Kabar Terbaru Rekan Lionel Messi di Saat Debut 2003

Feature | 08 August 2021, 01:27
Kabar Terbaru Rekan Lionel Messi di Saat Debut 2003
Luis Garcia-Luis Enrique

"Nomor 10 kini menjabat sebagai pelatih La Furia Roja."

Libero.id - Penggemar Barcelona harus segera move-on dari kenyataan bahwa secara resmi Lionel Messi kini bukan lagi bagian dari klub Catalunya.

Tapi, mari kita sejenak kembali ke awal saat kisah Messi dimulai di Camp Nou, tepatnya ketika pemenang enam kali Ballon d'Or itu masih berusia 16 tahun dan berwajah segar.

Pada November 2003, tepatnya ketika Barcelona mengirim skuad ke Portugal untuk menghadapi FC Porto dalam pertandingan persahabatan pertengahan musim. Messi muda diberi kesempatan menjalani debutnya.

Messi diberi waktu 15 menit di akhir pertandingan, dan penyerang bertubuh kecil 5 kaki 7 inci (170 cm) itu berhasil menciptakan dua peluang.

Dan, berikutnya seperti yang kita tahu adalah sejarah.

Messi berubah menjadi superstar walau kini berusia 34 tahun yang kita kenal sekarang.
Tapi, apa yang terjadi dengan pemain lain yang bermain bersamanya di Barcelona dalam pertandingan persahabatan itu?

10 Foto Kim Yeon-koung, Pevoli cantik Korea Hero Saat Singkirkan Turki

10 Foto Kim Yeon-koung, Pevoli cantik Korea Hero Saat Singkirkan Turki

Mari kita simak penjelasan di bawah ini:

1.Albert Jorquera

Jorquera membuat 24 penampilan selama lebih dari satu dekade di Camp Nou.
Dia pergi pada 2009 setelah semakin terpinggirkan oleh kedatangan Jose Pinto pada 2008.

2. Oscar Lopez

Pemain yang berposisi bek kanan ini mengakhiri kariernya di Barcelona dengan hanya tampil 13 kali.
Dia kemudian melanjutkan karier di Lazio, Real Betis, Numancia, dan Gimnastic. Dia akhirnya menyelesaikan kariernya di Belanda bersama Go Ahead Eagles pada 2012 di usia 32 tahun.

3. Oleguer

Oleguer adalah lulusan La Masia yang pensiun di awal usia tiga puluhan - tetapi dia memberikan pengaruh yang jauh lebih besar di dalam dan luar lapangan.

Dia membuat 175 penampilan bersama tim utama Barca antara 2002 dan 2008. Dia bahkan menjadi starter di final Liga Champions 2006 melawan Arsenal.

4. Rafael Marquez

Dia membuat 242 penampilan untuk Barcelona serta mendapatkan 147 caps untuk negaranya, Meksiko, di sepanjang kariernya yang panjang di sepakbola. Dia meninggalkan Barcelona pada 2010.

5. Fernando Navarro

Navarro membuat 35 penampilan untuk tim utama saat bersaing dengan bek tangguh seperti Giovanni van Bronckhorst dan Sylvinho.

Navarro akhirnya meninggalkan Barcelona ke Mallorca, sebelum menjadi pemain reguler di Sevilla dalam kurun waktu tujuh tahun.

Penampilannya bahkan membuat Navarro mendapatkan tempat di skuad Spanyol pemenang Euro 2008 - tampil dalam kemenangan penyisihan grup mereka atas Yunani. Dia pensiun pada 2018 setelah gagal di Deportivo La Coruna.

6. Ramon Ros

Mungkin nama yang paling tidak jelas dalam daftar ini. Seperti Messi, Ros mula-mula adalah pemain reguler di tim C Barcelona musim itu.

Gelandang bertahan itu berhasil menerobos skuad utama dua tahun kemudian. Ros membuat penampilan cameo melawan Sevilla, di mana dia menggantikan Oscar Lopez.

Tapi, itu menjadi satu-satunya penampilannya di Barcelona. Setelah dipinjamkan ke Numancia, dia pindah ke divisi dua bersama Lleida.

Sayangnya, dia harus pensiun pada usia 26 tahun atau dua tahun kemudian setelah menyerah pada sejumlah cedera.

7. Xavi Hernandez

Maestro lini tengah ini memenangkan 32 trofi untuk klub dan negara sepanjang kariernya yang luar biasa, di mana Xavi secara luas digembar-gemborkan sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa.

Xavi meninggalkan Barcelona pada 2015 untuk bermain bersama klub Qatar, Al-Sadd, yang sekarang dia latih.

8. Sergio Santamaria

Tak banyak yang bisa diceritakan dari pemain satu ini. Santamaria hijrah dari Camp Nou untuk bermain ke Albacete, Saint Andreu, dan Logrones, kemudian pensiun pada usia 31 tahun setelah melihat cedera merusak karier seniornya.

9. Gabriel

Lahir dan besar di Catalunya, Gabri adalah sosok yang berguna di Barcelona pada awal 2000-an. Diutamakan sebagai gelandang, dia juga bisa bermain di sayap pada banyak kesempatan. Gabri juga dapat mengisi posisi full-back.

Upayanya membuat Gabri mendapatkan tiga caps Spanyol dan satu tempat di skuad La Furia Roja di Euro 2004.

Sejak pensiun pada 2014, Gabri menjadi pelatih, bekerja di La Masia bersama akademi Barcelona selama tiga tahun.

Sejak saat itu, dia menjadi manajer dalam dirinya sendiri, memimpin klub Swiss Sion, FC Andorra, Olot, dan saat ini tim kecil Catalunya, Lleida Esportiu.

10. Luis Enrique

Enrique pasti merasa seperti pria di antara anak laki-laki di sisi ini. Pada usia 33 tahun, dia berada di tahun terakhir kariernya yang terkenal ketika dia turun ke lapangan di Oporto.

Pemain timnas Spanyol yang memiliki 62 caps itu bermain di depan, di sayap, di lini tengah, bahkan sekali sebagai bek tengah melawan FC Puchov di Piala UEFA tahun itu.

Enrique mengucapkan selamat tinggal ke Nou Camp pada akhir musim itu setelah 301 penampilan, tetapi kembali satu dekade kemudian untuk mengelola klub sebagai pelatih. Enrique memenangkan Liga Champions dengan tim yang diilhami Messi pada 2015. Dia sekarang menjadi manajer tim nasional Spanyol.

11. Luis Garcia

Lebih terkenal di Inggris karena kehebatannya saat di Liverpool, Garcia sebenarnya berjuang untuk membuat dampak saat di klub masa kecilnya, Barcelona.

Garcia baru saja kembali ke Nou Camp beberapa bulan sebelum pertandingan ini setelah awalnya dijual ke Atletico Madrid pada 2002.

Sementara dia berhasil mencetak tujuh gol dan sembilan assist dalam satu-satunya musimnya di tim utama Barcelona. Namun, dia tidak pernah bisa mencapai popularitas seperti yang dia dapatkan di Anfield.

Dia bergabung dengan Liverpool seharga 6 juta pounds pada musim panas berikutnya, menjadi pahlawan dalam perjalanan The Reds berikutnya ke Piala Eropa kelima mereka di musim pertamanya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen