Catatan Rekor Italia Ketika Bertemu Belgia

"Di atas itu semua, yang jelas laga antar keduanya akan dijamin seru."

Analisis | 28 June 2021, 14:53
Catatan Rekor Italia Ketika Bertemu Belgia

Libero.id - Euro 2020 makin lama makin seru, dari fase grup ke 16 besar dan sebentar lagi babak perempat final. Beberapa negara telah memastikan lawan mereka untuk satu tiket berikutnya ke babak semi final. Belgia yang baru saja mengalahkan juara bertahan Portugal dengan skor tipis 1-0 dipastikan akan bertemu tim kuat lainnya yakni Italia, yang lebih dulu mengalahkan Austria 2-1.


Peremp final itu akan berlangsung pada hari Jumat (2/7) mendatang di Allianz Arena, Bayern Munich dan menjadi pertemuan ke-23 antara Italia dan Belgia.
22  pertemuan sebelumnya dibagi atas 14 kemenangan untuk Italia, empat hasil seri dan sisanya empat kisah sukses Belgia.
Dan dalam prosesnya Azzurri mencetak 43 gol dan kebobolan 24.

Pertemuan terakhir kedua negara juga di terjadi di Euro, dimana ketika kut Italia asuhan Antonio Conte melibas Belgia 2-0 dalam pertandingan grup pada 13 Juni 2016. Emanuele Giaccherini dan Graziano Pellè mencetak gol untuk Nazionale.

Italia juga mengalahkan Belgia 2-0 dalam pertandingan Euro lainnya pada Juni 2000. Hasil agak baik didapatkan Belgia dengan bermain imbang 0-0 di fase grup Euro tahun 80.

Terakhir momen Belgia mengalahkan Italia dalam pertandingan kompetitif adalah dengan skor 2-1, sewaktu bermain di kandang pada leg kedua play-off kualifikasi Euro pada Mei 1972. Tapi waktu berubah. Italia dan Belgia yang sekarang bukanlah Italia dan Belgia yang lama.

Secara hitung-hitungan, Italia kini tampak lebih menjanjikan, dengan skuad solid dan hampir seluruh pemain pernah dimainkan, Marco Verratti dan kolega diselimuti rasa percaya diri yang tinggi.

Sementara itu, dari sisi Belgia pelatih Roberto Martinez memiliki beberapa kekhawatiran, karena De Bruyne dan Eden Hazard dalam kondisi yang tak begitu bagus.


De Bruyne tampaknya memiliki masalah pergelangan kaki  setelah menerima beberapa tackle saat melawan Portugal dan Hazard terlihat sedang  tiba-tiba berhenti di tengah laga sambil memegangi hamstringnya, kini kedua pemain andalan Belgia itu diragukan tampil melawan Italia.

Tapi kabar baiknya, beberapa pemain Belgia cukup paham dengan gaya dan atmosfer sepak bola Italia terutama striker Inter Milan, Romero Lukaku dan andalan Napoli Dries Mertens.

Di atas itu semua, yang jelas laga antar keduanya akan dijamin seru.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network