaik sekaligus aset paling berharga di klub. Tetap dingin saat berada di bawah tekanan dan begitu tenang saat memainkan bola di kakinya. Seberapa hebat dia di posisi bertahan akan lebih baik jika Lionel Messi menjawab langsung sulitnya mengalahkan Nesta.

9. Daniel Passarella

Kapten terbaik milik Argentina sekaligus ikon penting saat Argentina sukses meraih gelar juara di Piala Dunia 1978. Passarella pernah menjadi bek dengan skor tertinggi dalam sejarah sepakbola.

8. Cesare Maldini
Ayah Paulo Maldini ini serius mendidik klan Maldini menjadi generasi bek terbaik dalam dunia sepakbola. Cesare pun ikut menjadi yang terbaik di generasinya.

7. Giacinto Facchetti

Salah satu full-back sekaligus pencetak gol yang hebat. Facchetti berada di urutan kedua dalam perebutan Ballon d'Or 1956.

6. Frank Rijkaard

Tidak ada keraguan bahwa Rijkaard adalah pesepakbola kelas dunia, tetapi bek terbesar keenam sepanjang masa? Kami tidak begitu yakin, namun inilah fakta berdasarkan perolehan statistik selama masa tugas profesionalnya.

5. Bobby Moore

Berpotensi sebagai pemain terhebat yang pernah mengenakan seragam Inggris. Bobby merupakan bakat terbaik di generasinya.

4. Cafu

Legenda Brasil tersebut adalah satu-satunya pemain yang tampil di tiga final Piala Dunia berturut-turut.

3. Franz Beckenbauer

Salah satu dari sedikit orang yang pernah memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Beckenbauer adalah pembela Jerman yang abadi.

2. Franco Baresi

Kapten AC Milan selama 15 tahun tersebut sukses menunjukkan performa pertahanan terbaiknya saat melawan beberapa talenta penyerang kelas dunia.

1. Paulo Maldini

Superstar sekaligus seorang pahlawan sepakbola. Paulo Maldini tidak pernah melakukan kesalahan selama masa tugasnya di posisi tengah dan bek kiri. Seperti yang dikatakan sebelumnya, dia mengabdikan hidupnya untuk melatih kualitas dan kemampuannya di posisi bertahan. Semua itu dia lakukan unyuk menghancurkan para striker terbaik dunia yang mencoba melewatinya. Dia pun menjadi sangat ahli dalam posisinya.

The Greatest All of Time (GOAT) dalam posisi pertahanan sangat cocok disematkan di bekakang nama Paulo Maldini. Bahkan, hingga era sepakbola modern, nama besarnya tidak tergeser sejengkal pun sebagai bek terbaik sepanjang sejarah.

(muhammad alkautsar/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan