Kisah Deco Menaklukkan Brasil pada Usia 35 Tahun

"Tak pernah menyesal membela Portugal."

Biografi | 01 August 2021, 19:11
Kisah Deco Menaklukkan Brasil pada Usia 35 Tahun

Libero.id - Ketika Deco kembali ke tanah airnya setelah 13 tahun di luar negeri (dan tujuh tahun mewakili negara lain), dia menunjukkan kepada Brasil apa yang telah hilang.

Deco memiliki nama lengkap Anderson Luis de Souza. Dia lahir pada 1977 di negara bagian Sao Paulo, Brasil.

Pada usia 25 tahun, tepatnya di awal 2003, dia mewujudkan mimpi dengan bermain di pertandingan internasional pertamanya. Dia bermain bersama para Legenda seperti Rivaldo, Ronaldinho, Adriano, Cafu, dan Roberto Carlos saat memasuki lapangan pada menit ke-62.

Pada menit ke-82, Deco mendapatkan panggung bermain saat laga antara Brasil kontra Portugal. Deco mendapat kesempatan mengeksekusi bola mati untuk sebuah tendangan bebas langsung.

Meski jauh dari gawang, playmaker itu melihat celah hingga berhasil memasukkan bola menjadi gol. Namun, Brasil secara dramatis memenangkan pertandingan tersebut.

Hanya ada satu yang janggal dari semua itu: timnya pada malam itu adalah Portugal, bukan Brasil.

Deco akan merasa lebih sulit untuk menghindari mengkhianati kesetiaannya, karena dia mencetak gol melawan Brasil dan tidak bisa berpura-pura sebaliknya.

Namun, pada kenyataannya, jika ada yang merasa kesal dengan gelandang kelahiran Brasil yang mewakili Portugal (karena hidup dan bermain di negara Eropa selama enam tahun terakhir) itu adalah penggemar Portugal yang takut kehilangan integritas, bukan penggemar Brasil yang kritis.

Setelah debut dramatis itu, keputusannya final: Deco, meski tetap berjiwa Brasil akan mewakili rumah angkatnya di Portugal, dan akan melakukannya dengan mengagumkan selama tujuh tahun ke depan.

Mimpi Maracana

Kami akan melewatkan bagian di mana Deco memenangkan gelar di Portugal, Spanyol, dan Inggris, dua kali memenangkan Liga Champions dan menjadi runner-up di Ballon d'Or 2004.

Cukup untuk mengatakan bahwa Deco, di masa jayanya, adalah pesepakbola yang sangat bagus.
Setelah melakukan itu, kami akan mengambil hal-hal di musim panas 2010. Persimpangan jalan untuk Deco, yang mendekati ulang tahunnya ke-33 dan memainkan pertandingan terakhirnya bersama tim nasional Portugal.

Terlepas dari kecemerlangan singkat dan gol sensasionalnya untuk Chelsea, Deco juga tampak mencari cara untuk pindah dari Inggris.

Dia mendapatkan keinginannya, dan langkah sedikit mengejutkan dikonfirmasi pada 6 Agustus: Deco akan bergabung dengan raksasa Brasil Fluminense dengan kontrak dua tahun, dengan Chelsea mengizinkannya untuk mengakhiri kontraknya setahun lebih awal.

Motif gelandang itu sangat mengagumkan.

“Saya telah bermimpi sejak saya masih kecil untuk bermain di Maracana dan di Brasil,” kata Deco saat menandatangani kontrak. “Saya pergi dari sini terlalu dini dan saya selalu memiliki keinginan untuk kembali untuk melakukan sedikit dari apa yang saya lakukan di luar negeri.”

Dia jelas tidak melakukannya untuk uang dan mengakui bahwa dia bisa mendapatkan "lebih banyak" dengan melihat kontraknya dengan Chelsea.

