Email 2011 Bocor, Manchester City dalam Masalah Besar

"Isi surat begitu memberatkan The Citizens."

Berita | 25 July 2021, 18:11
Email 2011 Bocor, Manchester City dalam Masalah Besar

Libero.id - Manchester City tersandung masalah pelik, apalagi setelah email pada 2011 terbongkar ke media. Email itu menjadi bukti sang pemilik selalu menyalurkan dana besar untuk meningkatkan pendapatan Man City sekaligus menyalahi Financial Fair Play (FFP).

Saat itu, pagi hari pada Selasa 12 April 2011, seorang eksekutif senior dalam tim sponsorship olahraga di Etihad Airways mengirim email ke kontak bisnis yang bekerja di departemen 'kemitraan' di Manchester City.

Itu sebulan sebelum Manchester United di bawah Sir Alex Ferguson akan memenangkan gelar Liga Premier ke-19, melampaui rekor Liverpool (18). Sementara Chelsea akan menjadi runner-up dengan 71 poin musim itu, tepat di depan Man City (71 poin).

Man City, yang saat itu dilatih oleh Roberto Mancini, telah memperpanjang penantian mereka untuk gelar pertama sejak 1968 menjadi 43 tahun, tetapi dengan pemain inti yang berpengaruh termasuk Joe Hart, Vincent Kompany, David Silva, Yaya Toure, Gareth Barry, James Milner dan Carlos Tevez — pemenang bersama Sepatu Emas Liga Premier bersama dengan Dimitar Berbatov — mereka tampaknya mengetuk pintu kebangkitan nyata.

Eksekutif Etihad memulai email mereka dengan menulis: 'Dear [XXX] ... tampaknya ada beberapa kebingungan tentang saldo terutang dari biaya sponsor untuk musim 2010/2011.'

Mail on Sunday mengetahui identitas pengirim dan penerima utama email, tetapi keduanya tidak bekerja untuk perusahaan yang sama lagi dan keduanya pindah ke bidang bisnis yang berbeda.

'Seperti yang Anda ketahui,' penulis melanjutkan, 'komitmen Etihad adalah untuk 4 juta pounds dan sisanya (8 juta pounds) ditangani secara terpisah oleh Otoritas Urusan Eksekutif (UEA). “Tolong bisakah Anda mengklarifikasi hal ini ke departemen akun Anda dan mengambilnya langsung dengan EAA pada waktunya. Salam Hormat,” isi email tersebut.

Untuk menempatkan ini ke dalam konteks, The Mail on Sunday telah diberitahu – dan telah melihat dokumen yang menguatkan – bahwa Manchester City menagih Etihad sebesar 12 juta pounds untuk kesepakatan sponsor jersey musim 2010/2011, tetapi faktur tersebut memiliki catatan tulisan tangan bahwa Etihad sendiri hanya membayar 4 juta pounds pada tahun itu.

Lebih lanjut, sumber mengatakan, kesepakatan sponsor jersey Man City-Etihad ditandatangani oleh CEO Man City saat itu, Garry Cook, dan CEO Etihad, James Hogan. Kerja sama menelan biaya 4 juta pounds di musim 2010/2011. Setelah menelan biaya 3 juta pounds pada musim sebelumnya, dan kemudian 4,5 juta pounds pada 2011/2012.

EAA, yang mengambil perbedaan antara tajuk utama 12 juta pounds pada 2010/2011 dan 4 juta pounds yang dibayarkan Etihad, menurut situs web mereka 'sebuah badan pemerintah khusus yang diberi mandat untuk memberikan saran kebijakan strategis kepada Ketua Eksekutif Abu Dhabi Dewan, Yang Mulia Sheik Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Korespondensi yang dilihat oleh MoS dan didukung oleh dokumen kontemporer menunjukkan bahwa Etihad sebenarnya tidak membayar jumlah yang ditagih Man City, tetapi entitas UEA yang melayani Sheik Mohamed.

Man City diduga mendapat manfaat dari detail sponsor yang sangat tinggi dari entitas yang berbasis di UEA, walau kesepakatan tampaknya melanggar aturan FFP. Jika uang disalurkan ke Man City untuk meningkatkan pendapatan mereka secara artifisial selama bertahun-tahun, itu akan menjadi masalah.

