Siapa Ibai Llanos? Youtuber, Gamer, Tiba-tiba Bikin Konten dengan Lionel Messi

"Saat semua media mencari Messi, dia muncul di rumah La Pulga. Ikut nongkrong bareng Aguero."

Feature | 16 August 2021, 14:48
Siapa Ibai Llanos? Youtuber, Gamer, Tiba-tiba Bikin Konten dengan Lionel Messi

Libero.id - Saga transfer Lionel Messi telah berlalu. Ada banyak kisah dibalik semua kehebohan yang ditimbulkan Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG). Salah satunya tentang sosok bernama Ibai Llanos, yang tiba-tiba mewawancarai La Pulga ketika semua media top dunia gagal mendapatkan akses eksklusif.

Masih ingat ketika rumor hubungan Messi dengan Barcelona masih menjadi bahan spekulasi media? Saat itu, kediaman Messi di Barcelona dikunjungi beberapa rekan Argentina untuk makan malam sekaligus "pesta perpisahan".

Dunia heboh ketika seorang yang bukan pemain sepakbola. Bukan pula wartawan dari media ternama dunia, berpose dengan Messi di rumahnya. Bukan hanya berpose, dia sempat mengajukan beberapa pertanyaan. Itu bukan wawancara biasa, melainkan obrolan layaknya seorang teman.

Orang semakin kaget ketika pria ini ternyata datang dan meninggalkan rumah Messi bersama Sergio Aguero. Bukan hanya bersama. Bahkan, Kun yang mengemudikan mobil dan pria ini duduk disampingnya.

Dia adalah Ibai. Sosok berbadan besar itu berasal dari Bilbao di Basque Country. Di Negeri Matador, dia adalah selebgram, youtuber, dan gamer. Spesialisasinya bukan sepakbola, melainkan mengomentari pertandingan game populer bertajuk League of Legends.

Dia menjadi komentator Esports yang sangat populer di Spanyol dan pindah ke Barcelona. Pada 2019, Ibai membuat video komedi yang menjadi postingan paling banyak dilihat di Twitter tahun itu di Spanyol dengan 116.000 retweet.

Popularitasnya benar-benar meroket ketika pandemi Virus Corona melanda dan memaksa orang-orang Spanyol melakukan isiolasi mandiri. Sebab, semakin banyak orang mulai menonton streaming Ibai. Dia telah muncul di acara obrolan larut malam populer La Resistencia dan baru-baru ini melakukan obrolan selama satu jam dengan jurnalis televisi terkenal, Jordi Evole.


Hubungan dengan sepakbola

Sama seperti orang Spanyol pada umumnya, Ibai juga menyukai sepakbola, selain game online. Dia mengomentari game FIFA untuk La Liga tahun lalu. Statusnya di komunitas video game juga membuatnya sering streaming online dengan beberapa pesepakbola terkenal yang tidak dapat berlatih selama pandemi dan akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain video game dengannya.

Ibai menjalin hubungan dekat dengan Aguero. Itu terjadi saat pemain Argentina tersebut masih di Manchester City. Dia juga mengenal putra pemain Aguero, Benjamin, yang mengiriminya kemeja Boca Juniors. Dia juga menjalin hubungan yang baik dengan bek Barcelona Gerard Pique.


Bagaimana dia kenal Messi?

Ibai adalah salah satu dari sedikit orang istimewa yang diundang ke pesta makan malam perpisahan Messi. Saat itu Ibai tidak tahu akan bertemu Messi. Dia pergi karena diundang Aguero. Tapi, Aguero justru mengantar Ibai ke rumah Messi. Di sana, dia langsung disambut oleh tuan rumahnya.

Di rumah, Messi hanya mengenakan kaus Batman, celana Chicago Bulls, dan tanpa kaus kaki. Ibai sama sekali tidak menyangka bisa bertemu Messi sehingga mengaku sangat terkejut. Bahkan, dia menyatakan hampir mati tak percaya pada hari itu.

"Saya merasa seperti akan mengalami serangan jantung," kata Ibai kepada pemirsanya di sebuah streaming tentang pertemuannya dengan Messi.

Messi kemudian mengundang Llanos untuk melakukan perjalanan ke Paris untuk presentasinya pada Rabu (10/8/2021) dan mewawancarainya di Twitch. Dan, itu benar-benar mengejutkan dunia karena Ibai menjadi orang pertama yang melakukannya.


Penilaian media Spanyol

Meski menghasilkan 1,4 juta euro setiap tahun dan baru saja membeli rumah Samuel Eto'o di Barcelona, Ibai ternyata sosok yang sederhana. Dia tidak benar-benar menjalani gaya hidup selebriti.  Dia tidak memakai merek pakaian top. Itu sebabnya Ibai mengaku sering diusir dari restoran eksklusif dan kemudian pergi ke warung kebab kaki lima.

Ibai sangat populer di kalangan milenial Spanyol. Bahkan, surat kabar El Mundo menyebutnya "Pria paling terkenal di Spanyol". Tapi, banyak juga jurnalis yang mengkritik Ibai karena terlalu bersahabat dengan pemain dalam wawancara dan tidak mengajukan pertanyaan yang lebih sulit.

"Setiap kali Ibai Llanos mewawancarai pemain, itu adalah cerita lama yang sama. Dia adalah seorang penghibur dan prioritasnya bukan untuk menjelaskan berita atau mengkontekstualisasikan peristiwa," kata Xavier Hernandez, jurnalis untuk surat kabar Catalan Ara di Twitter.

Jurnalis radio terkemuka, Juanma Castano, menyebabkan kegemparan yang jauh lebih besar ketika dia mentweet "Saya tidak mengerti" setelah wawancara Ibai dengan Messi.

Ibai lalu menjawab santai. "Tentu saja, saya bukan seorang jurnalis dan saya bahkan tidak ingin bersaing dengan pers, saya sangat menghormati profesi mereka dan memiliki banyak teman jurnalis. Tapi, saya tidak bisa menolak kesempatan seperti ini jika ditawarkan kepada saya, saya minta maaf," kata Ibai.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network