Apakah dia melakukannya untuk kemuliaan? Mungkin. Fluminense belum pernah memenangkan Kejuaraan Brasil sejak 1984, tetapi mereka menduduki puncak klasemen pada saat Deco ditandatangani, memimpin dengan satu poin dengan sekitar sepertiga musim dimainkan.

Itu adalah kesempatan besar untuk sukses segera.

Beruntung

Deco seperti buah ceri di atas untuk Fluminense, tambahan sebagian dekoratif yang membantu tim membangun momentumnya. (Klub sebenarnya sudah memiliki playmaker yang sangat berbakat: Dario Conca)

Setelah pertandingan kedua dari belakang — di mana Deco memberikan assist sebelum keluar karena cedera — hanya ada dua poin antara tiga tim teratas: Fluminense dengan 68, Corinthians (67) dan Cruzeiro (66).

Pada hari terakhir, Deco menyaksikan tim barunya berusaha keras untuk memenangkan kejuaraan nasional pertama mereka dalam 26 tahun.

Tahun berikutnya, Deco mengalami beberapa cedera, terutama ketika Dario Conca pindah ke China. Meskipun Fluminense berjuang sepanjang kampanye, baik mereka dan Deco finis dengan kuat, naik ke urutan ketiga dalam tabel dan mengamankan kualifikasi kontinental.

Namun baru pada 2012, di usia 34 tahun, Deco benar-benar datang ke Brasil. Dia menghadapi semua tantangan unik di negara ini.

Ini adalah musim pertama sang gelandang mampu memainkan serangkaian permainan di Campeonato Carioca, sebuah turnamen yang formatnya terlalu berbelit-belit untuk dibahas dalam artikel 1.000 kata. Tetapi, tujuannya adalah untuk menentukan tim terbaik di negara bagian tersebut. Rio ('empat besar' adalah Fluminense, Flamengo, Vasco, dan Botafogo) menjelang kejuaraan nasional di akhir tahun.

Deco unggul sebagai pemain terbaik kompetisi, salah satu sorotannya adalah gol jarak jauh yang nakal di final Taca Guanabara (tahap pembukaan turnamen) melawan Vasco.

“Saya perhatikan bahwa (kiper) pergi ke kiri. Saya berpikir akan menyeberang ke tiang jauh. Saya mencoba menembak dan beruntung,” kata Deco.

Kemenangan 3-1 dalam pertandingan itu membuat Fluminense mendapat tempat di babak final pada Mei, di mana mereka mengalahkan Botafogo dengan nyaman untuk menjadi juara negara bagian secara keseluruhan. Dengan hampir setengah musim berlalu, penghargaan menumpuk untuk Deco.

Pengumpulan Piala

Dia mengambil bentuk ke Kejuaraan Brasil. Dalam penampilan keduanya musim ini, Deco menampilkan performa man-of-the-match melawan Portuguesa, mencatatkan hat-trick assist.

Seperti sebelumnya, dia melewatkan periode musim karena cedera. Tetapi, pada November 2012, sekarang berusia 35 tahun, dia merayakan kemenangan 'Brasileirao' kedua dalam tiga musim.

Sebenarnya Deco mungkin seharusnya pensiun dengan nada tinggi itu. Musim 2013 hancur karena cedera dan tuduhan doping - yang kemudian dia bebaskan - dan dia pensiun di pertengahan musim, sehari sebelum berusia 36 tahun.

Tetapi, tiga (setengah) trofi dalam tiga tahun adalah pencapaian yang fenomenal bagi seorang pemain tua yang berkompetisi di lingkungan yang hampir tidak dikenalinya sejak masa mudanya.

“Ada banyak tekanan bagi saya untuk menjadi warga negara Portugal,” Deco kemudian mengakui kepada media Brasil, Lance. “Orang-orang di jalanan meminta saya bermain untuk negara kelahiran.”
Dengan 75 caps atas namanya - meski baru melakukan debut di usia 25 - tidak ada indikasi bahwa Deco pernah menyesal memilih Portugal.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network