Aneh! VAR Tidak Digunakan Wasit untuk Menilai Diving Sterling

"Apakah terjadi pelanggaran atau sengaja jatuh karena lelah? Dan, wasit tidak mau melihat VAR."

Viral | 08 July 2021, 05:09
Aneh! VAR Tidak Digunakan Wasit untuk Menilai Diving Sterling

Libero.id - Kontroversi mengiringi kemenangan Inggris atas Denmark. Penyebabnya, penalti Harry Kane di perpanjangan waktu dinilai pendukung tim Dinamit dan sejumlah pengamat sebagai hasil dari diving Raheem Sterling.

Inggris menghadapi Denmark di Wembley pada laga semifinal, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Tim Dinamit mengejutkan dengan mampu mencetak gol lebih dulu. Mereka memecah kebuntuan di menit 30 lewat sepakan bebas Mikkel Damsgaard. Tapi, The Three Lions mampu menyamakan kedudukan di menit 39 seusai Simon Kjaer membuat gol bunuh diri.

Selepas jeda, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir. Laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Pada perpanjangan waktu, Inggris mendapatkan hadiah penalti di menit 104. Eksekusi Harry Kane sempat bisa ditepis Kasper Schmeichel. Tapi, bola muntah langsung disambar Kane menjadi gol.

Sayang, keberhasilan Inggris ke final Euro untuk pertama kalinya harus diwarnai keraguan sejumlah orang. Berdasarkan rekaman pertandingan yang diputar berulang-ulang, tampaknya kontak fisik minimalis terjadi ketika Sterling bermanuver di kota terlarang Denmark.

BACA JUGA: Ada Dua Bola di Lapangan Sebelum Proses Penalti Sterling

Dalam tayangan itu terlihat Mathias Jensen dan Joakim Maehle mencoba mengambil bola dari kaki pemain Manchester City tersebut. Tapi, Sterling terjatuh dan berusaha meminta penalti. Sang pengadil lapangan, Danny Makkelie, dari Belanda, menunjuk titik putih.

Atas keputusan itu, para pemain Denmark memprotes. Mereka meminta Makkelie menggunakan VAR. Tapi, dia tidak melakukannya. Wasit hanya mendengarkan masukan dari operator tanpa berniat melihat layar VAR untuk memastikan sendiri apakah Sterling diving atau murni pelanggaran.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network