Selamat Ulang Tahun!

Klub Liga Premier Habiskan Rp. 21,5 T di Transfer Window Musim Panas 2021

"Klub manakah yang paling boros musi ini? Yang bisa jawab berarti pencinta sepak bola sejati."

Analisis | 02 September 2021, 01:02
Klub Liga Premier Habiskan Rp. 21,5 T di Transfer Window Musim Panas 2021

Libero.id - Siapapun bisa apapun kalau punya uang yang banyak. Kalimat itu lebih dan kurangnya dapat menggambarkan apa yang bisa dan biasa di lakukan oleh klub-klub Liga Premier tiap kali bursa transfer datang.

Musim panas ini misalnya, klub-klub Liga Premier sangat jor-joran dalam belanja pemain, ketika klub-klub top Eropa lainnya berpikir dua kali karena Covid-19 masih menggangu kestabilan keuangan mereka, klub-klub Liga Premier justru terlihat tak ambil pusing soal itu.

Meski dalam dua tahun terkahir pengeluaran klub papan atas Liga Premier sedikit menurun, tetapi secara total, klub-klub Liga Premier jika digabungkan telah menghabiskan  sekitar £ 1,1 miliar / Rp. 21, 5 trilliun terhitung dari 1 Juli hingga 31 Agustus.

Dan nominal itu hanya dihitung dari hal transfer yang permanen.  Total 103 transfer permanen secara keseluruhan.

Transfer Pemain Termahal Liga Premier 

Musim panas ini yang menjadi rekor penandatanganan individu adalah Jack Grealish dengan mahar  £ 100 juta / Rp. 1,96 triliun dari Aston Villa ke Manchester City.

10 Foto Desire Cordero, Mantan Cristiano Ronaldo Kini Kekasih Joaquin Correa

10 Foto Desire Cordero, Mantan Cristiano Ronaldo Kini Kekasih Joaquin Correa

Lalu ada £ 97.5 juta /Rp. 1, 9 yang digelontorkan Chelsea untuk Romelu Lukaku, berikutnya Jadon Sancho dengan mahar £ 73 juta / Rp. yang pindah ke Manchester United dari Borussia Dortmund dan Raphael Varane juga ke Manchester United  dalam kesepakatan £ 42 juta / Rp. 823 miliar.

Belum lagi Ben White yang hijrah dari Brighton ke Arsenal dalam kesepakatan £ 50 juta / Rp. 980 milliar, dan kemudian Cristian Romero yang pindah ke Tottenham untuk kesepakatan senilai hingga £ 47 juta / Rp. 921 miliar.

Terlepas dari banyaknya jumlah pemain yang didatangkan klub-klub Liga Premier, secara keseluruhan pengeluaran total klub-klub Liga Premier turun hampir £ 200 juta / Rp. 3,9 trilliun dari musim panas lalu.
Itu artinya, musim panas yang lalu, total klub-klub Liga Premier mengeluarkan £ 1,31 miliar / Rp. 23 triliun.

Dan £1,1 miliar / Rp. 21, 5 trilliun  yang dihabiskan musim panas ini  merupakan penghitungan terendah sejak 2015.

Klub Paling Boros Belanja Pemain

Untuk musim panas kali ini, Arsenal jadi klub dengan riwayat belanja terbesar, total The Gunners mengeluarkan £ 157 juta / Rp. 3,0 triliun lebih besar jika dibandingkan dengan Man Utd  yang hanya £ 134 juta / Rp. 2,6 trilliun dan Man City  £ 100 juta / Rp. 1,96 trilliun.

Dan sementara itu Chelsea menghabiskan £ 97,5 juta / Rp. 1,9 trilliun, mereka juga mendapatkan kembali £ 94 juta / Rp. 1, 8 miliar --- yang berarti pengeluaran bersih mereka di bawah £ 3 juta  / Rp. 58 milliar.

Pendek kata, perputaran uang dari bursa transfer musim panas ini menempatkan Liga Premier sebagai kompetisi yang paling loyal dalam belanja pemain.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=qKX8l_11M3A

Artikel Pilihan