Siapa Emile Smith Rowe? Pemuda 20 Tahun Pewaris Jersey Mesut Oezil

"Mendapatkan nomor punggung keramat, artinya bukan pemain kaleng-kaleng."

Biografi | 23 July 2021, 18:34
Siapa Emile Smith Rowe? Pemuda 20 Tahun Pewaris Jersey Mesut Oezil

Libero.id - Emile Smith Rowe telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan Arsenal setelah sempat dirumorkan dengan beberapa klub besar Eropa. Uniknya, pemuda berusia 20 tahun itu diberi nomor punggung 10 warisan Mesut Oezil. Berani sekali The Gunners?

Smith Rowe adalah pemain akademi yang sudah bergabung sejak 2010. Setelah tampil mengesankan bersama tim muda, RB Leipzig tertarik untuk meminjamnya pada 2019. Semusim bermain di Bundesliga, Smith Rowe kembali ke Inggris dan bergabung bersama Hudesfield Town. 

Kontrak awal Smith Rowe dengan Arsenal sebenarnya akan berakhir pada 30 Juni 2023. Tapi, Aston Villa tertarik untuk merayunya dan dikabarkan telah mengajukan tawaran 30 juta pounds (Rp600 miliar).

Agar gelandang serang masa depannya itu tidak kabur, Arsenal langsung bergerak cepat. Mereka berhasil meyakinkan Smith Rowe bahwa masa depannya akan lebih bersinar jika tetap di Emirates Stadium. Jadi, klub langsung memberinya perpanjangan kontrak hingga 30 Juni 2026.

Sebagai pemain yang digadang akan menjadi bintang masa depan, Smith Rowe melakukan debut  pada 2018. Dia kini memantapkan dirinya di tim utama Arsenal saat berusia 20 tahun. Olah bolanya yang meningkat bertepatan dengan berakhirnya kemerosotan Arsenal. Dia menyelesaikan musim dengan empat gol dan delapan assist dalam 33 penampilan.

"Seperti yang kita semua lihat musim lalu, Emile adalah pemain cerdas dengan kemampuan luar biasa. Ketajaman dan visinya yang luar biasa telah membuatnya menjadi pemain kunci bagi kami. Sikap dan kemauannya untuk belajar juga sangat mengesankan," kata Mikel Arteta, dilansir Dailymail.

"Kredit besar untuk tim kami di akademi yang telah memberikan Emile pelatihan yang hebat dan telah bekerja luar biasa untuk membantu perkembangannya melalui kelompok usia muda," tambah nakhoda asal Spanyol itu.

Selain kontrak baru, Arsenal juga menyerahkan Smith Rowe kaus yang sebelumnya juga pernah dikenakan oleh pemain-pemain seperti Jack Wilshere, Robin van Persie, Dennis Bergkamp, dan tentu saja Oezil. Ini adalah bukti lain dari rasa kepercayaan dari Arsenal karena mengenakan No.10 tidak bisa sembarang orang.

"Bersama dengan staf tim utama, penghargaan besar juga diberikan kepada para pemain senior kami, yang telah memainkan peran penting untuk membantu Emile berkembang, mendapatkan kepercayaan diri, dan melakukan seperti yang dia lakukan musim lalu. Saya tahu para penggemar akan bergabung dengan kami karena senang melihat Emile telah berkomitmen untuk masa depannya di klub," ungkap Arteta.

"Kami sekarang menantikan untuk membantunya berkembang lebih jauh dan melihatnya menjadi lebih penting bagi tim muda kuat yang sedang kami bangun," lanjut mantan asisten pelatih Manchester City itu.

Bagi Direktur Teknis Arsenal, Edu Gaspar, bisa mempertahankan Smith Rowe adalah langkah strategis bagi timnya. Pasalnya, ini menunjukkan The Gunners adalah klub yang berkomitmen terhadap pemain-pemain muda berkualitas. 

"Ini adalah langkah maju yang penting bagi kami dan kami semua senang bahwa Emile telah menandatangani kontrak jangka panjang yang baru. Sangat menyenangkan melihat pemain muda lain berkembang melalui sistem pembinaan di akademi kami untuk menjadi bagian penting dari tim utama kami," ujar Edu.

"Emile adalah pemain yang mewakili masa depan klub dan inilah mengapa kami memberinya nomor punggung 10. Kami memiliki kepercayaan pada Emile dan kami tahu dia memiliki potensi untuk menjadi pemain yang hebat dalam beberapa tahun yang akan datang," pungkas mantan pemain Brasil itu.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network