5 Pemain ke Mantan Klub dengan Rekor Transfer Paling Mahal

Feature | 17 August 2021, 12:29
5 Pemain ke Mantan Klub dengan Rekor Transfer Paling Mahal

"Tidak semuanya tampil sesuai ekspektasi..."

Libero.id - Sebagian besar orang yang berani melakukan perantauan atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain terbukti sukses baik dalam hal karier ataupun kekayaan. Ternyata hal tersebut juga berlaku di dunia sepak bola.

Selama bertahun-tahun, ada beberapa contoh pemain yang kembali ke mantan klub dengan nilai transfer yang tercatat jauh lebih tinggi dari mulanya.

Jadi, tanpa basa-basi lagi. Berikut adalah 5 daftar pemain yang kembali ke mantan klub mereka dengam biaya yang memecahkan rekor transfer.

5. Don Hutchinson (West Ham United)

Don Hutchinson tiba di West Ham untuk pertama kalinya sebagai salah satu rekrutan Harry Redknapp pada tahun 1994. Gelandang itu mencetak gol pada debutnya untuk The Hammers tetapi hal itu tidak cukup untuk membawanya menjadi pemain reguler, alasannya ialah  
Hutchinson berprilaku buruk.

Setelah hanya dua musim di London timur, Hutchinson dipinjamkan ke Sheffield. Bermula dari situ, performa Hutchinson membaik dan menikmati masa-masa kejayaan di Everton dan Sunderland.

10 Foto Mishel Gerzig, Model Cantik Israel Diperebutkan Neymar dan Cortouis

10 Foto Mishel Gerzig, Model Cantik Israel Diperebutkan Neymar dan Cortouis

Dan hal itu menggoda West Ham untuk memboyongnya kembali,  dengan nilai waktu itu 5 juta pounds atau sekitar Rp. 99 Milliar.

Berikutnya Hutchinson menghabiskan 4 tahun bersama The Hammers. Tetapi Hutchinson tampil mengecewakan untuk kedua kalinya.

Pemain asal Skotlandia ini adalah contoh sempurna bagaimana rekor transfer ke mantan klub tidak selalu menguntungkan kedua belah pihak.

4. Graeme Le Saux (Chelsea)

Graeme Le Saux menghabiskan 4 tahun dalam tugas pertamanya bersama Chelsea sebelum pindah ke Blackburn Rovers.

Di musim pertamanya, Le Saux membantu klub barunya itu finish di urutan kedua  dan kemudian memenangkan Liga Premier pada tahun berikutnya. Chelsea akhirnya datang meminta jasanya kembali pada tahun 1997, dengan biaya rekor 5 juta pounds atau sekarang sekitar Rp. 99 Milliar.

Dan itu menjadikannya bek termahal di sepak bola Inggris saat itu. Pemain asal Inggris itu kemudian memenangkan Piala Winners UEFA di musim pertamanya, dua tahun kemudian Piala FA.

3. Nicolas Anelka (Paris Saint-Germain)

Nicolas Anelka pernah bermain untuk 12 klub berbeda selama 19 tahun kariernya.

Dimulai di Paris Saint-Germain, Anelka muncul sebagai bakat yang menarik, dan itu menarik perhatian Arsene Wenger di Arsenal. Striker itu pindah ke London utara pada usia 17 dan akhirnya memantapkan dirinya di sisi Arsenal selama musim keduanya di Highbury.

Anelka adalah pencetak gol terbanyak The Gunners di musim 1998-99 setelah mencetak 17 gol, dan itu membuatnya direkrut Real Madrid. Setelah pindah ke Spanyol, Anelka tidak pernah benar-benar 
bermain bagus 

Terlepas dari penurunan performanya yang parah, Paris Saint-Germain memutuskan untuk mengambil kesempatan pada tahun 2000 untuk mengontraknya kembali dengan rekor transfer senilai sekitar 22 juta pounds atau senilai Rp. 437 Milliar.

Meskipun kepindahan itu dirayakan dengan senang Paris, Anelka dianggap gagal memenuhi ekspektasi.

2. Paul Pogba (Manchester United)

Pada tahun 2016, secara meyakinkan Manchester United merekrut kembali lulusan akademi mereka, Paul Pogba dari Juventus dengan biaya tak tanggung yakni 89 juta pounds atau sekitar Rp. 1,7 Trilliun.

Sejak tiba di Old Trafford, Pogba memainkan peran penting di setiap dinamika klub.
Namun, ada juga kasus ketika Pogba dicap sebagai seseorang yang secara sengaja berkinerja buruk untuk. Namun hal itu ia bantah, dengan selalu berada di Manchester United.

1. Romelu Lukaku (Chelsea)

Romelu Lukaku berada di puncak daftar setelah menjadi penandatanganan rekor klub baru Chelsea musim panas ini dengan biaya 97,5 juta pounds atau sekitar Rp. 1,9 Triliun.

Pemain asal Belgia itu pertama kali tiba di Stamford Bridge dari Anderlecht pada tahun 2011. Lukaku yang tampil tak cukup baik waktu itu dipinjamkan ke West Bromwich Albion dan Everton, yang kemudian mengontraknya secara permanen.

Setelah menghabiskan tiga tahun yang produktif di Merseyside bersama Everton, Chelsea dikaitkan dengan merekrutnya kembali pada 2017. Namun, rival Manchester United berhasil merekrutnya saat Chelsea memilih Alvaro Morata sebagai gantinya.

Tapi di Old Trafford Lukaku mengalami jalan buntu dan akhirnya pindah ke Inter Milan. Dan sejarah baru dimulai. Musim lalu, Lukaku mencetak 30 gol dan 10 assist di semua kompetisi saat Inter mengangkat gelar Serie A setelah 11 tahun. 

Penyerang tengah itu tampaknya akan melakukan debutnya kembali saat Chelsea melawan rival sekotanya Arsenal akhir pekan depan dan para penggemar Chelsea akan dengan sabar menunggu untuk melihat bagaimana Lukaku setelah semua yang ia lakukan selama ini.

(muhammad alkautsar/gie)

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen