Kisah Momiji Nishiya, Peraih Emas Termuda Olimpiade dalam 85 Tahun

"Baru lulus SD pada Maret 2021, sekarang sudah raih emas Olimpiade. Kalau kamu di usia segitu ngapain?"

Viral | 26 July 2021, 22:27
Kisah Momiji Nishiya, Peraih Emas Termuda Olimpiade dalam 85 Tahun

Libero.id - Pada usia 13 tahun 330 hari, Momiji Nishiya dari Jepang membuat sejarah sebagai peraih medali emas Olimpiade termuda sejak Marjorie Gestring melakukannya di Olimpiade 1936 Berlin dalam usia 13 tahun 267 hari.

Senin (26/7/2021), gelangang Olimpiade 2020 Tokyo dikejutkan dengan rekor-rekor membanggakan di arena skateboard jalan raya wanita (women's street). Saat itu, Nishiya menduduki puncak podium untuk mendapatkan emas. Itu adalah medali pertama cabang olahraga baru ini di Olimpiade.

Yang lebih membanggakan adalah Nishiya meraih emas dalam usia yang sangat muda. Remaja kelahiran Osaka, 30 Agustus 2007, itu mengalahkan lawan-lawannya, yang uniknya juga berusia remaja. 

Sebut saja Rayssa Leal dari Brasil, yang juga berusia 13 tahun, selalu peraih perak. Lalu, Funa Nakayama, yang meraih perunggu baru berusia 16 tahun. Dengan usia rata-rata 14 tahun 191 hari, itu adalah podium individu termuda dalam sejarah Olimpiade.

Sebenarnya, rekor peraih medali emas dalam sejarah Olimpiade bisa pecah jika Leal yang memenangkan kompetisi dalam usia 13 tahun 203 hari. Tapi, keberuntungan memang menjadi milik Nishiya. 

Padahal, Nishiya sempat tersandung dan gagal mendarat pada dua trik pertamanya. Tapi, dia berhasil menyelesaikan tiga trik terakhir dengan skor 15,26. Itu melampaui penghitungan Leal (14,64).

Namun, rekor peraih emas termuda Olimpiade yang dimiliki Gestring pada 1936 berpotensi pecah di Tokyo tahun ini. Sky Brown dari Inggris baru berusia 13 tahun 28 hari saat  berkompetisi di skateboard kategori taman wanita (women's park) pada Rabu, 4 Agustus 2021.

Jika Brown gagal, rekor juga berpotensi pecah. Pasalnya, di nomor yang sama terdapat Kokona Hiraki dari Jepang. Salah satu andalan tuan rumah itu berusia 12 tahun 343 hari saat perlombaan berlangsung.

Skateboarding adalah salah satu dari lima olahraga baru yang ditambahkan untuk Olimpiade tahun ini. Olahraga ini terbagi dalam dua kategori putra maupun putri, yaitu jalan raya (street) dan taman (park). Olahraga ini diikuti 25 dengan dengan melibatkan 80 atlet terbaik, yang telah lolos melalui sejumlah event internasional yang dijalani.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network