Misi John Stones Membuktikan Diri sebagai Bek Tengah Kelas Dunia

"Sukses di klub belum lengkap jika tidak membawa negaranya juara."

Feature | 05 July 2021, 21:06
Misi John Stones Membuktikan Diri sebagai Bek Tengah Kelas Dunia

Libero.id - Sering dikatakan bahwa beberapa bek tengah adalah pemimpin yang hebat dan yang lainnya adalah mitra yang hebat.Virgil van Dijk termasuk dalam kategori itu, bek tengah Liverpool tampil cemerlang selama beberapa tahun terakhir. Dan dalam kategori yang sama, Anda mungkin akan menempatkan  Raphael Varane.

Juga untuk waktu yang lama, John Stones kerap dianggap sejajar dengan nama-nama di atas, ia hadir untuk memberikan ketenangan di lini belakang Manchester City. Namun faktanya, perjuangan Stones pasca Piala Dunia 2018, membuat namanya mulai banyak dipertanyakan,  apakah ia benar-benar bek tengah yang hebat?

Ada berbagai masalah yang menerpa Stones, cedera diantaranya, dengan Stones menghabiskan waktu yang lama di sela-sela kejayaan City, ia mengalami masalah pangkal paha, otot, pergelangan kaki dan banyak lagi.

Tetapi pada November 2020, ketika Aymeric Laporte yang tidak dalam performa terbaiknya, Stones diberi kesempatan kedua oleh Pep Guardiola, ia mulai dipercaya kembali masuk starting XI, dan dari sana, ia membangun kemitraan yang solid dengan Ruben Dias.

Stones memainkan peran penting ketika Manchester City menggondol gelar Liga Premier, ia berperan dalam tidak kurang dari 14 clean sheet.

“Dia berjuang untuk bahagia di sini. Terutama untuk cedera, untuk beberapa masalah pribadi dan untuk banyak alasan – kurangnya menit bermain karena saya tidak melihat dia seperti sekarang,” kata Guardiola tentang Stones pada Februari.

“Dulu, dia tidak seperti sekarang, dengan stabilitas, kebahagiaan, komitmen, dan fokus. Itu sebabnya saya memberikan banyak pujian kepadanya karena dia mengatasi situasi ini sendiri.

Menanggapi pujian itu, Stones dengan mantap berkata

“ Saya tahu siapa saya, saya tahu saya adalah bek tengah papan atas dan saya akan menunjukkan kepada Anda, Liga Premier, dan dunia bahwa saya bek tengah yang baik,"


Stones sejak itu berhasil menembus  timnas Inggris asuhan Gareth Southgate. Setelah absen sepanjang tahun 2020 di level internasional, Stones kembali ke tim Three Lions pada bulan Maret dan telah  mencatatkan tujuh caps.

Stones kini menopang pertahanan Inggris dan sejauh ini, pemain berusia 26 tahun itu tampil sempurna dalam membantu Inggris meraih empat clean sheet dari empat pertandingan.

Stones telah membuat lebih banyak clearance (10) dan memenangkan lebih banyak duel udara (12) daripada pemain Inggris lainnya di turnamen sejauh ini. Dia juga menempati urutan kedua di antara rekan satu timnya untuk intersepsi (4) dan ketiga untuk tekel (5).


“ Pengalamannya luar biasa,” kata pelatih Inggris. “Dia bermain sepak bola seperti level Liga Champions secara teratur sekarang, dia adalah pemenang gelar Liga Premier, dia adalah pemenang Piala FA, dia adalah pemenang Piala Liga dan saya mendapatkan tingkat pengalamannya yang sama sekali berbeda.”ucap

Mantan rekan setimnya di Everton, Romelu Lukaku baru-baru ini mentweet bahwa dia selalu tahu Stones adalah seorang yang hebat.

Mantan bek tengah Inter Milan Ivan Cordoba bahkan menyebut Stones sebagai salah satu bek tengah terbaik di dunia pada Mei lalu.

“Di Inggris, saya sangat menyukai John Stones dari Man City asuhan Pep Guardiola – bek yang sangat kuat,” katanya . “Dia adalah bek yang lengkap dalam segala hal yang dia lakukan. Saya pikir dia adalah salah satu yang terbaik di dunia!”

Pada usia 26, Stones bukan lagi prospek muda yang diingat oleh sebagian orang. Tapi ia sekarang menggunakan semua pengalaman itu, yang diperoleh melalui kesuksesan dan kesulitan, untuk menjadi salah satu pemimpin sejati di tim Inggris ini.

Saat Maguire sempat cedera, ia memandu pertahanan Three Lions dengan sempurna. Itu menggambarkan bagaimana Stones sekarang bisa membimbing orang-orang di sekitarnya, daripada menjadi seseorang yang egois.

Dengan Maguire sekarang telah pulih kembali, Stones menjadi lebih baik dan telah menemukan tandemnya kembali.

Ini adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa Stones telah kembali dari  tidur panjang. Hanya butuh 2 laga lagi untuk menghantarkan Inggris ke gelar yang mereka mimpikan sejak 55 tahun yang lalu, dan langkah itu bakal disumbang oleh jejak kaki John Stones.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network