5 Pemain Muda dengan Nilai Pasar Paling Mahal Saat Ini

"Semuanya masih berusia 21 tahun, dan ada yang pernah satu klub."

Feature | 12 August 2021, 15:30
5 Pemain Muda dengan Nilai Pasar Paling Mahal Saat Ini

Libero.id - Ada banyak pemain muda hebat  yang menarik perhatian publik dalam beberapa tahun terakhir. Puluhan bahkan mungkin ratusan nama layak untuk disebut disini.

Tetapi, apa yang harus kita jadikan patokan untuk mengukur para pemain itu? Jumlah gol, assist, penampilan, batas umur, atau apa? Pada catatan itu, mari kita lihat 5 pemain yang berusia 21 tahun dan memiliki market value paling mahal diantara yang lain.

Ya, kita akan menyandarkan penilaian pada market value, data diambil dari Transfermarkt dan bisa berubah sewaktu-waktu, tapi paling tidak, sejauh ini, berikut yang berhasil kami himpun :

5. Matthijs de Ligt - €75 juta/ Rp. 1,2 Triliun

Matthijs de Ligt secara luas dianggap sebagai salah satu bek muda terbaik saat ini. Bek tengah muda itu memimpin dari depan saat Ajax membuat perjalanan yang luar biasa ke semi-final Liga Champions pada 2018-19.

Juventus beruntung bisa merekrutnya meski harus merogoh kocek €75 juta atau setara Rp. 1,2 Triliun.

Tapi itu sebanding dengan kualitas de Light, ia unggul di udara, bagus dalam menguasai bola, dan pandai menempati posisi. Di klub barunya itu, ia segera menjadi pemain kunci di tim utama dan telah memenangkan gelar Serie A dan Copa Italia dalam dua musim terakhir.

4. Phil Foden - €80 juta/ 1,3 Triliun

Sejak memulai debutnya di Liga Premier pada tahun 2017, nama Phil Foden langsung mencuat ke permukaan. Ia sejauh ini telah mencatatkan 15 gol dan delapan assist dalam 69 pertandingan di Liga Premier.

Dan pada musim lalu, pemain berusia 21 tahun itu mencatatkan 9 gol dan 5 assist. Musim yang sejauh ini ditandai sebagai yang terbaik untuk Foden.

Pep Guardiola menyebut Foden sebagai pemain paling berbakat yang pernah dilihatnya, dengan mengatakan :

" Phil Foden adalah pemain paling berbakat yang pernah saya lihat. Yang terbaik adalah Messi, pertama. Tapi saya tidak bertemu Leo Messi pada usia 17 ketika saya bertemu Foden pada usia itu."

3. Joao Felix - €80 juta/Rp. 1,3 Triliun

Joao Felix adalah salah satu penyerang muda yang awal mulanya sangat menjanjikan.
Sampai-sampai Atletico Madrid menghabiskan €127 juta atau setara Rp.2,1 Triliun untuk mengangkut pemain asal Portugal itu pad musim panas 2019 dari Benfica.

Namun Felix belum cukup maksimal di La Liga. Ia hanya mencetak 19 gol dalam 76 pertandingan di semua kompetisi. Pemain berusia 21 tahun, yang bermain sebagai second striker itu masih cukup waktu untuk membuktikan harga dan potensinya. Saat ini di situs transfermarkt, market value Felix menurun meski masih di angka yang bagus.

2. Jadon Sancho - €100 juta/Rp.1,6 Triliun

Manchester United akhirnya berhasil memboyong Jadon Sancho, The Reds Devils mendaratkan mantan pemain sayap Borrusia Dortmund itu dengan mahar transfer € 85 juta atau setara Rp. 1,4 Triliun pada musim panas ini. Nilai Sancho di pasar transfer langsung meroket. 

Sancho telah menjalankan tugas empat musim yang sukses di Borussia Dortmund, mencetak 50 gol dan 64 assist di seluruh kompetisi.

Masih harus dilihat apakah pemain berusia 21 tahun itu bisa keluar dari tekanan atas label harganya yang tinggi dan menghasilkan penampilan yang sesuai dengan ekspektasi banyak penggemar.

1. Erling Haaland - €130 juta/Rp. 2,2  Triliun

Erling Haaland adalah salah satu pencetak gol paling produktif bahkan mengalahkan nama-nama seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. 

Haaland telah mencetak 60 gol dalam banyak pertandingan untuk raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund, dengan 41 di antaranya terjadi musim lalu.

Mempertimbangkan banyaknya klub yang menaruh minat, Haaland tidak mungkin bertahan terlalu lama di Dortmund. Namun demikian, sementara ini, ia masih setia bersama Dortmund.

Haaland telah membuka musim 2021-22-nya dengan hat-trick di DFB Pokal dan bakal ada lebih banyak gol lagi. Itu sebabnya market value Haaland seolah tak terbendung.

(mochamad rahmatul haq/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network