18 Klausul Kontrak Paling Aneh dalam Sejarah Sepakbola

Feature | 04 August 2021, 15:31
18 Klausul Kontrak Paling Aneh dalam Sejarah Sepakbola
Honda, Ronaldinho & Messi

"Ada yang minta kelas memasak, ada pula yang dilarang terbang"

Libero.id - Jendela transfer musim panas ini hanya tersisa kurang dari sebulan lagi. Beberapa isu transfer juga masih muncul, yang terpanas adalah Harry Kane yang absen berlatih di Tottenham tengah diminati oleh Manchester City. Tim asuhan Pep Guardiola itu juga dikaitkan dengan transfer senilai 100 juta Poundsterling (Rp 2 triliun) untuk Jack Grealish.

Namun, dibutuhkan lebih dari sekadar menyetujui biaya transfer guna bisa menyelesaikan transaksi di akhir-akhir.

Kontrak menjadi semakin kompleks untuk ditandatangani dengan campur tangan super agen & berbagai tuntutan pemain. Seringkali klub memiliki tuntutan khusus untuk pemain yang mereka rekrut. Ini jauh lebih dari sekedar gaji yang perlu disepakati.

Dilansir dari situs kenamaan asal Inggris, GiveMeSport, mari kita lihat 18 klausul kontrak paling aneh dalam sejarah sepakbola, berikut ulasannya:

18.Lionel Messi - Klausul Catalan
Setelah kontrak luar biasa Lionel Messi bocor, itu menunjukkan ada klausul bahwa ia harus berintegrasi ke dalam masyarakat dan budaya Catalan.

Itu berarti bahwa Barcelona meminta Messi untuk belajar bahasa Catalan, sementara yang lain mengatakan ia akan menjadi agen bebas jika Catalonia menjadi negara independen.

10 Foto Sasha Attwood, Youtuber Pacar Jack Grealish yang Sering Diancam Fans

10 Foto Sasha Attwood, Youtuber Pacar Jack Grealish yang Sering Diancam Fans

17.Cristiano Ronaldo - Klausul Rilis 1 miliar Euro
Di La Liga, setiap pemain harus memiliki klausul pelepasan dalam kontrak mereka. Meskipun tentu tidak aneh bahwa Cristiano Ronaldo memiliki nilai klausul pelepasan sebesar miliar Euro (Rp 20 triliun) yang konyol.

Perez mengatakan, "Klausul pelepasan tidak ada untuk dibayar. Jika harus ada penjualan, itu dinegosiasikan."

16.Neymar - Klausul kunjungan teman
Ketika Barca mengontrak Neymar dari Santos pada 2013, klub Spanyol itu tidak ingin IA rindu kampung halaman. Oleh karena itu, mereka setuju untuk membayar kunjungan yang mahal dari kelompok teman-temannya. Tidak sekali tapi setiap dua minggu sekali !.

15.Keisuke Honda - Klausul kendaraan lapis baja
Pada Januari 2020, legenda Jepang Keisuke Honda menandatangani kontrak dengan klub Brasil Botafogo dan mantan pemain AC Milan itu meminta sebuah kendaraan lapis baja.

Rio De Janeiro dianggap sebagai salah satu tempat paling berbahaya di dunia dimana Honda mengkhawatirkan keselamatannya di kota gila sepakbola yang memiliki empat klub profesional yaitu Botafogo, Flamengo, Fluminense dan Vasco da Gama.

14. Radamel Falcao - Klausul lutut yang cedera
Ketika Manchester United mendatangkan Falcao dari Monaco pada September 2014, mereka takut lututnya bermasalah. Jika masalah lutut Falcao kembali, mereka dapat mengakhiri masa pinjaman tanpa penalti finansial.

Falcao melakukannya musim lalu tetapi klub memutuskan untuk tidak mempermasalahkan opsi klausul untuk mengontraknya secara permanen.

13.Stefan Schwarz - Klausul luar angkasa
Ketika Stefan Schwarz menandatangani kontrak dengan Sunderland dari Valencia pada tahun 1999, ia sedang mempertimbangkan untuk mendaftar menjadi salah satu penerbang komersial pertama ke luar angkasa.

Jadi, Sunderland memutuskan untuk memasukkan 'space clause' ke dalam kontraknya.

Kepala eksekutif Sunderland, John Fickling, mengatakan, “Salah satu penasihat Schwarz, memang mendapat salah satu tempat di penerbangan komersial."

12.Dennis Bergkamp - Klausul larangan terbang
Dari pemain yang ingin terbang ke langit hingga pemain yang tidak mau meninggalkan tanah. Dennis Bergkamp takut terbang dan melewatkan banyak pertandingan tandang Eropa untuk Arsenal. Untungnya, ia adalah pemain yang luar biasa dan klub mengabulkan permintaannya.

