Di Mana Sekarang? 15 Pemain Man City yang Dijual Saat Thaksin Berkuasa

"Banyak yang sudah pensiun dan beralih profesi."

Feature | 14 July 2021, 21:26
Di Mana Sekarang? 15 Pemain Man City yang Dijual Saat Thaksin Berkuasa

Libero.id - Mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra pernah memiliki saham terbesar di Manchester City, namun hanya 15 bulan sejak bulan Juni 2007, Shinawatra melepas kembali klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu.

Masa jabatan Thaksin Shinawatra di Manchester City memang singkat tapi sekaligus juga penuh peristiwa, tetapi jumlah pemain yang keluar dan datang pada periode itu mencapai dua digit.

Bukan hanya pemain muda yang pindah, banyak pemain yang saat itu ada di skuad utama berakhir di klub lain, semua itu sebagai bagian dari perombakan klub.

Lantas siapa saja dan bagaimana kabar terbaru para pemain-pemain itu, ini ada daftar lengkapnya ;

1. Nicky Weaver

Setelah satu dekade di Manchester City, Weaver adalah korban pertama di era
Shinawatra,  ia bergabung dengan Charlton yang baru terdegradasi pada Juli 2007.

Penjaga gawang itu menghabiskan dua tahun di sana, namun gagal membantu klub memenangkan promosi kembali ke Liga Premier. Sejak pensiun, ia bergabung kembali dengan mantan klubnya Sheffield Wednesday sebagai pelatih kiper.

2. Trevor Sinclair

Sinclair bergabung dengan Cardiff City dengan status bebas transfer setelah kontraknya berakhir pada 2007. Sudah berusia 34 tahun ketika meninggalkan City, pemain asal Inggris itu hanya menghabiskan satu musim di Wales selatan tetapi membantu The Bluebirds mencapai final Piala FA.


3. Stephen Jordan

Jordan pergi ke Burnley setelah lebih dari 50 penampilan City, dan membantu The Clarets ke Liga Premier untuk pertama kalinya pada tahun 2009. Jordan kemudian mengakhiri kariernya bersama Chorley alias pensiun pada musim panas 2019.

4. Ousmane Dabo

Dabo paling dikenal oleh penggemar City pada tahun 2007, karena perkelahiannya dengan rekan setim saat itu, Joey Barton, dan akhirnya keduanya meninggalkan klub pada musim panas yang sama.

Dabo bergabung kembali dengan mantan klubnya Lazio, menghabiskan dua tahun lagi bersama klub Serie A itu, sebelum menjalani hari-hari bermainnya di MLS.

5. Ismail Miller

Miller menghabiskan  masa peminjaman yang produktif dengan West Brom, dan akhirnya dibuat permanen pada Januari 2008. Musim berikutnya sang penyerang mematahkan rekornya di Liga Premier bersama The Baggies, setelah 17 pertandingan tanpa gol.

Miller lalu menghabiskan puncak kariernya di Championship setelah meninggalkan Albion pada 2011. Dia bergabung dengan Tranmere Rovers pada Januari 2019, tetapi memiliki masalah dengan cedera dan kebangkrutan sejak pindah ke klub .

6. Andreas Isaksson

Pada musim panas 2008, Isaksson hengkang dan bergabung dengan PSV sebagai pengganti langsung untuk kiper Spurs Heurelho Gomes. Ia bermain lebih dari 150 pertandingan untuk tim Belanda itu sebelum akhirnya bermain di Turki dan Swedia pada usia 30-an, sementara itu Isaksson juga menjadi penjaga gawang ketika Hart dikalahkan oleh tendangan salto Zlatan Ibrahimovic saat menang 4-2 untuk Swedia atas Inggris.

7. Sun Jihai

Enam tahun Jihai di Manchester City berakhir pada 2008, dan setelah satu musim di Sheffield United, bek serba bisa itu pindah ke Liga Super China dan masih bermain di sana ketika aliran dana membawa beberapa talenta top dari Eropa dengan gaji besar.


8. Geovanni


Pemain Brasil itu berkembang lebih jauh setelah pindah ke Hull City, ia membantu
klub itu untuk tetap eksis di Liga Premier tapi hanya selama setengah musim, dan meninggalkan Inggris pada 2010 untuk kembali ke Brasil. Ia pensiun pada 2013 dalam usia 33 tahun.


9. Giorgios Samaras


Samaras hijrah dari City pada tahun 2008. Striker Yunani ini lalu bermain untuk lima klub di lima negara berbeda setelah meninggalkan Parkhead di akhir tugasnya selama enam tahun, dan sejak pensiun ia telah bergabung dengan dewan klub kota kelahirannya OFI Crete.

10. Bernardo Corradi

Anda tidak bisa menyebut Corradi sukses di City, dan bukan kejutan besar melihatnya kembali ke Italia setelah tampil buruk di depan gawang.

Mantan striker Lazio  itu pensiun pada tahun 2012, melihat hari-hari bermainnya di MLS bersama Montreal Impact, dan sejak itu memulai karir sebagai pundit di stasiun televisi di Italia.

11. Matt Mills

Setelah tampil mengesankan saat dipinjamkan ke Doncaster, dan dengan Nedum Onuoha, Mills melakukan perpindahan permanen ke Keepmoat.

Setelah lebih dari 250 penampilan berturut-turut di Kejuaraan tanpa promosi (di berbagai klub, tidak hanya di Doncaster), bek tengah ini pindah ke Liga Super India pada 2018 sebelum kembali ke sepak bola Inggris selama musim panas kemarin bersama Forest Green Rovers.

12. Paul Dickov

Dickov pindah dari City pada 2008 tanpa mencetak gol untuk kedua kalinya.
Pemain timnas Skotlandia itu terus bermain hingga akhir usia 30-an, dengan menit-menit terakhirnya sebagai pemain-manajer di Oldham pada 2010-11. Pekerjaan manajerial terbarunya, di Doncaster berakhir pada tahun 2015.

13. Rolando Bianchi


Sama seperti rekan senegaranya Corradi, pemain depan Italia itu kembali ke rumah dan memasang kembali sepatu sepak bola nya  dengan benar, ia mencetak 24 gol Serie B untuk Torino di musim paling suksesnya.


14. Vedran Corluka

Bek Kroasia Corluka adalah kepergian terbesar City pada hari mereka menghabiskan banyak uang untuk Robinho dkk.

Corluka pergi ke Tottenham, di mana disana ia membantu klub London mencapai Liga Champions, dan telah menghabiskan bagian terbaik dari dekade terakhir bersama Lokomotiv Moscow.


Corluka juga merupakan  bagian dari skuad Piala Dunia 2018 Kroasia, datang dari bangku cadangan untuk membantu negaranya melihat kemenangan semifinal atas Inggris.

15. Emile Mpenza

Mpenza tidak tampil untuk tim utama sejak Maret, dan dia membutuhkan waktu hingga September 2008 untuk menemukan klub baru setelah rilis musim panasnya.

Klub itu adalah Plymouth Argyle, tetapi dia hanya bertahan satu musim di Devon sebelum bermain di Swiss dan Azerbaijan. Dia mengakhiri kariernya di Belgia pada tahun 2014.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester City


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network