Izin Liga 1 Resmi Diberikan Kapolri, tapi Jadwal Pertandingan Belum Ada

"Keinginan PSSI menggelar kompetisi akhirnya terwujud, meski jadwal tak jelas. Kok, bisa?"

Berita | 23 August 2021, 18:08
Izin Liga 1 Resmi Diberikan Kapolri, tapi Jadwal Pertandingan Belum Ada

Libero.id - Kabar gembira didapatkan suporter sepakbola Indonesia. Pasalnya, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, resmi menyerahkan izin kompetisi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mewakili PSSI. Tapi, ternyata jadwal belum ada. 

Dalam pernyataan resmi bersama Menpora di Markas Besar (Mabes) Polri, Senin (23/8/2021), Kapolri berpesan agar izin benar-benar dilaksanakan dengan baik sesuai kesepakatan, khususnya terkait pertandingan tanpa penonton dan protokol kesehatan ketat.

"Sampai saat ini kita masih melakukan pengendalian terhadap laju pertumbuhan Covid-19. Pemerintah terus melakukan evaluasi terkait PPKM level 1-4. Berdasarkan hasil assessment, terkait laju pertambahan Covid, dan situasi BOR (keterisian rumah sakit), dan penurunan di beberapa wilayah diberikan kelonggaran berdasarkan assessment yang dilakukan Kementerian Kesehatan," kata Kapolri.  

"Salah satunya adalah melonggarkan kegiatan olahraga dengan berbagai macam pembatasan. Karena itu mendasari dengan assesment dan evaluasi kegiatan PPKM, maka kami sepakat untuk memberikan persetujuan dilaksanakan Liga 1 maupun Liga 2. Tentunya harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," tambah Jenderal Listyo.

Izin resmi Polri diberikan  kick-off Liga 1 pada  Jumat (27/8/2021). Izin keluar setelah Polri menggelar pembicaraan dengan berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap pengendalian penyebaran Virus Corona di Indonesia.

"Kita sadar suasananya masih pandemi. Tapi, situasi pandemi itu tak boleh membuat kita berhenti berkegiatan. Kemudian aspirasi dari masyarakat agar kegiatan sepakbola segera digulirkan. Mereka yang di rumah juga butuh tontonan," beber Menpora.

Lalu, siapa yang akan menggelar pertandingan pertama? Dan, di stadion mana pertandingan tersebut akan diselenggarakan? Ternyata, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum tahu.

Dalam pernyataannya kepada media, PT LIB baru akan merilis jadwal Liga 1 pada Selasa (24/8/2021). Mereka menyebut masih ada beberapa hal yang harus disesuaikan terkait daerah-daerah mana saja yang masih masuk zona merah, kuning, maupun hijau.

"Jadwal akan kami keluarkan besok (Selasa) karena banyak hal yang terkait. Jadi kami sesuaikan dengan rekomendasi-rekomendasi yang diberikan. Soal tempat dan protokol kesehatan dengan menerapkan aplikasi PeduliLindungi. Itu semua stadion, akomodasi, itu nanti kami pakai semua," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

Meski jadwal belum jelas, beberapa waktu lalu sempat muncul jadwal pertandingan di status salah satu pemain Bhayangkara FC, Evan Dimas Darmono. Di situ tertulis pembukaan menyajikan Bali United versus Persik Kediri pukul 15.30 WIB. Ada lagi Persipura Jayapura menghadapi Persita Tenggerang pada pukul 19.00 WIB. 

Namun, PT LIB belum memberikan klarifikasi terkait jadwal tersebut. Mereka hanya bisa memastikan bahwa jadwal akan dirilis setiap seri. Rencananya, seri pertama di Banten, DKI, dan Jawa Barat. 

"Penyempurnaan jadwal ini terkait dengan aplikasi PeduliLindungi dan kami harus sosialisasi (kepada klub). Begitu juga soal kesepakatan terkait pendaftaran pemain yang harus vaksin dan pemain asing. Itu menjadi pertimbangan yang harus kami sempurnakan," ungkap Sudjarno.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network