Libero.id

Dennis Bergkamp


11.Samuel Eto'o - Klausul Jet Pribadi
Samuel Eto'o membuat kejutan dengan pindah ke klub Rusia Anzhi Makhachkala dari Inter Milan pada 2011. Kontrak besar itu yang membuatnya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia dengan menampilkan klausul jet pribadi.

Itu karena ia ingin tinggal di Moskow dari pada di Makhachkala yang jaraknya lebih dari 1.000 mil. Penerbangan normal memakan waktu lebih dari dua jam tetapi Eto'o bisa pulang dari latihan hanya dalam satu jam menggunakan jet pribadi itu.

10.Georg Koch - Klausul rasisme
Penjaga gawang Jerman, Georg Koch khawatir ia akan dilecehkan secara rasial tentang kewarganegaraannya setelah pindah ke PSV. Namun Koch hanya butuh tiga bulan sebelum ia kembali ke Jerman karena rasisme yang dialaminya di Eredivise.

9.Mario Balotelli - Klausul perilaku baik
Keputusan Liverpool untuk mengontrak Mario Balotelli kembali pada tahun 2014 tentu mengejutkan. Itu terbukti dengan hanya empat gol dalam 28 penampilan di semua kompetisi. Namun, ia tetap menunjukkan perilaku terbaiknya, karena The Reds memasukkan klausul 'perilaku baik' yang berarti ia harus pergi jika ia tidak berperilaku baik.

8.Luis Suarez - Klausul menggigit
Setelah menggigit lawan saat bermain di Ajax, Liverpool dan Uruguay, Barcelona tidak ingin sejarah terulang ketika mereka membayar 64,98 juta Poundsterling untuk Luis Suarez pada tahun 2014. Oleh karena itu, mereka dilaporkan memasukkan klausul 'tidak boleh menggigit' yang berarti ia akan dijual jika iamelakukannya. Namun presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu sejak itu membantah bahwa klausul seperti itu ada.

7.Ronaldinho - Klausul dua malam
Ketika Ronaldinho kembali ke Brasil pada 2011 untuk bergabung dengan Flamengo, ia hanya ingin menikmati beberapa tahun terakhir karirnya. Karena itu, ia memastikan klub memasukkan klausul di mana ia diizinkan untuk pulang ke rumah setiap dua malam dalam seminggu.

6.Alex Oxlade-Chamberlain - Klausul penampilan 20 menit

Arsenal harus membayar Southampton biaya penampilan sebesar 10.000 Poundsterling setiap kali Alex Oxlade-Chamberlain bermain 20 menit atau lebih. Jika anda melihatnya diganti pada menit ke-71, anda tahu alasannya.

5.Neil Ruddock - Klausul berat badan
Ruddock tidak pernah terlalu atletis tetapi ketika ia bergabung dengan Crystal Palace menjelang akhir karirnya, ketua Simon Jordan mengungkapkan bagaimana mereka berusaha membantunya tetap bugar.

"Saya memutuskan untuk memberikan penalti 10 persen pada kontrak yang kami usulkan untuk ditawarkan kepadanya jika dia melebihi berat yang direkomendasikan 99,8kg, yang omong-omong masih sangat besar," ungkap Jordan.

Ruddock didenda delapan kali dalam waktu kurang dari enam bulan.

4.Roberto Firmino - Klausul Anti-Arsenal
Arsenal sempat menawari uang sebesar 40 juta Pound + 1 Poundsterling untuk Luis Suarez pada 2013. Liverpool tentu masih mengingatnya karena ketika mereka mengontrak Roberto Firmino dari Hoffenheim pada 2015, mereka memasukkan klausul rilis sebesar 98 juta Euro jika klub yang tertarik bukan Arsenal . Pemain Brasil itu telah mencetak delapan gol dalam 12 pertandingan Liga Premier melawan The Gunners.

3.Giuseppe Reina - Klausul rumah
Striker Jerman menuntut klubnya, Arminia Bielefeld, membangunkannya sebuah rumah untuk setiap tahun kontraknya. Namun karena ia tidak memberikan refrensi yang spesifik soal rumahnya, klub akhirnya hanya membangun tiga rumah LEGO selama tiga tahun kontraknya.

2.Stig Inge Bjornebye - Tidak ada klausul ski
Orang Norwegia itu adalah atlet ski di masa mudanya - olahraga di mana ayahnya berkompetisi di Olimpiade. Tetapi Liverpool tidak mengizinkannya berada dalam jarak 200 yard dari lereng ski.

1.Rolf-Christel Guie-Mien - Klausul pelajaran memasak
Ketika gelandang Kongo itu bergabung dengan Eintracht Frankfurt, ia hanya setuju menandatangani kontrak jika istrinya diberi pelajaran memasak.

(diaz alvioriki/muf)

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Anna Lewandowska, Istri Robert Lewandowski Pemegang Sabuk Hitam Karate

Klasemen