Dan, berbagai email dan dokumen yang diperoleh Football Leaks dan/atau surat kabar ini menunjukkan hal itu terjadi. Liga Premier mengumumkan penyelidikan lebih dari dua tahun lalu, tetapi sejauh ini ditunda oleh tindakan Man City di pengadilan. The Citizens telah menolak untuk mengklarifikasi beberapa masalah seputar ini.

Maju cepat ke awal musim panas 2014 dan sebuah sumber yang dekat dengan Man City mengirim email kepada MoS. Mereka mengklaim sponsor 10 tahun Etihad 340 juta pounds dengan Man City sebenarnya tidak didanai oleh Etihad melainkan entitas negara mengambil sebagian besar keuntungan.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Pertarungan hukum Man City dengan Liga Premier masih bisa berakhir dengan cara yang sangat kontras, dari pembebasan penuh atas kesalahan apa pun hingga hukuman berat termasuk pengurangan poin dan denda.

Skenario 1: Kota akhirnya sepenuhnya mematuhi penyelidikan Liga Premier dan menyerahkan semua dokumen dan informasi yang diminta dan ini membersihkan mereka dari segala kesalahan. Tidak ada hukuman.

Skenario 2: Man City terus tidak bekerja sama dan Liga Premier tidak memiliki cukup bukti untuk melakukan apa pun selain memberikan sanksi kepada mereka untuk itu. CAS dikenakan denda 10 juta euro untuk ini dalam kasus UEFA.

Skenario 3: Man City sepenuhnya mematuhi penyelidikan Liga Premier dan menyerahkan semua dokumen dan informasi yang diminta dan membantu Liga Premier menemukan mereka bertanggung jawab atas kesalahan dan mereka dihukum.

Skenario 4: Kota tidak bekerja sama, tetapi Liga Premier mendapatkan bukti dari sumber lain. Mereka mendakwa Man City dengan pelanggaran aturan dan proses disipliner berakhir dengan pembebasan atau hukuman.

Sekitar waktu yang sama — dan inilah saat Man City baru saja dinyatakan bersalah melanggar aturan FFP untuk pertama kalinya — Mail on Sunday diberitahu tentang beberapa keresahan di dalam tim sponsor olahraga Etihad tentang hubungan maskapai dengan Kota.

Seorang sumber yang mengetahui seorang karyawan di tim itu mengatakan, kesepakatan sponsor olahraga yang ditargetkan maskapai untuk kemudian mengikuti formula yang sama.

Ini melibatkan pengeluaran yang relatif rendah untuk ikatan dengan tim atau tempat, di mana waralaba olahraga berada di jalur penerbangan Etihad ke bandara utama (Rugby Harlequins, kedua kode, di jalur penerbangan Heathrow; dan di Melbourne, di sepakbola dan Aturan Australia, di jalur penerbangan Melbourne), atau akan berada di jalur penerbangan (ikatan di sepakbola New York, dan tiga tim olahraga di Washington, semuanya terjadi).

Sementara bandara Manchester adalah tujuan Etihad, ada kekhawatiran pribadi Etihad tidak boleh melakukan kesepakatan uang besar dengan satu klub jika strategi yang ditargetkan hingga saat ini akan konsisten.

MoS berbicara kepada Man City pada musim panas 2014 tentang tuduhan tersebut dan diberitahu mereka tidak dapat dikonfirmasi oleh klub. Sumber menolak untuk dicatat dan tidak ada cerita yang ditayangkan.

Lebih melangkah lagi ke musim panas 2020, Man City telah dilarang tampil dari Liga Champions selama dua musim oleh UEFA karena 'pendanaan terselubung' dari kesepakatan sponsor. Dengan kata lain, sponsor membayar 100 persen dari yang disepakati. Padahal sebenarnya entitas lain mengambil beberapa keuntungan.

Kasus ini sekarang berada pada tahap banding di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan di antara mereka yang memberikan bukti atas nama Man City adalah Simon Pearce, yang memegang banyak jabatan dalam entitas yang pada akhirnya menjalankan The Citizens.

Pearce adalah direktur non-eksekutif Man City dan di dewan perusahaan induk, City Football Group (CFG), yang juga memiliki Melbourne City, di mana dia adalah wakil ketua. Dia juga direktur beberapa anak perusahaan Man City serta penasihat senior untuk Otoritas Urusan Eksekutif UEA.

