Kenalkan, Armando Broja! Penerus Didier Drogba di Chelsea

"Selain Drogba, Broja juga mengidolai sosok legenda Brasil ini"

Biografi | 19 July 2021, 20:18
Kenalkan, Armando Broja! Penerus Didier Drogba di Chelsea

Libero.id - Striker muda Chelsea, Armando Broja adalah talenta baru yang siap memainkan peran besar dalam skuad senior Thomas Tuchel musim ini. Pemain Albania berusia 19 tahun itu baru saja menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun di Stamford Bridge.

Awal meniti karir di Inggris
Setelah bermain untuk klub lokal Burnham Juniors hinga 2007, Broja kemudian sempat mengikuti masa trial bersama Reading. Ia berlatih di sana, tetapi rupanya itu tidak cukup untuknya, karena pemain kelahiran kota Slough itu menginginkan hal-hal yang lebih besar.

Broja lalu bergabung dengan akademi Fulham, dan mampu membuat para pelatih terkesan sehingga ia ditempatkan bersama tim yang diisi oleh para pemain yang mendapatkan kesepakatan beasiswa. Namun tak lama setelah itu, raksasa Liga Premier, Tottenham datang dan mengangkut Broja ke London utara.

"Saya pergi ke turnamen dengan Burnham Juniors dan ada pemandu bakat Spurs di sana menonton," ujarnya kepada Chelseafc.com.

"Dia benar-benar datang untuk menonton pemain lain di tim saya, tetapi saya akhirnya memenangkan Player of the Tournament dan dia menggantikan saya, jadi saya pergi ke Tottenham dan menandatangani kontrak dengan mereka."

Pindah ke Chelsea
Di pertandingan usia remaja, Broja menjadi bintang saat melawan Chelsea. Dan dengan segera, raksasa London barat itu memboyong pemuda tersebut  untuk bergabung dengan akademi muda The Blues setelah terkesan dengan kemampuannya.

"Saya berada di Spurs selama dua tahun dari U-8 hingga akhir U-9 dan dalam dua tahun itu, kami sering bermain melawan Chelsea dan mereka sangat menyukai saya sebagai pemain dan saat itulah saya bergabung dengan Akademi," ujar Broja.

Idola sepakbola
Seperti kebanyakan pemain muda Chelsea, idola sepakbola Broja adalah pahlawan Chelesea yang berasal dari Pantai Gading, yakno Didier Drogba.

"Idola Chelsea saya adalah Didier Drogba," lanjutnya.

“Dia adalah mesin, sangat kuat, finisher yang hebat dan dia memiliki karir yang luar biasa. Di Chelsea, dia mencapai begitu banyak dan dia selalu menjadi orang yang menghasilkan dalam pertandingan besar."

Broja juga tumbuh dengan menonton permainan hebat yang ditunjukan oleh Legenda Brasil, Ronaldo Luís Nazário de Lima.

"Ayah saya pertama kali memperkenalkan saya kepadanya dan saya menonton begitu banyak klipnya. Dia kuat, cepat, berkaki dua, dia memiliki segalanya. Seperti itulah saya bercita-cita."

Broja akhirnya melakukan debutnya di Chelsea tahun lalu di bawah asuhan Frank Lampard. Ia kemudian menghabiskan musim 2020/2021 dengan status pinjaman di klub Belanda, Vitesse Arnhem, di mana ia sukses mencetak 11 gol.

Setelah tampil mengesankan di luar negeri, Broja kini ditarik kembali ke tim utama The Blues yang baru saja melakukan latihan bersama pekan ini di Pusat Pelatihan Cobham.

Pada Sabtu (17/07/2021) kemarin, pemain dengan 6 caps bersama timnas Albania itu sukses mencetak gol dalam kemenangan 6-1 Chelesea atas Peterborough pada laga persahabatan.

Dan pada hari Minggu (18/07/2021) klub mengkonfirmasi bahwa Broja telah menandatangani kontrak jangka panjang bersama The Blues. Dengan Olivier Giroud dijual ke AC Milan dan Tammy Abraham yang kemungkinan besar akan dilepas, Broja sekarang tampaknya akan memainkan peran besar untuk tim asuhan Tuchel.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network