Kisah Gio Reyna, Anak Legenda AS kini Jadi Bintang Borussia Dortmund

"Dua kali memecahkan rekor Christian Pulisic."

Biografi | 03 September 2021, 10:25
Kisah Gio Reyna, Anak Legenda AS kini Jadi Bintang Borussia Dortmund

Libero.id - Setelah menjadi pemain termuda yang mencapai 50 penampilan Bundesliga, kami telah mencatat momen-momen penting dalam karier dewasa Gio Reyna sebelum dia disibukkan dengan agenda internasional bersama tim sepakbola USA (USMNT).

# 18 Januari 2020: Debut Bundesliga

Itu adalah 18 menit dari akhir kemenangan 5-3 melawan Augsburg ketika Reyna muncul dari bangku cadangan Dortmund untuk membuat debutnya di Bundesliga. Dia mungkin akan membuat percikan yang lebih besar seandainya Erling Haaland tidak melakukan hal yang sama dan mencetak hat-trick di babak kedua untuk membantu Dortmund bangkit dari ketinggalan dua gol dan merebut poin.

Berusia hanya 17 tahun dan 66 hari pada saat itu, mantan pemain akademi New York City FC itu menjadi pemain Amerika termuda yang bermain di Bundesliga. Dia mengalahkan rekor sebelumnya milik mantan pemain Dortmund, Christian Pulisic.

Meskipun Haaland mencuri sebagian besar pusat perhatian, pelatih Dortmund saat itu, Lucien Favre, terkesan dengan kontribusi Reyna.

"Dalam latihan, Anda bisa melihat bahwa dia memiliki sesuatu yang istimewa," kata pelatih Swiss itu.

"Jika Anda tidak bisa melihat itu, Anda buta. Pergerakannya selalu tepat, dia bermain dengan cara yang benar dan dia sudah bisa melakukan banyak hal di usianya."

# 18 Februari 2020: Debut Liga Champions

Ada peran pengganti penting lainnya untuk Reyna yang lahir di Inggris sebulan kemudian, tepatnya ketika dia melangkah ke lapangan 23 menit di akhir pertandingan leg pertama 16 besar. Dia menjadi pemain termuda ketiga yang tampil di fase knockout kompetisi Eropa ini.

Dia berkontribusi saat memberi umpan kepada Haaland untuk terciptanya gol kemenangan. Itu menjadikannya pemain Amerika termuda yang bermain dan mencatatkan assist pertama untuk tim senior Dortmund dalam pertandingan Liga Champions. Sekali lagi dengan merebut rekor Pulisic.

"Masih banyak emosi yang berkecamuk di kepala saya saat ini," kata Reyna kepada bundesliga.com usai pertandingan. "Jelas itu luar biasa untuk melakukan debut Liga Champions saya melawan Paris. Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya. Dengan semua pemain di lapangan, dan untuk mendapatkan assist bahkan lebih baik, tetapi yang paling penting adalah kami mendapatkan kemenangan. Saya sangat senang tentang itu."

Reyna telah membuat sembilan penampilan di Liga Champions, dan menjadi starter pertama di kompetisi elite sepakbola klub Eropa ketika dia bermain 90 menit penuh dalam hasil imbang 1-1 di kandang sendiri melawan Lazio pada matchday kelima fase grup musim 2020/2021.

# 19 September 2020: Gol pertama Bundesliga

Gol perdana Reyna di tim utama tercipta di DFB Cup melawan Werder Bremen pada Februari 2020. Dia menjadi pencetak gol termuda klub dalam kompetisi tersebut, namun dia harus menunggu hingga musim berikutnya sebelum membuka keran golnya di Bundesliga.

Sekali lagi, Haaland mencetak dua gol, tetapi Reyna mendapat gol pembuka yang sangat penting dalam kemenangan 3-0 di matchday pertama melawan Borussia Monchengladbach. Itu membuat klubnya memulai dengan awal yang baik.

"Secara keseluruhan, ini adalah malam yang sangat bagus untuk mencetak gol dan meraih kemenangan. Sekarang kami hanya perlu memulai dan tampil sedikit lebih baik ke depan, tapi itu luar biasa," kata Reyna.

"Saya hanya perlu mengatakan beberapa kata. 'Dia adalah American Dream’" tambah Haaland. "Aku tidak perlu mengatakan lebih banyak. Reyna benar-benar mewujudkan impian Amerika."

# 12 November 2020: Debut USMNT

Tidak ada banyak cara yang lebih baik untuk merayakan ulang tahun ke-18 Anda selain bermain untuk negara di level tertinggi. Hanya sehari sebelum ulang tahunnya, Reyna melakukan hal itu dalam hasil imbang tanpa gol lawan Wales dan menjadi pemain ke-12 yang melakukan debut USMNT di bawah usia 18 tahun. Dia juga menjadi orang ketiga di keluarganya, setelah ayahnya, Claudio dan ibunya, Danielle, telah mengenakan kemeja AS.

Lahir di Inggris mengikuti karier bermain ayahnya. Dengan darah Argentina dan Portugal berkat ayahnya, Gio bisa bermain untuk salah satu dari tiga negara itu, tetapi mereka tidak pernah menjadikannya pilihan.

"Saya anak Amerika. Saya tumbuh di sana. Ini budaya saya. Ini rumah saya, keluarga saya. Seterusnya saya adalah orang Amerika," katanya.

"Gio dan Claudio sama-sama bergerak di sekitar lapangan dengan cara yang sangat lancar, dan saya pikir itu adalah perbandingan yang sangat besar dari keduanya. Mereka berdua kompetitif," kata pelatih USMNT Gregg Berhalter, yang bermain bersama Reyna.

