5 Bintang Barcelona Siap Dilepas Akibat Masalah Finansial

"Philippe Coutinho hanya dilabeli Rp 40 miliar."

Feature | 13 July 2021, 11:42
5 Bintang Barcelona Siap Dilepas Akibat Masalah Finansial

Libero.id - Pandemi Covid-19 membombardir kondisi finansial dunia. Krisis keuangan seketika menjadi topik paling hangat diperbincangkan. Begitu halnya dengan dunia sepakbola, di mana sebagian klub raksasa Eropa mengaku mengalami kolaps dari sisi finansial.

Sebagian klub raksasa di Benua Biru seperti Juventus, Arsenal, Liverpool, Atletico Madrid, dan Manchester City telah melakukan perombakan hingga penghematan besar-besaran secara finansial tahun lalu. Mereka sengaja melakukan itu agar kondisi finansial segera membaik, sekaligus mempersiapkan diri melakukan pembelian pemain di bursa transfer musim panas ini.

Berbeda halnya dengan Barcelona yang masih saja berada dalam kondisi krisis finansial. Belanja pemain yang justru membengkak dengan tanggungan biaya mingguan yang sangat membebani klub justru semakin memporak-porandakan keuangan Blaugrana.

Klub raksasa Spanyol tersebut telah menghabiskan banyak uang untuk upah mingguan pemain dan biaya transfer dalam beberapa satu tahun terakhir. Klub asal Catalunya itu sekarang harus berhutang lebih dari 1,1 miliar pounds (Rp 22 triliun).

Pemain kuncinya, Lionel Messi, saat ini berstatus bebas transfer. Barcelona dilaporkan tidak dapat mendaftarkan rekrutan musim panas sampai mereka mengatasi masalah keuangan.

“Klub berada dalam kondisi yang lebih buruk dari yang saya harapkan dan saya tahu saya akan menghadapi situasi yang sulit,” jelas Presiden Barcelona, Joan Laporta.

Berkaitan dengan masalah finansial Barcelona, manajemen telah melibatkan lima superstar mereka yang diberitakan siap dikorbankan sebagai solusi dalam mengatasi krisis finansial Blaugrana. Berikut lima daftar nama pemain tersebut:

1. Antoine Griezmann

Setelah membintangi Atletico Madrid, klub menaruh ekspektasi tinggi di atas pundak Griezmann. Pria kelahiran Macon, Prancis, tersebut menyelesaikan kepindahan dengan biaya sebesar 120 juta euro (Rp 2 triliun) ke Barcelona pada musim panas 2019.

Tapi, dia tampak seperti bayangan dirinya yang dulu selama menjalani musim yang sulit di Camp Nou. Dia hanya mencetak sembilan gol dalam 35 penampilan La Liga pada 2019/2020.

Meskipun Griezmann sempat menemukan kembali performa terbaiknya pada musim lalu, pemain internasional Prancis tersebut kemungkinan besar akan tersingkir dari klub dalam beberapa minggu ke depan.

Dia saat ini berpenghasilan tertinggi di Barcelona dengan bayaran gaji sebesar 294.000 euro (Rp 5,8 miliar) per minggu. Klub membutuhkan pengurangan upah secara besar-besaran terhadap seluruh pemainnya jika mereka berharap untuk menandatangani kembali Messi.

Griezmann telah dikaitkan dengan beberapa klub Liga Premier, tetapi Barcelona dilaporkan siap untuk menawarkannya kembali ke Atletico Madrid sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran yang akan membuat Saul Niguez bergabung dengan raksasa Catalunya.

2. Miralem Pjanic

Keputusan besar yang akan membuat alis siapapun terangkat ketika Barcelona memutuskan untuk menukar Arthur Melo, pemain yang berusia 24 tahun, dengan Pjanic yang berusia 30 tahun pada 2020.

Sementara Arthur belum menunjukkan performa terbaiknya di Juventus, Barcelona harus tahu bahwa mereka masih menarik ujung jerami. Itu merupakan keputusan yang justru menghancurkan dirinya sendiri.

