Inilah 32 Peserta Fase Grup Liga Champions 2021/2022, Potensi Grup Neraka

"Bayangkan jika PSG bertemu Man City, Chelsea, atau Bayern."

Analisis | 26 August 2021, 09:03
Inilah 32 Peserta Fase Grup Liga Champions 2021/2022, Potensi Grup Neraka

Libero.id - Semua peserta Liga Champions 2021/2022 akhirnya didapatkan. Dengan hasil di beberapa liga top Eropa musim lalu, pertemuan-pertemuan tim besar tidak akan mungkin terhindari di fase grup musim ini. Grup neraka mungkin saja tercipta.

Sesuai rencana, UEFA akan melakukan drawing di Istanbul, Turki, Kamis (26/8/2021) malam WIB. Seperti biasa tim-tim tersebut dibagi ke dalam delapan grup. Kemudian, masing-masing grupnya berisikan empat tim. Mereka akan bertanding home and away untuk melaju ke babak 16 besar.

Agar persaingan menarik dan berlangsung ketat, UEFA sudah menempatkan 32 klub tersebut ke dalam empat pot unggulan. Pot 1 berisikan tim-tim juara Liga Champions dan Liga Eropa 2020/202021. Ada juga juara liga dari enam liga dengan nilai koefisien tertinggi.

Dalam barisan ini ada Chelsea (juara bertahan), Villarreal (juara Liga Eropa), Manchester City (juara Liga Premier), Bayern Muenchen (juara Bundesliga), dan Inter Milan (juara Serie A).

Kemudian, penghuni pot 2, 3, hingga 4 di berdasarkan performa klub dalam lima musim terakhir di kompetisi antarklub Eropa seperti Liga Champions dan Liga Eropa. Musim ini, pot 2 misalnya, dihuni beberapa klub besar yang musim lalu gagal juara di liganya masing-masing. Contoh, Real Madrid, Barcelona, Juventus, dan Liverpool.

Berdasarkan pembagian pot yang ada sekarang, potensi terciptanya grup neraka sangat besar. Kehadiran Lionel Messi di Prancis akan membuat Paris Saint-Germain (PSG) jadi pusat perhatian. Les Parisiens harus menjadi unggulan kedua karena musim lalu gagal menjuarai Ligue 1.

PSG memang akan terhenindar dari Madrid atau Barcelona. Tapi, mereka bisa saja bertemu Chelsea dan Man, Bayern, atau Atletico Madrid. Jika itu terjadi, akan menjadi pertemuan yang menarik karena materi pemain tim-tim tersebut yang sangat bagus.

Berikut ini pembagian pot untuk undian fase grup Liga Champions 2021/2022:

Pot 1
Chelsea
Vilarreal
Atletico Madrid
Manchester City
Bayern Muenchen
Inter Milan
Lille
Sporting Lisbon

Pot 2
Real Madrid
Barcelona
Juventus
Manchester United
Paris Saint-Germain
Liverpool
Sevilla
Borussia Dortmund

Pot 3
FC Porto
Ajax Amsterdam
Shakhtar Donetsk
RB Leipzig
Redbull Salzburg
Benfica
Atalanta Bergamo
Zenit Saint Petersburg

Pot 4
Besiktas
Dynamo Kiev
Club Brugges
Young Boys
AC Milan
Malmo
VfL Wolfsburg
Sheriff Tiraspol

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network