“Saya tahu Claudio sangat kompetitif, Anda dapat melihat Gio memiliki semangat kompetitif itu. Dalam pertandingan yang kami tonton dari Dortmund ini, Anda dapat melihat betapa dia sangat ingin memenangkan pertandingan. Jadi, itu mungkin dua kesamaan utama yang saya lihat di antara mereka.”

# 16 November 2020: Gol pertama USMNT

Vienna akan selalu menjadi drama spesial di hati Reyna. Bukan karena Sachertorte yang lezat atau opera yang terkenal di dunia, tetapi karena itu adalah tempat dimana dia mencetak gol pertamanya untuk AS hanya empat hari setelah melakukan debutnya.

Dengan waktu hanya 18 menit, dalam pertandingan persahabatan melawan Panama, Reyna melepaskan tendangan bebas untuk membuka skor timnya dalam kemenangan 6-2 dan menjadi pencetak gol termuda ketiga di USMNT yang tentunya menjadi sejarah pada usia 18 tahun dan tiga hari.

"Ketika Anda memiliki pemain seperti itu, ada banyak cara berbeda untuk membentuknya. Anda melihat bahwa dia sangat mudah beradaptasi, dan itulah yang membuatnya sangat berharga bagi tim," kata Berhalter kepada bundesliga.com.

Pada akhir tahun 2020 lalu, tidak mengherankan melihat Reyna dinobatkan sebagai Pemain Muda Pria Terbaik AS.

# 13 Mei 2021: Gelar pertama bersama BVB

Ini adalah kompetisi yang telah menampilkan nama Reyna dalam buku-buku sejarah, jauh sebelum dia mendapatkan trofi pertamanya bersama Dortmund.

Pada usia 17 tahun dan 82 hari, Reyna menjadi pencetak gol termuda di DFB Cup untuk Dortmund ketika dia mencetak gol hanya 11 menit setelah masuk di babak 16 besar melawan Werder Bremen. "Gio sudah sangat-sangat dewasa," kata mantan pelatih muda Dortmund, Otto Addo, saat itu.

“Dia sudah bugar secara mental dan dapat memanfaatkan potensi penuhnya bahkan ketika berada di bawah tekanan.”

Tekanan tidak datang jauh lebih besar dari final Piala DFB, tetapi setelah terlibat dalam dua gol dalam kemenangan di semifinal atas Holstein Kiel. Itu tepat bahwa Reyna akan berada di lapangan ketika BVB mengalahkan RB Leipzig untuk mengangkat gelar di Berlin.

# 6 Juni 2021: Trofi pertama bersama USMNT

CONCACAF 2021 memberi Reyna kesempatan untuk meraih trofi besar pertamanya bersama AS. Dengan pandemi virus corona yang telah memindahkan turnamen empat tim dari slot awalnya pada April 2020, Reyna memiliki waktu tambahan untuk memantapkan dirinya di skuad Berhalter, dan begitulah perawakannya di kompetisi, anak muda Dortmund itu berada di starting XI untuk menghadapi Meksiko di Denver.

Ketinggalan 1-0 setelah hanya 62 detik, Reyna mendapatkan gol internasional senior ketiganya dan yang pertama di turnamen ini ketika dia memanfaatkan bola lepas setelah sepak pojok Pulisic disundul ke tiang gawang oleh mantan pemain Schalke, Weston McKennie.

Sebuah gol dari McKennie kemudian memaksa perpanjangan waktu, dan untuk menutup pertemuan itu, Pulisic mencetak gol penalti pada menit ke-114 untuk menjadikan AS juara Liga CONCACAF untuk pertama kalinya.

Reyna bergabung dengan McKennie, Pulisic, dan bek tengah Wolfsburg, John Brooks sebagai perwakilan USMNT di XI Terbaik turnamen tersebut.

“Dia membawa sejumlah keterampilan dimana dia sangat nyaman menguasai bola,” kata gelandang USMNT dan RB Leipzig, Tyler Adams. “Anda bisa memberinya bola di area sempit di lapangan. Dia bermanuver dengan itu. Dia bisa mengalahkan pemain satu lawan satu. Dan akhir-akhir ini, dia benar-benar memamerkan kualitasnya dengan banyak assist dan menambahkan beberapa gol untuk permainannya juga.”

# 27 Agustus 2021: Penampilan ke-50 Bundesliga

Reyna tidak hanya mencetak rekor di Dortmund dalam kemenangan 3-2 atas Hoffenheim pada Matchday ketiga musim 2020/2021, dia juga menggantikan peran mantan gelandang Bayer Leverkusen, Kai Havertz dari tempatnya sebagai pemain termuda yang mencapai 50 penampilan Bundesliga.

Reyna mengangkat tanda setengah abad pada usia 18 tahun dan 287 hari dalam permainannya. Dia juga menempatkan segel hipotetis pada statusnya sebagai pemain kunci untuk Dortmund.

Pemain USMNT itu memulai semuanya di tiga pertandingan pertama Dortmund musim ini dibawah Marco Rose. Dia akan membawa satu abad dalam catatan waktu juga, dengan pelatih klub barunya juga mengembangkan aspek-aspek baru dari permainannya yang membuatnya semakin fleksibel.

“Bertahan selalu menjadi area yang perlu saya tingkatkan dan saya sekarang memiliki pelatih yang banyak mendorong saya di area ini, dan dia mengharapkan peningkatan dari saya,” kata Reyna kepada Kicker.

Menjadi lebih fleksibel berarti Reyna memberikan lebih banyak pilihan, meskipun dia sudah terlihat seperti pemain Rose dan Dortmund tidak bisa melakukannya tanpanya.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network