Total Belanja Pemain Pep Guardiola Sentuh 1,578 Miliar Euro, Doping Finansial?

"Kalau dirupiahkan, angka belanja sebesar itu mencapai Rp 26,8 triliun. Sepertiga APBD DKI Jakarta."

Feature | 07 August 2021, 12:52
Total Belanja Pemain Pep Guardiola Sentuh 1,578 Miliar Euro, Doping Finansial?

Libero.id - Untuk membangun sebuah tim, pastinya bukan pekerjaan yang mudah, apalagi membuat tim itu menjadi solid dan bertabur bintang, dan tentunya berprestasi : meraih trofi domestik hingga internasional, dan itu jauh lebih tidak mudah lagi.

Salah satu cara pelatih untuk mewujudkan semua target ialah dengan membeli para pemain terbaik dan menyatukan mereka dalam satu tim. Asumsinya sederhana saja. Makin banyak pemain hebat makin besar peluang. Tinggal tugas berikutnya, bagaimana pelatih bisa memastikan, pemain-pemain hebat itu berkolaborasi untuk mencapai tujuan.

Tapi kadang-kadang semua cuma teori, praktik jauh lebih pahit dan sulit dari yang kita sangkakan.

Tanyakan saja pada Pep Guardiola, pelatih Manchester City yang dalam 5 musim terakhir jor-joran mendatangkan banyak pemain. Sebetulnya The Citizen hanya kurang trofi Liga Champions, dan mereka masih belum menyerah.

Dalam bursa transfer musim panas ini, Pep sementara telah mengeluarkan 
biaya 117 juta euro atau sekitar Rp 1,9 Triliun hanya untuk Jack Grealish seorang.
Dan nominal sebegitu besar tentu saja memecahkan rekor transfer Inggris.

Total Belanja Pep Guardiola di Man City

Sejak mengambil alih klub pada tahun 2016, tahukah Anda berapa banyak  Pep Guardiola merekrut pemain baru, dan berapa nilai dari setiap rekrutan itu?

Dilansir dari Marca, mantan pelatih Bayern Munchen dan Barcelona itu telah menghabiskan satu miliar euro lebih atau dalam satuan rupiah saat ini berkisar pada angka Rp 26 Trilliun.

Dan hal itu tampak sangat berlawanan dari yang pernah ia katakan pada satu dekade silam, ketika masih menikmati masa-masa keemasan akademi La Masia di Barcelona.

Ketika di City, Pep kalap untuk sebagian besar merekrut pemain yang berposisi di belakang, lini pertahanan, dengan nama-nama seperti Cancelo, Ruben Dias, Kyle Walker, John Stones, Laporte, dan lainnya lagi. Masing-masing dari mereka dibeli dengan harga lebih dari 50 juta euro atau Rp 849 Milliar lebih.

Total Belanja Pep Guardiola di Barcelona dan Bayern Munich

Sementara di dua klub yang ia latih sebelumnya : Bayern Munich dan Barcelona, total belanja Pep jauh lebih sedikit dari yang ia pakai saat di Manchester City.

Meski begitu, total 341 eruo atau sekitar Rp 5,7 Triliun selama di Camp Nou ---- sebagian besar untuk membeli Neymar --- tidak juga dikatakan sedikit.

Lalu saat masih di Bundesliga, Pep dengan segala kesusksesan yang ia capai hanya menghabiskan 204 euro atau sekitar Rp 3,4 Triliun untuk Bayern Munich.

Jadi kalau di jumlahkan selama masa kepelatihannya di 3 klub berbeda Pep telah mendatangkan banyak pemain dengan nilai sekitar 1,578 Miliar euro atau setara Rp 26,8 Triliun. Angka yanf yang fantastis.

Saat ini tidak ada pelatih yang pernah menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli pemain ketimbang Pep Guardiola.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network