Respek! Kisah Fan Inggris Relakan Tiket Semifinal Menguap Demi jadi Pendonor Sel

"Gagal nonton Inggris vs Denmark demi tolong sesama. Kemanusiaan di atas segalanya!"

Feature | 09 July 2021, 11:39
Respek! Kisah Fan Inggris Relakan Tiket Semifinal Menguap Demi jadi Pendonor Sel

Libero.id - Dibalik arogannya suporter Inggris merayakan keberhasilan mencapai final Euro 2020, ternyata masih ada sosok yang bisa diteladani. Seorang pria pemegang tiket laga kontra Denmark, Sam Astley,  batal ke Wembley demi mendonorkan sel induknya bagi seorang penderita kanker. Respek!

Astley adalah warga Inggris dari Sedgley di West Midlands. Sebenarnya, dia merencanakan pergi ke Wembley untuk mendukung perjuangan The Three Lions. Dia sudah memiliki tiket. Semua atribut yang dibutuhkan sudah dikemas rapi.

Namun, satu hari sebelum pertandingan, Astley diberitahu bahwa dirinya harus menjalani operasi donor sel induk karena sang calon penerima yang menderita kanker darah, Simnon Wilkes, sudah siap. Operasi direncanakan berlangsung pagi hari setelah pertandingan. 

"Pacar saya memenangkan tiket gratis untuk menyaksikan pertandingan semifinal. Tapi, dengan keadaan saya yang harus melakukan donor hari ini, tidak ada alasan lain untuk menundanya," ujar Astley, dilansir BBC Sport.

Astley harus menjalani operasi transplantasi sel induk yang disponsori oleh sebuah badan amal bernama Anthony Nolan Trust, yang disokong Legenda Inggris, Gary Lineker. Itu adalah lembaga sosial di Inggris yang bekerja di bidang leukemia dan transplantasi sel induk hematopoietik. 

Salah satu tujuan utama badan amal ini adalah merekrut lebih banyak pendonor laki-laki. Pasalnya, mereka adalah yang paling mungkin dipilih oleh dokter untuk disumbangkan.  Saat ini Anthony Nolan Trust telah memiliki lebih dari 720.000 calon pendonor.

Pendaftaran untuk jadi pendonor sebenarnya dilakukan enam minggu sebelum pertandingan semifinal Euro 2020. Dengan senang hati Astley mendaftar sebagai calon donor. Dia hanya diberi tahu bahwa operasi bisa dilakukan kapan saja tergantung kesiapan sang pasien, dan Astley menyetujuinya.

Prosedur yang dilakukan Astley adalah dengan pengangkatan sumsum tulang yang mengandung sel induk dari tulang pinggulnya. Sel itu kemudian diberikan kepada sang pasien untuk membantunya mendapatkan kembali kekebalan untuk melawan sel kanker.

Aksi Astley dipuji oleh Anthony Nolan Trust, yang mengatakan komitmennya itu "luar biasa". "Astley telah menunjukkan kepada kita bahwa dia pahlawan sejati yang sebenarnya, dengan mengesampingkan kesempatan sekali seumur hidup untuk melihat Inggris bermain di Wembley demi menyelamatkan pasien kanker darah dan memberi kesempatan terbaik mereka untuk bertahan hidup. Kami tidak bisa cukup berterima kasih," kata Kepala eksekutif Anthony Nolan Trust, Henny Braund.

Bahkan, salah satu sponsor resmi Euro 2020, Vivo, mengatakan, akan mengganti tiket Astley di semifinal yang gugur dengan sebuah tiket ke pertandingan final kelas VIP. Perusahaan asal China itu mengatakan ingin berterima kasih kepada Astley atas "donasi tanpa pamrihnya yang menyelamatkan nyawa". 

Vivo memastikan telah mengatur agar Astley dan pacarnya dapat menghadiri final sebagai tamu khusus di tempat yang terhormat di stadion keramat itu. "Kami berharap keduanya menikmati pengalaman itu," tulis Vivo di akun Twitter.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network