Rahasia di Balik Taktik Spanyol Pasang Ferran Torres Jadi False 9

Berita | 07 July 2021, 10:36
Rahasia di Balik Taktik Spanyol Pasang Ferran Torres Jadi False 9
Luis Enrique & Ferran Torres

"Usai kalah, Enrique memberikan dukungannya kepada Italia untuk memenangkan Euro 2020"

Libero.id - Pelatih Spanyol, Luis Enrique mengkonfirmasi bahwa selama pertandingan menghadapi Gli Azzurri,  ia menggunakan False 9 setelah melihat bagaimana Italia menghentikan pergerakan Romelu Lukaku dengan begitu nyaman. Dia mengaku akan mendukung Lorenzo Insigne dan kawan-kawan di Final Euro 2020.

Skor menjadi 1-1 setelah 90 menit dengan Alvaro Morata masuk dari bangku cadangan untuk membatalkan kemenangan anak asuh Roberto Mancini melalui gol yang diciptakan oleh Federico Chiesa, namun tim Nazionale itu sukses memenangkan pertandingan melalui drama adu penalti.

“Senang untuk apa yang saya lihat, levelnya luar biasa antara dua tim berkualitas yang mencoba memainkan sepakbola yang bagus. Saya pikir itu adalah tontonan bagi para penggemar olahraga ini,” ujar Luis Enrique kepada RAI Sport.

“Saya mengucapkan selamat kepada Italia dan berharap mereka dapat menampilkan performa bagus lainnya di Final, mencoba memenangkan trofi.”

“Saya tidak menyesal. Setiap orang harus melakukan pekerjaannya dan melakukan semua yang dia bisa. Italia memulai dengan intensitas yang luar biasa, begitu pula kami, itu seperti dua mobil sport yang saling berlomba, head-to-head, dan beberapa sepak bola terbaik yang pernah kami lihat di Euro.”

Luis Enrique tampaknya benar-benar membuat Roberto Mancini kewalahan selama pertandingan dengan taktik False 9 yang diterapkannya pada Ferran Torres, meninggalkan Alvaro Morata dan Gerard Moreno di bangku cadangan. Inspirasi pelatih berusia 51 tahun itu menggunakan taktik False 9 sendiri muncul setelah melihat bagaimana Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci  dengan mudah membuat Lukaku ‘terpatung’ ketika mengalahkan Belgia 2-1 di babak perempat final Euro 2020 pada 3 Juli lalu.

“Saya melihat Chiellini dan Bonucci berurusan dengan Lukaku dan berpikir mungkin lebih baik saya tidak memasang satu orang yang menjadi poin referensi dengan menambah pemain lain di lini tengah. Itu adalah rencana yang bagus, kami mengatasi tekanan Italia dan bermain sangat baik.”

Sebelum melatih La Roja, Enrique pernah menghabiskan waktu satu musim di Italia sebagai pelatih AS Roma dan memberi hormat kepada Daniele De Rossi, yang sekarang menjadi anggota staf Mancini, sebelum kick-off di Wembley.

Ketika ditanya soal lawan Gli Azzuri pada laga final Euro 2020 antara Inggris atau Denmark, Enrique menjawab, “Itu tidak akan bagus untuk Inggris, tapi ya, saya akan mendukung Italia di Final.”

(muflih miftahul kamal/muf)

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen