Siapa Bisa Lawan Bayern? Yuk, Intip Persaingan Bundesliga 2021/2022

"Bayern tetap favorit untuk memenangkan gelar lagi, tapi semua hal bisa saja berubah dalam sepakbola"

Feature | 13 August 2021, 01:18
Siapa Bisa Lawan Bayern? Yuk, Intip Persaingan Bundesliga 2021/2022

Libero.id - Pada Sabtu dini hari (14//8/2021), Die Bayern akan memulai usahanya untuk memperpanjang rekor memenangkan Bundesliga secara 10 kali berturut-turut saat bertandangan ke markas Borussia Monchengladbach, Borussia-Park. Lalu bagaimana dengan persaingan 17 tim lainnya dalam memperebutkan titel jawara Bundesliga musim 2021/2022 ? tanpa basa-basi lagi, berikut ulasannya,

Bayern Muenchen
Sang juara bertahan kini dipimpin oleh nahkhoda baru, yakni Julian Nagelsmann usai pria berusia 34 tahun dipercaya oleh Oliver Kahn untuk menggantikan Hansi Flick yang mempersingkat masa jabatannya menjadi pelatih Jerman.

Nagelsmann bisa dikatakan sebagai salah satu pelatih terbaik saat ini setelah membuat terobosan di Hoffenheim dan ia meningkatkan reputasinya lebih jauh lagi di Leipzig, dimana ia sukses memimpin Marcel Sabitzer dkk ke posisi ketiga dan kedua dalam beberapa musim terakhir. Leipzig asuhan Nagelsmann juga sukses mencapai semifinal Liga Champions di musim 2019/2020 dan final Piala Jerman di musim berikutnya.

Penandatanganan offseason terbesar Bayern juga datang dari Leipzig. Tim Bavaria memanfaatkan klausul pembelian Dayot Upamecano senilai 42,5 juta Euro untuk membawa bek Prancis itu ke Munich. Bayern juga mengontrak bek Inggris, Omar Richards dengan status bebas transfer dari tim divisi dua, Reading, dan mereka melepas banyak pemain senior seperti David Alaba, Douglas Costa, Javi Martínez dan Jerome Boateng.

Nagelsmann diharapkan mampu mendongkrak kembali performa dua pemain anyar Die Roten seperti Leroy Sane atau Marc Roca yang sejauh ini gagal memenuhi ekspektasi.

Leipzig
Leipzig yang ditinggal Nagelsmann, sejauh ini masih tampak dalam kondisi yang baik dengan pelatih baru mereka, Jesse Marsch yang sebelumnya pernah melatih tim satelit Leipzig di Austria, Red Bull Salzburg.

Die Roten Bullen sukses mendapatkan striker Portugal, Andre Silva dari Eintracht Frankfurt seharga 23 juta Euro dan juga mendapatkan tenaga segar di posisi gelandang berkat kehadiran Dominik Szoboszlai, meski pemuda berusia 20 tahun tersebut harus beristirahat terlebih dahulu karena masalah kebugaran. Kemudian ada penyerang Belanda, Brian Brobbey juga bergabung dari Ajax Amsterdam.

Leipzig kini hanya perlu menyesuaikan diri dengan kepergian Upamecano dan Ibrahima Konate, dan proses adaptasi dari para pemain yang berbeda-beda jelas juga menjadi tantangan tersendiri.

Konate sendiri akhirnya bergabung dengan Liverpool di offseason. Ada juga spekulasi yang mengaitkan Marcel Sabitzer dengan kepindahan ke Bayern, namun pemain asal Austria itu telah menolak tawaran klub untuk perpanjangan kontraknya, yang akan habis tahun depan.

Dan jangan lupa, ada Dani Olmo yang berperan penting untuk Spanyol di ajang Euro 2020.

Borussia Dortmund
Setelah selalu menunjukan performa tim yang solid dibawah arahan Lucien Favre, pelatih Swiss digantikan oleh pelatih sementara Edin Terzi, yang mengalami kesulitan sebelum memimpin Dortmund ke gelar Piala Jerman dan ke Liga Champions dengan mengorbankan Frankfurt yang terpaksa turun peringkat di klasemen akhir Bundesliga musim 2020/2021.

Terzi kini telah mengundurkan diri untuk menggantikan mantan pelatih Borussia Monchengladbach Marco Rose guna mengambil alih.

Jadon Sancho yang telah pergi ke kota Manchester, dan Dortmund bereaksi dengan mendatangkan penyerang Belanda Donyell Malen dari PSV Eindhoven dengan nilai transfer sebesar 30 juta Euro.

Sebagai dorongan untuk klub, kapten Marco Reus memilih untuk tidak ambil bagian di Euro 2020 sehingga ia bisa lebih dikondisikan untuk musim depan. Gio Reyna telah mengambil No 7 Sancho, menunjukkan bahwa pemain asal Amerika masih banyak yang bisa untuk bersinar, dan Dortmund juga masih memiliki Erling Haaland di lini depan. Pemain asal Norwegia itu memulai musim ini dengan hattrick di ajang DFB-Pokal.

Penandatanganan terbesar Dortmund adalah kiper Gregor Kobel dari Stuttgart, melanjutkan tren kiper Swiss di klub berjuluk 'Die Borussen' tersebut. Kobel yang berusia 23 tahun tampil impresif di Stuttgart dan diharapkan bisa berkembang di Westfalenstadion.

Tim lain
Bayer Leverkusen, Borussia Monchengladbach, Frankfurt, Wolfsburg semuanya memiliki pelatih baru, tetapi mereka akan fokus pada kualifikasi Eropa ketimbang meramaikan perburuan gelar Bundesliga. Hertha Berlin juga akan berharap untuk melakukan yang lebih baik setelah berhadapan dengan pertempuran degradasi musim lalu, sementara Stuttgart bisa menjadi tim yang harus diwaspadai pada musim penuh kedua Pellegrino Matarazzo sebagai pelatih Die Schwaben. Wataru Endo dkk kalah dari Barcelona di pramusim dan telah menunjukkan kualitas yang cukup layak untuk bertengger di tempat kesembilan pada musim lalu.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network