Kisah Taiwo Awoniyi, Eks Pemain Liverpool yang Kini Tampil Impresif di Jerman

"Sukses mencetak empat gol dalam empat penampilan, impresif !"

Biografi | 24 August 2021, 16:51
Kisah Taiwo Awoniyi, Eks Pemain Liverpool yang Kini Tampil Impresif di Jerman

Libero.id - Setelah meninggalkan Liverpool musim panas ini, Taiwo Awoniyi kini mulai mendapatkan permainan terbaiknya bersama Union Berlin dan telah membuat penampilan yang impresif di ajang Bundesliga musim 2020/21.

Striker Nigeria itu meninggalkan Anfield tanpa membuat penampilan tim utama, dengan enam tahun di klub dan sebagian besar dihabiskan dalam masa pinjaman.

Setelah menandatangani kontrak dengan tim asuhan Juergen Klopp saat berusia 18 tahun pada Agustus 2015, Awoniyi segera dipinjamkan ke klub Bundesliga 2, FSV Frankfurt.

Hanya mampu mencetak satu gol dalam 13 penampilan bersama FSV, sayang 'Bornheimer' mengalami degradasi ke tingkat ketiga tahun itu, dan Awoniyi kemudian menghabiskan tiga musim berikutnya ke NEC Nijmegen di Belanda dan Mouscron serta Gent di Belgia.

Ia kembali ke Jerman dengan bermain untuk Mainz pada musim 2019/2020 sebelum mencetak lima gol dalam 21 penampilan musim lalu untuk Union. Dan di ibu kota Jerman itulah Awoniyi akhirnya menetap.

“Setelah banyak peminjaman di tahun-tahun sebelumnya, saya akhirnya ingin datang dan memiliki rumah,” ujar pemain berusia 24 tahun itu kepada situs web resmi Union setelah secara resmi dipermanenkan klub menjelang musim 2021/2022.

“Saya berutang banyak kepada Union, jadi saya senang dan bangga bisa kembali ke sini. Sangat luar biasa untuk melanjutkan jalur hebat bersama klub."

“Saya akan memberikan segalanya untuk segera mengambil posisi saya sebelum cedera. Saya sangat senang bisa mencapainya tahun ini dan saya kembali lagi di Berlin.”

Awoniyi kini telah menempati janjinya dengan mencetak empat gol dalam empat penampilan kompetitif pertamanya sebagai anggota penuh waktu Die Eisernen.

Ia mencetak gol dalam hasil imbang 1-1 Union dengan Bayer Leverkusen pada pertandingan pertama dan menggandakan awal sempurnanya di Bundesliga dengan menyamakan kedudukan saat tim asuhan Urs Fischer berbagi poin dengan Hoffenheim pada pertandingan kedua.

Awoniyi juga mencetak dua gol dalam kemenangan 4-0 leg pertama Union di Kuopion Palloseura di Liga Konferensi UEFA dan membantu terciptanya gol Max Kruse di pertandingan yang sama.

Satu-satunya pertandingan yang gagal ia cetak adalah dalam kemenangan putaran pertama mereka di ajang DFB-Pokal atas Türkgücü München, meski begitu ia sukses memberikan assist - sekali lagi untuk Kruse - untuk satu-satunya gol di pertandingan itu.

Keterlibatan gol Awoniyi menjadi enam dari empat dan setelah tendangannya ke gawang Leverkusen, sang striker tidak berusaha menyembunyikan kegembiraannya saat mencetak gol.

"Bagi saya, itu yang saya tunggu, selama bertahun-tahun, saya sangat senang ”ujar Awoniyi.

Awoniyi yang kini merasa bahagia jelas merupakan keuntungan besar bagi Union ke depannya.

Kehadirannya di tim telah memungkinkan pemain internasional Jerman, Max Kruse, untuk bisa fokus dalam memberikan umpan dengan Awoniyi memberikan keunggulan di ujung serangan Union - seperti yang disorot oleh fakta bahwa dua gol Bundesliga Awoniyi datang dari hanya empat kesempatan, tembakan dalam dua pertandingan yang semuanya tepat sasaran.

Adapun striker betinggi badan 1,93 meter itu merupakan pemain tercepat Union musim dan kontribusi yang ia berikan sudah seperti yang diharapkan direktur sepakbola Union Berlin, Oliver Ruhnert.

“Kami mengenal Taiwo musim lalu, dan kami menjadi yakin dengan kualitasnya,” ujar Ruhnert setelah mendatangkan Awoniyi. 

“Ketangguhannya, dedikasinya dan kemauannya yang tanpa syarat untuk belajar dan berkembang adalah faktor penentu bagi kami untuk memberikan segalanya untuk mewujudkan transfer ini."

Jika ia mampu melanjutkan penampilan impresifnya hingga akhir musim, langkah alami Awoniyi selanjutnya adalah mendapatkan caps penuh pertama untuk negaranya, setelah sebelumnya mengangkat Piala Dunia FIFA U-17 dan Piala Afrika U-20 bersama Super Eagles.

“Di sisi bermain, saya menantang diri saya untuk tidak pernah berhenti belajar, terus bekerja keras dan berjuang untuk mewujudkan impian saya,” ujarnya kepada World Soccer.

“Itu tetap menjadi impian semua orang untuk bermain untuk negaranya. Hanya orang mati yang bisa berhenti berharap dan bermimpi, jadi selagi aku bernafas, aku akan terus berharap yang terbaik.”

Untuk saat ini, Union Berlin sangat beruntung memiliki Awoniyi karena pemuda asal Nigeria itu telah menunjukan kualitasnya yang sangat baik dalam beberapa pertandingan.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network