Di pengadilan CAS tahun lalu, Pearce ditanya: 'Apakah Anda pernah mengatur pembayaran apa pun yang harus dilakukan kepada Etihad sehubungan dengan kewajiban sponsornya dari Manchester City Football Club?'.

Dia menjawab: 'Tentu saja, pasti tidak.'

Dokumen putusan resmi CAS melaporkan: 'Tuan Pearce tidak menganggap panel sebagai saksi yang tidak dapat diandalkan dan memang menegakkan tuduhan UEFA tentu memerlukan temuan bahwa kesaksiannya salah. Panel tidak menemukan kesimpulan seperti itu dapat dibenarkan dengan tidak adanya bukti yang diajukan oleh UEFA bahwa Tuan Pearce sebenarnya mewakili ADUG (sebuah perusahaan yang dikendalikan oleh Sheik Mansour).”

Namun, beberapa hari setelah putusan CAS membersihkan Man City dari 'dana terselubung' dan memberi mereka denda 10 juta euro karena tidak bekerja sama dengan UEFA, majalah Jerman Der Spiegel menerbitkan materi yang sampai sekarang tidak terlihat, yang menyarankan Pearce telah memberikan bukti kepada CAS yang bertentangan dengan klaim sebelumnya.

Seluruh kasus melawan Man City oleh UEFA telah dimulai dengan publikasi pada 2018 dari serangkaian email oleh Der Spiegel. Tulisan itu dimaksudkan untuk menunjukkan kesalahan yang dilakukan oleh Man City. Investigasi Liga Premier yang sedang berlangsung ke Man City didasarkan pada materi Der Spiegel yang sama.

Email pasca-CAS yang diterbitkan oleh Der Spiegel tahun lalu tertanggal 16 Desember 2013, dari Pearce (menggunakan alamat email EAA-nya) dan dikirim ke Peter Baumgartner, saat itu chief operating officer (COO) Etihad. Seperti yang ditunjukkan grafik kami, Pearce tampaknya mengakui bahwa dia sebenarnya telah mengatur pembayaran kepada Etihad sehubungan dengan kewajiban sponsornya kepada Man City.

Email tersebut merinci bagaimana 'kami' (City) 'harus menerima 99 juta pounds — di mana Anda (Etihad) akan memberikan 8 juta pounds. Karena itu, saya seharusnya meneruskan 91 juta pounds dan malah mengirimi Anda hanya 88,5 juta pounds. Saya secara efektif berutang 2,5 juta pounds kepada Anda.'

MoS telah mengajukan serangkaian pertanyaan kepada klub yang timbul dari korespondensi ini dan mereka menolak untuk menjawab pertanyaan spesifik apa pun. Sebaliknya, mereka mengarahkan kita ke pernyataan sebelumnya.

Sehubungan dengan email Pearce, mereka mengatakan: "Pertanyaan dan hal-hal yang diangkat tampaknya merupakan upaya sinis untuk mengajukan kembali secara terbuka dan merusak kasus yang telah sepenuhnya diputuskan oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga."

Man City juga mengklaim laporan Der Spiegel selama bertahun-tahun: 'Upaya untuk merusak reputasi klub terorganisir dan jelas.' Diminta untuk mengkonfirmasi siapa yang mengatur ini, seorang juru bicara Man City gagal menjawab.

Setelah putusan pekan lalu oleh tiga hakim paling senior Inggris bahwa Man City telah menghalangi penyelidikan Liga Premier. “Kami menghormati keputusan Pengadilan Banding mengenai masalah arbitrase. Keputusan ini berkaitan dengan proses yang sedang berlangsung dan kami tidak dalam posisi untuk memberikan komentar sampai proses tersebut selesai,” ungkap juru bicara Man City.

Posisi Man City kemudian adalah mereka tidak melanggar aturan. Namun, sekarang dapat terungkap bahwa dalam sebuah argumen yang diajukan klub ke pengadilan, mereka mengakui Liga Premier tampaknya mencurigai ada bukti kesalahan. "Liga Premier berpendapat bahwa laporan (media) berisi informasi yang menunjukkan pelanggaran aturan," kata tim hukum Man City.

Liga Premier menolak untuk menanggapi pertanyaan dan komentar terakhir mereka tentang masalah ini, pada 2019 dan masih berlaku, adalah bahwa penyelidikan mereka sedang berlangsung.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester City


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network