Kisah Maurice Watkins, Orang yang Berjasa Tunjuk Sir Alex Ferguson Latih MU

"Nama Maurice Watkins akan selalu dikenang oleh para penggemar sepak bola Inggris"

Feature | 17 August 2021, 16:00
Kisah Maurice Watkins, Orang yang Berjasa Tunjuk Sir Alex Ferguson Latih MU

Libero.id - Mantan direktur Manchester United, Maurice Watkins meninggal dunia pada usia 79 tahun. Watkins meninggal pada Senin dini hari (16/8/2021)  setelah dikabarkan sakit.

Watkins adalah salah satu pengacara olahraga paling terkenal di Inggris dan menghabiskan 28 tahun sebagai direktur olahraga untuk Manchester United hingga tahun 2012.

Ia juga menjadi ketua federasi Renang Inggris, dan mengawasi era baru kesuksesan cabang olahraga renang di ajang Olimpiade.

British Swimming mengkonfirmasi berita tersebut pada Senin pagi lalu dengan mengatakan, “British Swimming sedih mendengar kematian ketua kami, Maurice Watkins CBE di usia 79 tahun."

“Semua pikiran dan belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga dan teman-temannya di saat yang sulit ini.”

Mantan presiden MU, Martin Edwards mengundang Watkins untuk menjadi direktur Setan Merah pada tahun 1984 bersamaan dengan hadirnya Sir Bobby Charlton. Watkins adalah orang yang berpengaruh dalam penunjukan Sir Alex Ferguson pada tahun 1986.

Tujuh tahun kemudian, ia bergabung dengan dewan PLC setelah klub asal kota Manchester itu sukses di pasar saham.

Malcolm Glazer kemudian menentang terpilihnya kembali Watkins menjadi dewan PLC pada RUPS tahun 2005 dan menghapusnya dari daftar setelah ia menyelesaikan pengambilalihan MU dan menjadikannya sebagai perusahaan swasta lagi.

Watkins juga mewakili klub dan pemain sebelum FIFA, UEFA, Asosiasi Sepak Bola dan badan disiplin Liga Premier belum seperti sekarang.

Watkins juga bekerja untuk liga Premier Afrika Selatan dan Nigeria serta menjadi Dewan Olahraga Mesir serta otoritas sepakbola UEA.

Watkins ditunjuk sebagai ketua British Swimming pada Desember 2012 dan mengawasi perkembangan era baru yang membuat para perenang Inggris menikmati Pertandingan Olimpiade tersukses mereka dalam sejarah pada pergelaran Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

CEO tim Renang Inggris, Jack Buckner mengatakan, “Saya beruntung bisa mengenal martabat dan kerendahan hati pribadi Maurice."

“Dia telah menjadi pemimpin dengan kebijaksanaan yang mendalam dan kecerdasan yang sabar, pelayan yang bijaksana di jantung olahraga ini."

“Bahkan di hari-hari terakhirnya, fokus totalnya adalah di Tokyo dan peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di sana. Maurice adalah bagian dari medali yang diperoleh tim renang Inggris."

“Terima kasih atas kontribusi besar Anda untuk British Swimming dan semua yang telah Anda lakukan untuk olahraga Inggris.”

Watkins juga ditunjuk sebagai Ketua Liga Sepakbola Rugby sementara ketika Richard Lewis pindah pada tahun 2012. Bahkan ia sampai mengundurkan diri dari perannya di MU pada tahun yang sama.

Setahun kemudian pada Mei 2013, ia diumumkan sebagai ketua baru klub Championship Barnsley FC.

(diaz alvioriki/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network