Pemain internasional Bosnia dan Herzegovina dengan cepat tertinggal di belakang Pedri dalam urutan waktu bermain. Pjanic bahkan baru tampil enam kali sebagai starter di liga bersama Blaugrana.

Dia memposting curhatannya ke Instagram pada Mei 2021: "Musim ini meninggalkan saya dengan rasa pahit dan pertanyaan yang masih membutuhkan jawaban."

Menurut laporan, Pjanic dianggap surplus secara administratif oleh Barcelona. Fakta itu membuat manajemen siap melepasnya. Beruntung, tim-tim raksasa Eropa lainnya, seperti Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur, Juventus, dan Paris Saint-Germain bersedia untuk bersaing mendapatkan tanda tangannya.

3. Ousmane Dembele

Pernah dianggap sebagai salah satu pemain dengan prospek paling cemerlang di dunia sepakbola, Dembele bergabung dengan Barcelona dengan nilai awal 105 juta euro (Rp 1,8 triliun) pada 2017. Dembele mengenakan jersey nomor 11 yang dulu pernah dimilik oleh Neymar Jr.

Namun, waktunya di Camp Nou telah digagalkan oleh serangkaian masalah cedera. Situasi itu membuatnya hanya tampil 81 kali di La Liga selama empat musim.

Dengan pembicaraan mengenai kontrak baru yang saat ini terhenti, Barcelona lebih memilih untuk menjual pemain sayapnya tersebut dengan potongan harga daripada kehilangannya secara gratis pada musim 2022.

Dia hampir bergabung dengan Manchester United dengan status pinjaman pada 2020. Winger asal Prancis itu juga dikaitkan dengan kepindahannya ke Liverpool yang mencoba mengonraknya pada 2016.

Tetapi, Dembele mengalami kemunduran akibat cedera lain selama Euro 2020. Fakta itu dipercaya dapat menggagalkan harapan Barcelona untuk menjualnya.

4. Philippe Coutinho

Setelah berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia bersama Liverpool, Coutinho bergabung dengan Barcelona dalam kesepakatan sebesar 142 juta pound (Rp 2,8 triliun) pada Januari 2018.

Dia ditunjuk secara bertahap menggantikan peran Andres Iniesta di Camp Nou, tetapi pemain asal Brasil itu tidak pernah mendapatkan kembali bentuk permainan terbaik seperti saat dia melakukannya bersama tim Merseyside.

Coutinho menghabiskan musim 2019/2020 dengan dipinjamkan ke Bayern Muenchen. Coutinho bahkan melawan Barcelona di perempat final Liga Champions, hingga mencetak dua gol dalam kemenangan telak 8-2.

Dia diberi kesempatan kedua di Barcelona oleh Ronald Koeman, meski kemudian menderita cedera di akhir musim pada Desember 2020.

Barcelona sekarang sudah kehabisan kesabaran dengan Coutinho. Manajemen dilaporkan bersedia menerima tawaran sekitar 20 juta pounds (Rp 40 miliar), sebuah harga yang sangat kecil dari harga yang mereka bayarkan untuk mengontraknya dulu dari Liverpool.

5. Samuel Umtiti

Umtiti menikmati awal yang menjanjikan untuk kariernya di Barcelona, tetapi waktunya di klub dihabiskan untuk berjuang dengan masalah cedera dan kurangnya konsistensi performa dalam beberapa musim terakhir.

Sejak menjadi bintang Prancis dalam kemenangan Piala Dunia 2018, bek tengah itu hanya membuat 40 penampilan La Liga untuk Blaugrana.

Meski dikabarkan telah menolak tawaran klub untuk membatalkan kontraknya, dia tetap rela meninggalkan Barcelona demi mengembalikan kariernya ke jalur semula. 

Arsenal dan Manchester United adalah dua raksasa Liga Premier yang siap berduel untuk memperebutkan bek tengah Blaugrana tersebut menjelang musim depan. Mereka dilaporkan sedang mempertimbangkan secara serius untuk mengontrak Umtiti.

(muhammad alkautsar/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network